Menjalin hubungan pertemanan dengan seseorang merupakan fitrah bagi setiap manusia yang hidup di dunia ini. Karena dengan memiliki teman, maka kita tidak akan merasa sendiri di suatu lingkungan. Kadang ada yang bisa membagikan banyak sekali ilmunya sehingga terasa begitu bermanfaat kadang juga hanya menjadi 'racun' yang bisa merugikan diri sendiri. Nah kali ini akan membahas 6 sifat yang bisa menjadikan dicap sebagai racun dalam hubungan pertemanan dan wajib dihindari supaya kamu hubungan pertemananmu sehat dan produktif!

1. Kerjaannya menyalahkan orang lain dan selalu merasa benar

selalu menyalahkan

selalu menyalahkan via https://isolapos.com

Sifat yang pertama wajib dihindari adalah menyalahkan orang lain dan selalu merasa benar, ingatlah bahwa manusia itu kadang khilaf alias tempatnya berbuat salah. Akan jauh lebih baik jika saling mengingatkan dan belajar bersama akan kesalahan akan membuat diri semakin positif dan sehat bukan?

2. Suka mengeluh dan selalu menyalahkan keadaan

selalu mengeluh dan menyalahkan keadaan

selalu mengeluh dan menyalahkan keadaan via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Selalu mengeluh dan menyalahkan keadaan adalah sifat dimana bisa menghambat diri untuk sukses dan juga bisa menjadi racun dalam berteman. Karena hakikat memilki teman yang baik adalah saling bisa melengkapi untuk memecahkan masalah dan saling mengerti satu sama lain bukan berteman untuk mengungkapkan semua keluh kesah yang ada.

3. Selalu mendominasi dan ingin dianggap penting

mendominasi

mendominasi via https://layerpoint.com

Advertisement

Sifat mendominasi adalah sifat yang harus dihindari selanjutnya, kenapa? Karena dengan terlalu mendominasi maka akan menjadikan seolah-olah hanya diri kita sendiri yang punya hak berbicara atau berpendapat padahal ada teman kita yang punya hak sama.

4. Suka membicarakan keburukan orang lain dibelakang atau terus-terusan bergosip

Ingat lagi tujuan diri kita memilki teman adalah untuk menjadi diri kita semakin positif bukan malah bergosip serta membicarakan keburukan orang lain. Ada pepatah bilang 'rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri' itu karena terlalu sibuk membicarakan orang lain dengan yang dimilikinya tanpa ada upgrade diri untuk semakin lebih baik lagi.

5. Suka mempermalukan orang lain dengan bercanda yang berlebihan

Bercanda memang boleh dan wajar namun hal itu akan menjadi tidak wajar apabila bercanda yang dilakukan sampai berlebihan atau bahkan bisa mempermalukan orang lain. Persepsi yang dibentuk oleh setiap orang berbeda-beda akan suatu yang dicandakan, jadi hindari bercanda yang berlebihan dan bisa saja dirasa mempermalukan orang lain.

6. Suka sekali berdebat dan tidak terima dengan pendapat orang lain

Advertisement

Kadang dengan berdebat ingin memperlihatkan kemampuan intelektual dan ingin menunjukkan kalau merasa diri ini lebih, namun sifat suka berdebat ini baiknya ditinggalkan ya, karena semakin sering berdebat dan hal yang diperdebatkan tidak terlalu penting hanya akan membuang banyak waktu yang seharusnya bisa diisi dengan hal-hal yang lebih positif lagi.

Hiyaa.. begitulah memiliki seorang teman, kadang ada teman layaknya madu yang bisa menjadikan kita lebih positif dan bisa membuat lebih sehat kadang hanya menjadi racun yang setiap harinya bisa menjadikan kita merasa kurang positif dan kurang sehat, jadi carilah teman yang bisa menjadikan diri lebih positif dan sukses dan jadilah teman yang bisa membuat teman kita positif dan termotivasi untuk lebih sukses lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya