Identik Dianggap Hanya Modal Visual, Banyak Sisi yang Bisa Dijadikan Panutan dari Idol K-pop

Belajar dari k-idol

Hai sobat hipwee, kali ini saya akan membahas mengenai dunia per-kpop-an nih, pastinya sudah tidak asing lagikan dengan kpop? Secara genre musik kpop sekarang ini sedang ramai digemari masyarakat indonesia terutama bagi para remaja karena k-idol memiliki paras yang enak untuk dipandang hehe. Nah, karena paras yang cantik dan ganteng inilah banyak yang beranggapan bahwa idol korea hanya bermodalkan wajah saja. Eits tapi jangan salah banyak sisi bisa lain yang bisa kita jadikan panutan loh. Apa saja ya?Yuk simak!

Advertisement

1. K-idol memiliki sifat yang pekerja keras, hayo siapa nih yang suka malas!

kesulitan menjadi idol kpop dari luar korea

kesulitan menjadi idol kpop dari luar korea via https://www.popbela.com

Bagi yang belum tahu ketika ingin menjadi seorang idol, kita harus mengikuti audisi yang dilakukan oleh beberapa agensi yang berada di Korea. Nah, peserta audisi yang lolos tersebut disebut trainee yang nantinya akan melewati masa latihan yang cukup lama. Di dalam masa latihan, trainee-trainee tersebut harus berlatih maksimal agar sesuai dengan standar dari agensi dan mencapai tujuanya yaitu debut menjadi seorang idol. Mereka harus bersaing dengan trainee-trainee lainnya agar bisa debut sesuai dengan standar yang diinginkan dari agensi tersebut. Semakin lama mereka belum menunjukan perubahan sesuai standar maka semakin lama masa pelatihan yang akan mereka jalani. Jadi, selain harus kerja keras mereka juga dituntut untuk sabar.

Sobat hipwee ternyata untuk masuk kedalam industri kpop tidaklah mudah ya, kebayangkan bagaimana mereka bekerja keras untuk menjadi seorang idol. Nah dari sini kita bisa mengambil sisi positifnya nih sobat hipwee bahwa kita harus berusaha keras dan pantang menyerah terhadap apa yang kita cita-citakan.

Advertisement

2. K-idol itu kreatif dan produktif, menulis lagu – lagu sendiri yang banyak memotivasi para pendengar

Kutipan lirik lagu BTS

Kutipan lirik lagu BTS via https://web.facebook.com

Sudah bukan rahasia lagi banyak idol kpop yang menulis lagunya sendiri. Dalam setiap comeback album terbarunya grup kpop memiliki sederet lagu yang biasanya diciptakan oleh seorang anggota saja maupun secara bersama-sama anggota grup. Hal itu merupakan bentuk kontribusi mereka terhadap grup dan juga agensi. Lagu-lagu yang mereka ciptakan pun mempunyai makna yang mendalam dan seringkali menginspirasi bagi penikmatnya. Mereka biasanya menulis lagu terinspirasi dari apa yang dialami dan apa yang terjadi pada keadaan lingkungan sekitar. Keren ga tuh situasi yang terjadi bisa menjadi sebuah karya.

Bicara tentang album pasti berkaitan dengan comeback. Biasanya mereka melakukan comeback tidak hanya satu kali dalam setahun bahkan bisa lebih dari 2 kali setiap tahun. Wah nggak kebayangkan berapa banyak lagu yang sudah diciptakan dan bagaimana produktifnya mereka dalam berkarya.

3. K-idol memiliki profesionalitas tinggi, mereka tetap tunjukan yang terbaik meski dalam keadaan yang kurang mengenakan.

Advertisement
Beberapa idol yang cedera saat tampil

Beberapa idol yang cedera saat tampil via https://inikpop.com

Menjadi seorang korean idol memanglah tidak mudah. Mereka dituntut untuk selalu sempurna dalam setiap penampilan dan saat menjalankan kinerjanya di atas panggung. Dalam beberapa kesempatan pasti terjadi hal yang tak terduga yang menimpa mereka saat tampil diatas panggung. Beberapa idol terkadang mengalami cidera di atas panggung tetapi mereka tetap melanjutkan penampilanya.

Selain itu, karena berbentuk grup pastinya antar anggota terkadang mengalami perbedaan pendapat dan mengalami perkelahian kecil tetapi mereka tetap melakukan penampilannya seolah tidak terjadi hal kurang mengenakan diantara mereka. Profesional banget ya mereka? Nah, dari hal tersebut kita bisa belajar dari k-idol nih sobat hipwee bahwa dalam melakukan pekerjaan kita haruslah totalitas karena itu merupakan tanggung  jawab yang harus kita jalankan, jangan sampai hal pribadi menurunkan rasa tanggung jawab kita terhadap tugas ya.

4. K-idol sukses diusia muda, buktikan bahwa sukses bisa diproleh pada usia kapanpun tidak harus menunggu berumur.

Banyak idol debut diusia muda

Banyak idol debut diusia muda via https://www.idntimes.com

Menjalani latihan di agensi memanglah tidak mudah, selain memakan waktu bertahun-tahun seleksinya pun sangat ketat. Tetapi banyak idol kpop yang berhasil debut dengan usia masih muda. Contohnya Jungkook BTS yang debut saat  usia 17 th, Jisung Nct dream debut pada usia 15 tahun dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Jadi, sukses tidak memandang usia ya asalkan kita mau berusaha sukses dapat terjadi kapan saja. Untuk sukses tidak harus menunggu usia tua ya sobat, jika kita mempunyai keinginan sekarang dan bisa usaha dari sekarang kenapa tidak? 

5. Selalu menampilkan attitude yang baik, memiliki rasa hormat dan ramah terhadap satu sama lain merupakan hal wajib bagi setiap idol.

Twice ketika menghadiri comeback stage

Twice ketika menghadiri comeback stage via https://www.wowkeren.com

Nah kalo ini sudah tidak diragukan lagi nih, seperti yang kita ketahui bahwa seorang korean idol haruslah tampil sempurna, tidak hanya dalam performa panggung tetapi juga dalam hal berperilaku. Ketatnya industri korea dan aturan dari agensi mengharuskan seorang idol memiliki sikap yang baik, karena idol merupakan seseorang yang akan ditiru tingkah lakunya. Mereka berusaha untuk menampilkan pribadi positif dari diri mereka. Jika mereka tidak mempunyai attitude yang baik siap-siap akan tergeser dari industri hiburan.

Pada suatu akun fanbase, mengupload ungkapan salah seorang mantan trainee yang berasal dari Asia Tenggara. Ia menjadi trainee di salah satu agensi yaitu SM Entertaiment mengatakan bahwa selama ia menjadi trainee ia mendapatkan pelatihan kepribadian. Pelatihan kepribadian itu difokuskan pada etiket (misalnya cara duduk atau memgang tangan saat berdiri) selain itu peserta pelatihan juga diajarkan untuk memperkuat kepribadian yang sebenarnya.

Pada dasarnya berperilaku baik kepada orang lain adalah hal yang mulia. Pada setiap kesempatan baiknya kita selalu bersikap sopan dan berusaha menjadi orang yang memberikan dampak positif  bagi yang lainya ya sobat. Gimana? 

Sifat-sifat yang baik bukan? Jangan lupa untuk untuk diterapkan dalam keseharianmu ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE