Hijaukan Kamarmu dengan Dekorasi Tanaman

7 cara meletakkan tanaman hijau untuk dekorasi kamar

Tujuan mendekorasi kamar tidur adalah untuk meningkatkan estetika kamar sehingga menjadi terlihat lebih indah. Ada banyak cara untuk melakukannya, mulai dari cara yang mudah hingga cara yang sulit dan memerlukan banyak biaya.

Kamu bisa mendekorasi kamar tidur sendiri atau menggunakan jasa desainer. Jika menggunakan jasa desainer, kamu bisa memperoleh hasil yang lebih sempurna karena dikerjakan oleh ahlinya, namun biaya yang harus dikerluarkan juga tidak sedikit. Sebaliknya, ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendekorasi kamar tidur. Misalnya dengan permainan warna di dalam kamar tidur, atau penggunaan perabot yang tidak hanya cantik, tetapi juga selaras dengan desain kamar tidur.

Di samping itu, ada satu cara kreatif dijamin mudah yang ternyata dapat membuat kamar kamu menjadi terlihat lebih segar, lho. Adalah dengan menggunakan tanaman hidup sebagai dekorasi ruangan. Selain terlihat segar, nuansa alami akan semakin terasa. Berikut beberapa ide kreatif penggunaan dekorasi tanaman di dalam kamar tidur yang dapat menginspirasi kamu.

Advertisement

1. Tanaman di sisi sofa kamar tidur

Kamar tidur R+E house di Jakarta karya DP+HS Architects

Kamar tidur R+E house di Jakarta karya DP+HS Architects via https://www.arsitag.com

Untuk kamar tidur dengan ukuran yang cukup besar, biasanya kamu dapat menaruh sofa di dalam kamar tidur. Namun, jangan biarkan sudut kanan dan kiri dari sofa kamu kosong. Kamu bisa mendekorasinya dengan menempatkan tanaman hidup dengan ukuran medium.

2. Tanaman di sisi kabinet

Kamar tidur Tebet Barat Dalam Residence di Jakarta karya Archipelago Interior Design & Construction

Kamar tidur Tebet Barat Dalam Residence di Jakarta karya Archipelago Interior Design & Construction via https://www.arsitag.com

Selain sofa, terkadang kamar tidur juga dilengkapi dengan kabinet pendek yang dapat berfungsi sebagai dudukan televisi atau ekstra storage untuk kamar kamu. Jadi, daripada terlihat kosong di masing-masing sudutnya, lebih baik ditambahkan dekorasi tanaman.

Advertisement

3. Tanaman penghias nakas

Kamar tidur Windsor Private Residence di Jakarta karya VIVERE

Kamar tidur Windsor Private Residence di Jakarta karya VIVERE via https://www.arsitag.com

Sebelum tidur, kamu biasanya akan meletakan ponsel dan perhiasan di atas nakas tempat tidur. Bahkan lampu tidur juga berada di atas nakas agar lebih mudah dijangkau dari kasur. Namun, dekorasi apa yang cocok untuk mengisi nakas? Tentu saja tanaman hidup seperti kaktus bonsai dan tanaman marble berdaun lebar.

4. Tanaman dengan media air

Kamar tidur A House di Jakarta karya Localic Studio

Kamar tidur A House di Jakarta karya Localic Studio via https://www.arsitag.com

Tanaman hidup sebagai dekorasi kamar tidur memang dapat memberikan kesegaran yang alami. Akan tetapi, media tanam seperti tanah akan membuat kamar tidur terlihat kotor. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan tanaman dengan media air sebagai dekorasi kamar tidur. Gunakan vas transparan yang memperlihatkan interaksi air dengan tanaman secara alami.

5. Tanaman dengan pot DIY

Kamar tidur C10 - Dago Village di Bandung karya ADS Architect

Kamar tidur C10 – Dago Village di Bandung karya ADS Architect via https://www.arsitag.com

Agar tanaman hias yang kamu jadikan sebagai dekorasi kamar tidur terlihat semakin menarik dan unik, kamu bisa menggunakan pot buatan sendiri atau DIY (Do It Yourself). Cara pembuatannya sangat mudah, kamu hanya perlu menemukan kaleng bekas lalu membersihkannya. Beri hiasan sesuka hati. Atau jika perlu, kamu bisa mencari tutorial referensi lainnya di internet.

Advertisement

6. Tanaman berdaun besar di sudut kamar tidur

Kamar tidur Yudhistira Hotel di Jateng karya Design Archade

Kamar tidur Yudhistira Hotel di Jateng karya Design Archade via https://www.arsitag.com

Jika ingin menghadirkan kesan alami dan hijau yang lebih menonjol di dalam kamar tidur, gunakan dekorasi tanaman yang berdaun besar. Salah satu tanaman berdaun besar yang belakangan ini populer dan cocok untuk kamar tidur kamu adalah tanaman Monstera seperti di kamar yang satu ini.

7. Rangkaian bunga di atas kabinet

Kamar tidur AN's Apartment di Jakarta karya Tridivan Architama

Kamar tidur AN’s Apartment di Jakarta karya Tridivan Architama via https://www.arsitag.com

Ide dekorasi tanaman dalam kamar tidur yang terakhir adalah rangkaian bunga yang bisa kamu letakan di atas kabinet. Kamu bisa memotong beberapa bunga asli dari tangkainya. Gunakan pot dengan media air agar tidak mudah layu.

Meskipun terlihat lebih segar, tetapi tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Selama kamu menggunakan dekorasi tanaman di dalam kamar tidur, jangan lupa untuk membawa tanaman ke luar rumah di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari. Cukup lakukan beberapa menit saja, kemudian kamu bisa membawanya kembali ke dalam kamar tidur. Jadi lebih awet, bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

β€œ

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE