Hilangkan Masalah Mobil Tuamu, Ini Dia 5 Cara Mudah Merawat Mobil Tua, Nggak Perlu Undang Montir

Tips dan trik seputar merawat mobil tua

Kendaraan juga memiliki usia. Sama seperti mobil-mobil klasik yang sebenarnya sudah berumur. Mobil-mobil ini memiliki keunikan masing-masing. Memiliki mobil klasik mungkin sesuatu yang membanggakan terlebih lagi jika mobil itu tidak mudah mogok. Mobil klasik pasti memiliki perawatan yang khusus.

Dengan perawatan sederhana berikut ini kamu sudah bisa memanjakan mobil tuamu.

Advertisement

1. Hindari memarkirkan mobil dibawah sinar terik matahari>

Parkir Mobil

Parkir Mobil via https://www.pinterest.ch

Memarkirkan mobil di area terbuka dan langsung terkena sorot sinar matahari terutama pada mobil yang sudah berumur dapat membuat warna mobilmu menjadi pudar dan lebih mudah karatan.

Ada beberapa kerugian bila mobil sering dijemur, mulai dari sisi eksterior dan juga interiornya. 

Advertisement

Cara mengatasinya adalah gunakan cover mobil atau carilah tempat teduh yang menutupi semua bagian mobil. Usahakan selalu menjauhkan mobilmu dari sinar matahari langsung saat parkir.

2. Periksa AC mobilmu dengan rutin agar tidak kepanasan dan bahaya jika hujan kaca bisa berkabut>

Advertisement
Periksa ac mobil

Periksa ac mobil via https://www.pinterest.ch

Umumnya banyak mobil tua yang bermasalah dengan AC nya. Mobil tua terkadang AC nya tidak lagi berfungsi dengan maksimal.

Sebisa mungkin cegahlah hal ini dengan melakukan perawatan pada AC. Peremajaan AC seperti mengganti filter, mengganti kompresor dan mengecek freon juga akan membuat pendingin lebih maksimal. 

Alangkah baiknya jika kamu mengganti dengan kompresor yang baru karena biasanya kompresor lama sudah tidak maksimal dan ada yang berisik karena sudah berumur.

Bayangkan, saat cuaca panas dan kamu menyalakan AC yang tidak berkerja. Yang ada kamu malah makin kepanasan. Bahayanya lagi jika hujan turun maka kaca akan berembun dan menutup pandangan.

3. Gantilah oli dengan rutin agar tidak timbul masalah yang tidak diinginkan>

Gantilah oli mobil

Gantilah oli mobil via https://www.pinterest.ch

Mobil tua memelukan perhatian khusus dari pada mobil yang masih baru. contohnya penggantian oli yang lebih sering dari pada mobil baru.

Mobil tua memiliki mesin yang juga sudah berumur sehingga kinerja mesin sudah tidak seperti mobil baru. Penggantian oli mesin yang lebih sering akan memperbaiki kinerja mesin, melumasi bagian piston dan bagian mesin lainnya sehingga mengurangi gesekan yang tidak perlu. 

Jika mengganti oli mobil usahakan juga untuk mengganti filter olinya agar oli yang masuk ke ruang bakar lebih bersih.

4. Selalu periksa lampu, jangan sampai redup karena bisa membahayakan>

ganti lampu mobil

ganti lampu mobil via https://www.pinterest.ch

Lampu mobil juga termasuk komponen yang harus sering diperhatikan. Dan masalah yang seringkali muncul pada lampu mobil yaitu pancaran sinar yang redup.

Bisa kita bayangkan jika lampu mobil redup pasti akan sangat membahayakan jika untuk berkendara di malam hari sebab pengemudi akan sulit mengetahui kondisi yang ada disekitarnya. 

Jika dipaksakan untuk tetap berkendara dengan lampu mobil redup tentu akan membayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Maka gantilah lampu mobilmu jika dirasa sudah mulai redup terutama pada lampu belakang.

5. Lakukan teknikal service atau tune up mesin dengan rutin>

Tuneup mobil

Tuneup mobil via https://www.pinterest.ch

Mobil tua memiliki perhatian khusus pada mesinnya agar tidak mogok dijalan kita harus jeli untuk mengganti bagian-bagian yang sudah tua seperti busi.

Gantilah busi jika sudah tidak berfungsi lagi, lalu pemeriksaan aki mobil agar tidak kering. Begitu juga dengan karburator untuk mobil karbu dan trothel body untuk mobil injeksi.

Jika membutuhkan perawatan yang lebih detail maka bawalah ke bengkel kepercayan untuk melakukan perawatan.

Servis mobil dengan rutin juga tidak akan merugikan kamu kan, jika mobil sehat maka kita tidak perlu berpikir mogok atau timbul masalah lain dijalan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE