Ingin Berbisnis Tapi Nggak Punya Modal? 5 Bisnis Nyaris Tanpa Modal ini Cocok untuk Mahasiswa

Jadilah Mahasiswa yang Mandiri, Kreatif dan Inofatif

Saat ini, banyak mahasiswa yang ingin berbisnis untuk memperoleh penghasilan sendiri. Karena sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk menjadi seorang yang mandiri agar tidak bergantung pada pemberian orang tua. Bisnis bagi mahasiswa bukan sekedar untuk menambah uang saku, tetapi untuk menambah pengalaman bekerja. 

Menjadi seorang mahasiswa haruslah kreatif dan jeli dalam memanfaatkan peluang. Dengan berbekal ilmu dan kreatifitas, mahasiswa mempunyai peluang besar untuk menjadi pengusaha muda atau young entrepreneur. Nah, lalu bagaimana jika kita tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis? Berikut adalah 5 contoh bisnis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa , selain mudah juga tidak memerlukan modal yang banyak:

 

1. Bisnis Jasa Pengetikan

Mengetik

Mengetik via http://pixabay.com

Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan untuk mahasiswa. Saat ini banyak mahasiswa yang memilih menggunakan jasa ini untuk menyelesaikan tugasnya. Dikarenakan masih banyak mahasiswa yang tidak memiliki waktu untuk menyelasaikan semua tugasnya dan tidak memiliki laptop atau komputer sendiri. Sehingga mereka memilih untuk menggunakan jasa pengetikan. Dengan modal keahlian dalam mengetik serta perangkat ketik seperti komputer atau laptop, anda bisa membuka bisnis ini.

2. Bisnis Les Privat

Bisnis les privat adalah bisnis untuk memberikan pelajaran kepada beberapa anak baik dari jenjang SD, SMP, atau SMA, sesuai keahlian yang anda punya.

Selain mendapat keuntungan penambahan uang saku, anda juga mendapat keuntungan dalam memperdalam penguasaan materi.

Jika anda mahasiswa dibidang ilmu eksat atau sains, kalian dapat mengajar pelajaran biologi, matematika, fisika, atau kimia. Bahkan kalian bisa mengajar pelajaran umum seperti Bahasa Inggris.

3. Bisnis Online Programmer Web dan Blogger

Blogger

Blogger via http://pixabay.com

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informatika (IT). Bisnis ini memiliki dua keuntungan, yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi yaitu online programmer web dan blogger. Jasa yang ditawarkan berupa pembuatan situs, blog, atau e-commerce.

4. Bisnis Pertunjukan Seni

Bagi anda yang memiliki bakat dalam bidang seni, seperti menyanyi, menari, bermain musik atau drama, bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan. Anda dapat membentuk kelompok dan mengikuti acara atau kontes sehingga mendapatkan uang.

Bagi yang memiliki bakat menari atau drama, kalian dapat tampil di panggung tari. Atau yang suka menyanyi, dapat tampil di kafe-kafe atau pesta pernikahan. 

5. Bisnis Jasa Fotografi atau Video

Fotografi

Fotografi via http://pixabay.com

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki hobi dibidang fotografi dan video. Untuk memulai bisnis ini, anda harus memiliki keahlian dalam mengambil gambar dan membuat video.

Saat ini, banyak orang yang menjadikan foto dan video untuk dijadikan memori yang dapat diabadikan. Oleh karena itu, jasa ini sangat dibutuhkan dan memiliki keuntungan yang besar jika anda dapat mengaturnya dengan baik

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini