#HipweeDaebak-Belajar Cara Memahami Cinta dari Drama Korea

Jadikan drama korea panduan cara kita memahami cinta dalam hidup ini.

Cinta adalah perasaan yang sangat disukai oleh setiap orang. Perasaan ini erat kaitannya dengan kebahagiaan. Semua orang yang sedang merasakan cinta, pasti merasakan kebahagiaan juga. Berikut kisah cinta dari drama Korea yang bisa membuat kita memahami arti cinta itu sendiri.

Advertisement

1. Fisik Memang Terlihat Pertama, tapi Hati Bisa Mengambil Posisi Utama

weightlifting-fairy-kim-bok-joo

weightlifting-fairy-kim-bok-joo via http://https

Sebagai manusia normal pada umumnya. Kita akan menilai seseorang dari fisiknya. Kenapa seperti itu? bukankah ada pepatah yang mengatakan don’t judge a book by its cover. Memang benar, kita tidak bisa menilai sesuatu hanya dari fisiknya semata. Tapi, bisakah kita memakan suatu makanan yang terlihat menjijikan. Tentu kita tidak bisa.

Begitu pun tentang mencintai seseorang. Bisakah kita mencintai seseorang yang ketika kita melihatnya. Kita tidak terpesona olehnya. Meskipun fisik seseorang adalah hal pertama yang menjadi penilaian kita untuk mencintai seseorang, tapi ada hal lain yang menjadi nilai tambah bahkan mampu mengalahkan penilaian kita terhadap fisik seseorang. Hal tersebut adalah hatinya. Cara dia membalas cinta kita, cara dia bersikap terhadap kita. Cerminan hati itulah yang bisa merubah penilaian kita terhadap seseorang.

Advertisement

Seperti dalam drama korea Weightlifting fairy Kim bok joo, drama ini menceritakan kisah cinta atlet angkat besi berprestasi yaitu Kim bok joo (Lee Sung Kyung) dengan atlet renang super ganteng Jung Jae Yi (Nam Jo Hyuk). Dalam drama korea ini seorang atlet renang super duper ganteng yang dikagumi oleh semua mahasiswi di kampusnya mencintai seorang atlet angkat besi yang menurut mahasiswi lain di kampus tersebut tidak cocok untuk Jung Jae Yi (Atlet renang ganteng).

Jung jae yi menyukai Kim bok jo bukan dari fisiknya saja. perempuan dengan fisik yang lebih mempesona dari Kim bok jo pasti ada, tapi cerminan hati Kim bok jo yang membuat nilai tambah bagi Jun jae yi. Bagaimana Kim bok jo bersungguh-sungguh mengejar impiannya, bagaimana Kim bok joo memperhatikan Jung jae yin dan masih banyak lagi sikap Kim bok joo yang menambah pesonanya.   

Fisik memang menarik mata, tapi fisik menjadi tidak menarik, ketika cerminan hati tidak semenarik fisiknya. Jadikan fisik nilai tambah bukan nilai utama.

Advertisement

2. Saling Mengerti dan Memahami Adalah Kunci Sebuah Hubungan

hqdefault

hqdefault via http://https

Mengerti dan memahami adalah kata kunci untuk menciptakan hubungan yang langgeng. Mengerti cara memperlakukan pasangan kita ketika dia marah, memahami ketika pasangan kita membutuhkan waktu sendiri dan memahami juga kapan pasangan kita membutuhkan waktu bersama kita.

Seperti dalam drama go back couple, drama ini menceritakan tentang pasangan suami istri yaitu Ma jin joo (Jang na ra) dan Choi ban do (Son ho-jun) yang memutuskan untuk bercerai setelah menikah selama 14 tahun. Alasan mereka berdua bercerai karena adanya miss komunikasi antara mereka berdua. Di sini peran penting memahami dan mengerti antara pasangan sangat dibutuhkan.

Drama Korea ini memperlihatkan bagaimana Ma jin joo (Jang na ra) dan Choi ban do (Son ho-jun) menumbuhkan kembali rasa saling memahami dan mengerti antara satu sama lain. Setelah rasa itu ada kembali dalam hubungan mereka. Mereka pun kembali bersatu dan melanjutkan malihai perkawinannya.

3. Mencintai Seseorang Itu Bisa dengan Memilikinya maupun Melepaskannya

sinopsis-reply-1988

sinopsis-reply-1988 via http://https

Cinta memang unik. Banyak cara menyikapinya. Ada yang bahagia mencintai sekaligus memiliki pujaan hatinya. Ada yang bahagia ketika mencintai tanpa memilki pujaan hatinya (dan itu pasti sakit).

Seperti dalam drama reply 1988. Drama ini menceritakan kisah hidup lima orang sahabat yaitu Dong ryong (Lee dong-hwi), Sun woo (Go kyung-pyo), Duk seon (Lee Hye-ri), Juh wan (Ryun jun-yeol), dan Choi taek (Park bo-gum). Juh wan sangat menyukai Duk seon. Dia sampai rela menunggu Duk Seon setiap hari agar bisa pergi ke sekolah bersama dengan Duk seon yang sering pergi terlambat ke sekolah. Sebenarnya Duk seon sudah menyadari bahwa Juh wan menyukai dirinya, tapi Duk Seon menunggu Juh wan mengutaraknnya.

Bukannya menutarakan perasaanya kepada Duk seon, Juh wan malah menjauh dari Duk seon. Alasan Juh wan menjauh dari Duk seon karena Juh wan mengetahui Choi taek menyukai Duk Seon. Juh wan menilai Choi taek mampu membahagiakan Duk seon dibandingkan dengannya dan Juh wan memiliki hutang budi kepada Choi taek.

4. Tidak Peduli Siapa yang Pertama Mengungkapkan Laki-Laki atau Perempuan

30636-hospital-playlistinstagram-attvndramaofficial

30636-hospital-playlistinstagram-attvndramaofficial via http://https

Ada rasa berat hati dan rasa takut ketika ingin mengungkapkan perasaan kepada orang yang kita cintai. Apalagi kaum perempuan, perasaan ini sangatlah pedih, seperti luka yang belum kering. Hakikat seorang perempuan adalah dikejar bukan mengejar. Banyak terlintas dalam fikiran kaum perempuan. Jika kita mengungkapkan perasaan duluan kepada laki-laki, apa kita akan dicap wanita gampangan? Satu hal yang harus disadari baik perempuan maupun laki-laki.

Memendam perassan cinta kepada orang yang kita sukai sangantlah menyiksa diri kita. Toh, ketika kita mengungkapkan perasaan kita kepada orang yang kita cintai. Kita bisa tahu apakah cinta kita berbalas atau tidak, daripada hanya berspekulasi saja tentang perasaan orang yang kita cintai. Yang hina itu bukan mengungkapkan persaan duluan, tapi terus terkurung dalam spekulasi kita sendiri terhadap orang yang kita cintai.

Seperti dalam drama hospital playlist, drama ini menceritkan persahabatan lima orang dokter. Dokter bedah umum Lee ik-jun (Jo jung suk), dokter bedah saraf Chae song hwa (Jeon mi do), dokter bedah pediatric Ahn Jung Won (Yoo yoen sook), dokter kardiotoraks Kim joon Wan (Jung kyung ho), dokter bedah kebidanan dan ginekologi Yang seok hyung (Kim dae myung). Ada salah satu cerita cinta Chu min ah (Ahn eunji) dan Yang soek hyung (Kim dae myung).

Chu min ah yang merupakan dokter residen yang sering membantu Yang soek hyung tidak sungkan untuk mengutarakan perasaanya kepada Yang soek hyung. Karena seseorang akan mengetahui apa yang kita rasakan dengan mengutarakannya langsung bukan hanya dengan memperlihatkan dengan tingkah laku kita saja.

5. Berjuanglah untuk Cinta karena Cinta Perlu Perjuangan

87303f50d79c85002ac663bf88d82d60-027801600_1461301041-dots

87303f50d79c85002ac663bf88d82d60-027801600_1461301041-dots via http://https

Cinta dan perjuangan adalah kata yang saling melengkapai satu sama lain. Dimana ada cinta disitu juga ada perjuangan. Perjuangan untuk meyakinkan orang yang kita cintai akan kesungguhan cinta kita. Cinta tanpa perjuangan bagaikan odading tanpa Mang oleh.

Seperti dalam drama korea yang paling digandrungi sepanjang masa yaitu drama korea Descendants Of The Sun atau yang sering dikenal dengan DOTS. Drama ini menceritakan tentang kisah cinta seorang tentara Yoo si jin (Song jong ki) dan seorang dokter cantik Kang Mo yeon (Song hye kyo). Drama ini sangat memperlihatkan perjuangan seorang Yoo si jin mendapatkan cinta Kang mo yoen. 

Dari ketidakyakinan seorang Kang mo yeon terhadap Yoo si jin yang seorang tentara. Dan bagaimana seorang Yoo si jin meyakinakan seberapa besar cintanya kepada Kang mo yeon. Perjuangan Yoo si jin membuahkan hasil, Kang mo yeon menerima semua resiko yang akan dihadapinya nanti dan membuka hatinya.

Drama korea selalu memiliki image hanya menjual cerita cinta semu, cerita cinta yang hanya terjadi dikhayalan maupun cerita dongeng saja. Sebenarnya cerita-cerita cinta dalam drama Korea sangatlah dekat dengan kehidupan kita.

Seperti Kita mencintai seseorang, tapi malu untuk mengungkapkannya, Kita mencinta seseorang yang menurut orang lain fisiknya tidak layak untuk bersama kita dan masih banyak lagi kisah cinta yang kita alamai sama dengan cerita-cerita di drama korea. Jadikan drama Korea panduan cara kita memahami cinta dalam hidup ini. Agar kita tidak salah memahami cinta yang sedang kita hadapi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE