Hias Rumah dengan Monstera Itu Ada Aturannya. Biar Daunnya Tumbuh Sehat dan Paripurna

hias rumah pakai monstera

Kata mahal mungkin akan terlintas pertama kali di benakmu ketika mendengar nama tanaman hias monstera. Tanaman yang juga dikenal dengan nama lain Mexican Breadfruit dan Swiss Cheese Plant ini tengah populer dijadikan pilihan sebagai tanaman interior karena bentuknya yang cantik.

Berdaun lebar, memiliki belahan daun, dan terkadang memiliki tekstur warna-warni yang berbeda adalah beberapa alasan kenapa banyak orang menginginkan monstera ada di dalam rumahnya. Namun, memelihara monstera untuk kebutuhan desain interior memerlukan berbagai trik dan tips khusus, lho. Agar tidak menyesal, langsung saja simak enam ulasannya berikut ini!

Advertisement

1. Perlu suhu yang tepat

Tanaman monstera yang diletakkan di dekat jendela agar terkena matahari

Tanaman monstera yang diletakkan di dekat jendela agar terkena matahari via https://www.arsitag.com

Agar monstera menjadi bagian dari desain tanaman hijau di rumah yang awet dan maksimal, kamu memerlukan suhu yang tepat. Supaya dapat tumbuh dengan baik, monstera sebaiknya diletakkan pada ruangan dengan kisaran suhu antara 20 – 30 derajat Celsius. Tanaman juga sebaiknya terkena sinar matahari langsung dengan tingkat kelembapan lingkungan yang tinggi. Akan tetapi perlu diingat, bahwa sinar matahari yang terlalu terik juga tidak baik bagi tanaman ini, ya. Cahaya yang terlalu panas bisa menyebabkan perkembangannya malah terhambat.

2. Perhatikan cara penanamannya

Daun tanaman monstera

Daun tanaman monstera via https://monsteraplantresource.com

Di habitat aslinya di alam liar Meksiko, monstera hidup dengan menempel pada pohon yang lebih besar untuk menjaga stabilitasnya. Jika kamu ingin meniru lingkungan hidup aslinya, tanamlah monstera kamu di tanah dengan drainase baik menyerupai lahan gambut. Kemudian, tambahkan terali pendukung yang dilapisi lumut. Akarnya mungkin akan tumbuh liar. Namun, tidak perlu khawatir karena keberadaannya tidak akan sampai merusak pot apalagi dinding. Kamu bisa memotong atau mendorongnya kembali ke dalam pot.

3. Agar hasilnya baik, tanam monstera pada kondisi yang tepat

Tanaman monstera dengan daun yang mulai membelah

Tanaman monstera dengan daun yang mulai membelah via https://www.realestate.com.au

Agar tanaman monstera kamu bisa tumbuh dengan baik, coba bayangkan seperti apa habitat aslinya. Menanam monstera dengan kondisi lingkungan yang tepat memungkinkannya bisa berbunga bahkan berbuah, lho. Namun, untuk membuat Monstera kamu berbunga atau berbuah di dalam ruangan, sepertinya akan sedikit sulit.

4. Gunakan media tanam yang kondisinya pas

Monstera dalam pot

Monstera dalam pot via https://www.connieandluna.com

Monstera harus ditanam di tanah yang gembur dengan aerasi oksigen dan drainase yang baik. Kalau kondisinya tidak memungkinkan, kamu harus membeli pot yang memiliki lubang drainase pada bagian bawahnya. Kalau tidak, akar monstera bisa membusuk dan tanaman bisa mati.

Advertisement

Tanaman sebaiknya disiram sebanyak dua kali dalam seminggu. Jangan lupa, pastikan lapisan atas tanah tempatnya tumbuh tidak benar-benar kering.

Oleh karena di habitat aslinya monstera hidup dengan topangan, kamu perlu melatihnya untuk berdiri sendiri. Namun untuk benar-benar membuatnya tegak, kamu tetap memerlukan terali tambahan atau memasang kayu dan tiang untuk menopang tubuhnya.

5. Perhatikan cara perawatannya

Tanaman monstera di kamar mandi karya desainer HelloEmbryo

Tanaman monstera di kamar mandi karya desainer HelloEmbryo via https://www.arsitag.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, monstera adalah jenis tanaman hias yang memiliki daun lebar. Agar ukurannya tidak tumbuh menjadi terlalu besar di dalam ruangan, lakukan pemangkasan secara teratur. Jika kamu melihat ada daun yang sudah cokelat atau mulai menguning, jangan ragu untuk segera membuangnya.

6. Kalau ada yang tidak sesuai harapan, jangan panik

Tanaman monstera

Tanaman monstera via https://www.bhg.com

Dengan perawatan yang tepat, tanaman monstera kamu bakal menumbuhkan daun baru. Namun, beberapa helai yang baru tumbuh ini tidak langsung akan memiliki celah atau lubang. Tidak perlu cemas, karena lubang serta pola akan terbentuk seiring berjalannya waktu. Yang terpenting, tetap lakukan perawatan sesuai yang disarankan.

Meskipun terlihat cukup banyak memerlukan perlakuan khusus, yakinlah kamu mampu merawat tanaman hias indoor ini. Selalu update informasi terbaru tentang cara perawatannya. Bila perlu, kamu dapat bertanya dalam forum orang-orang yang telah memiliki monstera di rumahnya. Manfaatkan pula beberapa tips dan trik di atas sebelum kamu memutuskan untuk menanam monstera di dalam rumah. Segera wujudkan dekorasi monstera cantik yang akan melengkapi rumah idamanmu. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE