#HipweeDaebak-Perbedaan Paling Nyata Sinetron Indonesia dengan Drama Korea

Untuk kamu yang belum pernah nonton drama korea, kamu harus tau perbedaan antara drama korea dan sinetron Indonesia

Di masa pandemi sekarang, nonton drama Korea merupakan salah kegiatan favorit orang-orang saat udah nggak tahu lagi harus ngelakuin aktivitas apa. Nonton drama Korea memang bisa bikin lupa waktu karena nggak jarang kita seperti masuk kedalam ceritanya dan dibikin penasaran terus. Thats way nggak sedikit orang yang rela bergadang semalaman hanya gara-gara nonton drakor loh. Nah, buat kamu pecinta drakor pasti udah menyadari perbedaan drakor dan sinetron Indonesia kan. Ini dia beberapa perbedaannya.

Advertisement

1. Masing-masing pemeran di drakor memiliki karakter yang jelas, setiap pemeran memiliki karakter yang berbeda dan digambarkan secara detail

Drama Korea menggambarkan karakter yang sangat jelas untuk setiap pemainnya. Karakter digambarkan dengan begitu detail mulai dari style, minat, keahlian, kelebihan, kekurangan dan kebiasaan setiap peran selalu dibuat dengan sangat jelas sehingga kita yang menonton benar-benar mengerti peran dari setiap pemain. Jika dibandingkan dengan sinetron Indonesia tentu lumayan berbeda ya, sinetron Indonesia kebanyakan hanya menggambarkan karakter antagonis dan protagonis secara umum tanpa memberikan detail lainnya seperti di drakor.

Contoh nyatanya bisa kalian lihat pada drakor terbaik sepanjang masa Reply 1988, dimana setiap pemain digambarkan karakternya secara detail. Misalnya Taek yang jago bermain Go, susah tidur, pendiam dan dingin, Dong ryong yang jago dance, humoris, malas belajar namun sangat mengikuti trend, Sung Bo ra yang sangat pintar namun pemarah, ya begitulah setiap pemain memiliki ciri khas nya masing-masing.

Advertisement

2. Drakor memiliki alur cerita yang susah ditebak, bahkan terkadang tidak terduga yang membuat kita semakin penasaran

Pernah nggak sih saat kalian menonton sinetron indonesia, kalian suka nebak-nebak gitu. Misalkan suka ngoceh random “nih pasti anak kandungnya si ibu”, “Nanti pasti dia nikah sama si ini” seolah olah endingnya sudah terlihat jelas tanpa harus menonton sampai habis. Nah, berbeda dengan drakor yang samasekali nggak bisa ditebak gais ending-nya, jangankan untuk menebak bahkan nggak jarang kita dibuat berpikir keras saat nonton drakor.

Alur cerita yang gak bisa ditebak ini yang membuat pecinta drakor susah berhenti kalau udah coba 1 episode. Pengennya langsung nyelesaian satu judul dalam semalam. Bukan apa-apa gais, masalahnya itu drakor terngiang-ngiang terus di kepala, kaya nggak puas aja kalau nggak tahu ending-nya, nggak bisa nunggu nanti-nanti hahaha

3. Drakor jarang menampilkan peran yang benar-benar antagonis. Peran antagonis biasanya digambarkan masih dalam batas wajar dan bisa diterima logika

Advertisement
Sky castle

Sky castle via https://medium.com

Drakor kebanyakan menceritakan kisah romansa atau kisah kehidupan keluarga, sama halnya dengan sinetron Indonesia. Perbedaannya adalah dalam drakor peran antagonis digambarkan dengan kejahatan atau perilaku yang masih wajar dan bisa diterima logika. Biasanya peran antagonis diceritakan memiliki alasan yang kuat untuk melakukan perilaku jahat.

Berbeda dengan sinetron indonesia yang kebanyakan menampilkan peran antagonis yang benar-benar sangat jahat dimana tindakan-tindakan yang ditampilkan terkadang tidak bisa diterima logika. Dan tindakan-tindakan kejahatan itu tidak didasari dengan alasan yang masuk akal juga. Misalkan saja dalam drakor Sky Castle yang menceritakan kehidupan keluarga elit yang tinggal dalam sebuah pemukiman mewah.

Karakter setiap ibu digambarkan sangat tegas dan kejam ke anaknya dalam hal belajar, namun tindakan itu didasari dengan alasan berbeda. Ada ibu yang ditekan oleh suaminya dalam mendidik anak, ada ibu yang berusaha membuktikan kemampuannya kepada mertua. Intinya setiap peran antagonis digambarkan memiliki alasan kuat dan masuk akal dalam melakukan tindakannya

4. Drakor memuat banyak pesan moral yang tak jarang membuat kita tersadar akan cara terbaik dalam menjalani kehidupan

Reply 1988

Reply 1988 via https://asianwiki.com

Saat kamu menonton drakor, kamu akan menyerap banyak sekali pesan moral dari awal sampai akhir. Di setiap cerita banyak diselipkan pesan-pesan untuk kehidupan yang sebelumnya tidak kita sadari. Misalkan saja pada drakor Reply 1988, yang merupakan drakor terbaik sepanjang masa. Banyak sekali pesan moral yang akan kamu dapat saat menonton drakor ini.

Pesan mengenai cara bertetangga yang baik, cara bersahabat yang sehat, saling tolong menolong, saling memahami, tentang bagaimana kesuksesan bukan tentang pintar atau tidak tetapi seberapa besar usahamu untuk meraihnya, dan masih banyak lagi pesan moral yang diselipkan di drakor ini. 

5. Drakor menampilkan kesan komedi dan kesan sedih dalam satu packaging yang rapi

prison playbook

prison playbook via https://www.tribunnewswiki.com

Saat menonton drakor kamu dibuat seperti naik roller coaster. Bagamaiana tidak, drakor mampu membuat kamu tertawa terbahak-bahak kemudia menangis tersedu-sedu dalam waktu singkat. Drakor mampu memberikan kesan komedi yang sangat lucu namun juga tidak lupa memberikan kesan melow dalam setiap ceritanya.

Mungkin hal ini juga yang membuat kamu nggak akan bisa move in dari drakor. Bahkan saat sudah selesai menontonpun, cerita lucu dan sedihnya masih terngiang-ngiang. 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE