Jangan Anggap Remeh! Ingat 5 Hal Ini Sebagai Alarm Insomniamu

Benahi tidurmu untuk awal self-Love

Asal kalian tau sobat, tidur merupakan salah satu self healing terbaik untuk tubuhmu lho. Namun, tak jarang orang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan tidur. Sehingga penderitanya tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Sobat, jangan anggap enteng masalah insomnia! karena efeknya buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Yuk simak 5 hal berikut untuk pengingat insomnia~

Advertisement

1. Brain Fog

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Kabut otak atau Brain fog merupakan kondisi dimana otak kesulitan untuk berpikir atau mengingat sesuatu. Tak heran jika kamu tidak tidur berjam-jam atau bahkan berhari-hari kamu akan suka bingung sendiri, mudah lupa, dan sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini disebabkan otak tidak bisa menciptakan sel otak baru ketika malam hari.

2. Masalah Berat Badan

Photo by Andres Ayrton from Pexels

Photo by Andres Ayrton from Pexels via https://www.pexels.com

Ternyata insomnia dapat menyebabkan berat badan naik. Mengapa begitu? Karena ketika insomnia, kita akan mencari makanan untuk dijadikan teman.

Advertisement

Proses metabolisme saat malam hari tidak sama seperti pagi hari. Dimana kita tidak banyak melakukan aktivitas, sehingga energi yang dihasilkan dari proses metabolisme tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya.

3. Penuaan Dini

Photo by  Skver  для женщин on Pinterest

Photo by Skver для женщин on Pinterest via https://pin.it

Hal ini terjadi karena produksi kolagen menurun. Kolagen merupakan protein dalam tubuh yang menjaga kekuatan kulit. Jika kamu kekurangan tidur, maka akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh, sehingga akan merusak kolagen dalam tubuh.

4. Dark Circle

Photo by BuzzFeed on Pinterest

Photo by BuzzFeed on Pinterest via https://pin.it

Selain menyebabkan penuaan dini, insomnia juga dapat memberi efek Dark Circle alias mata panda. karena saat kita kurang tidur darah tidak mengalir dengan baik, efeknya darah bisa terkumpul di bawah mata.

Advertisement

5. Siklus Menstruasi Wanita

Photo by Leah Jean on Pinterest

Photo by Leah Jean on Pinterest via https://pin.it

Kualitas tidur yang buruk dapat menghambat produksi melatonin. Dimana hormon ini berperan dalam produksi hormon estrogen. Sehingga dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi.

Sebelum tidur, jangan lupa maafin diri sendiri, maafin orang lain, ikhlasin apa yang sudah terjadi. Ohiyaa satu lagi, jangan lupa bersyukur.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE