Melihat-lihat feed Instagram para travelgram bikin betah, ya. Foto-foto indah mereka di banyak destinasi wisata, sungguh memikat. Wajar sih, kalau kemudian banyak orang ingin seperti mereka. Bisa menikmati keindahan alam Indonesia bahkan traveling ke luar negeri.

Tak usah berkecil hati, kalau ternyata kamu belum mendapat kesempatan berlibur ke luar negeri. Tanah air kita, menyimpan keindahan alam yang nggak kalah keren. Salah satunya 7 spot alam di kabupaten Karanganyar ini. Kamu bisa puas mengambil foto ala travelgram idolamu.

1. Candi Cetho

@harimuktiadd via https://www.instagram.com

"Negeri Di Atas Awan", begitulah julukan yang disematkan pada Candi Cetho. Candi Hindu peninggalan zaman kerajaan Majapahit ini memang terletak di ketinggian lereng Gunung Lawu. Hawa sejuk dan kabut yang turun sewaktu-waktu membuat komplek candi bak berada di atas awan. Kala senja menjelang terbenamnya matahari atau pagi saat matahari mulai menampakkan diri adalah momen bagus untuk berfoto. Fotomu bakal terlihat dramatis. Tapi, kalau tidak memungkinkan, kamu bisa berfoto kapan saja.

Jika ingin berkunjung ke Candi Cetho, harap berhati-hati. Jalanan menuju candi sempit, berkelok tajam, mendaki dan di satu sisi jurang. Kalau tidak menguasai medan, sebaiknya tak membawa kendaraan sendiri. Lebih baik sewa sopir yang terbiasa dengan medan seperti itu.

2. Sabana Lawu

@sultanmyusuf via https://www.instagram.com

Advertisement

Tempat ini satu jalur dengan Candi Cetho. Sabana (Savana) Lawu sebenarnya merupakan salah satu jalur pendakian ke Gunung Lawu. Spot ini cocok buat kamu yang hobi mendaki gunung. Letak sabana Lawu Bulak Peperangan ada diantara Pos 4 dan pos 5. Sementara itu Gupakan Menjangan ada di Pos V.

Hamparan sabana nan luas di Gunung Lawu ini konon merupakan salah satu sabana terindah di Indonesia. Berfoto di sini akan membuatmu terlihat seperti sedang berada di negeri lain.

Spot ini hanya disarankan buat kamu yang memang hobi mendaki gunung karena jarak yang harus ditempuh jauh dan medannya cukup berat.

3. Gunung Gamping

@danarsibolang via https://www.instagram.com

Advertisement

Sebetulnya lebih tepat disebut sebagai bukit, bukan sebagai gunung. Namun, nama yang terlanjur lekat justru Gunung Gamping. Terletak di Desa Bandar Dawung Matesih. Desa ini ada di jalan menuju Tawangmangu via Matesih. Waktu yang dibutuhkan untuk naik bukit ini cukup 5 -10 menit saja.

Apa istimewanya bukit ini? Kamu bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Lawu yang indah, lengkap dengan pemandangan seputar Tawangmangu yang menyegarkan mata.

Tempat ini masih alami. Bahkan kamu tidak dikenakan tiket masuk, hanya tiket parkir saja sebesar 2000 rupiah. Gimana, apa kamu ingin foto seperti ini?

4. Rumah Pohon Tugulasi Wonorejo

Wisata rumah pohon memang sedang popular. Di berbagai daerah, kamu mungkin akan menemui rumah pohon serupa. Tapi tenang, masing-masing rumah pohon pasti memiliki keistimewaan tersendiri. Seperti halnya Rumah Pohon Tugulasi Di Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar.

Konsep dari rumah pohon ini adalah rumah pohon dan gardu pandang yang memiliki nilai sejarah berupa Pasak Tugulasi. Pasak Tugulasi ditanam sebagai tanda bahwa Belanda pernah datang kemari.

Lewat rumah pohon Tugulasi, kamu bisa menikmati panorama lereng pegunungan yang indahnya nggak bosan untuk dinikmati. Disini, ada beragam spot yang bisa bikin kamu puas pepotoan. Ada spot tangan dewa, bintang, bulan sabit, spot jembatan cinta, dan lainnya.

Tiket masuknya cukup murah, 5 ribu rupiah saja, dan 2 ribu untuk parkir. Semurah ini, tapi kamu bisa puas memandang keindahan ciptaan Tuhan dan mengabadikannya untuk Instagrammu.

5. Rumah Pohon Banyuanyep

Karanganyar memang dianugerahi oleh Tuhan panorama alam yang indah. Tak heran jika rumah pohon tidak hanya satu. Masih di wilayah Wonorejo, ada lagi rumah pohon Banyuanyep.

Rumah pohon yang dibuat dari kayu pohon pinus ini bakal bikin kamu betah. Hamparan pepohonan hijau yang luas dan hawa sejuk yang menyegarkan, bakal mampu mengusir segala penat.

Tak perlu membayar mahal, cukup 2000 rupiah untuk tiket masuk dan 2000 rupiah untuk parkir kendaraanmu. Gimana, pengin punya foto keren seperti mereka?

6. Air Terjun Jumog

Dikenal sebagai "Surga Yang Hilang", karena sebelum ditemukan pada tahun 2004, Air Terjun Jumog tertutup semak belukar. Tempatnya memang tersembunyi, dikelilingi pepohonan tinggi. Hawa sejuk dan suasana teduh amat terasa.

Untuk bisa menikmati surga yang hilang, ada dua jalur yang bisa digunakan. Pintu pertama membutuhkan perjuangan untuk menuruni dan menaiki 116 anak tangga. Tapi sungguh, lelahmu akan terbayar dengan panorama yang membuat pikiranmu fresh kembali.

Buat kamu lebih menyukai jalur yang mudah, maka pilihlah pintu masuk 2. Di sini kamu nggak perlu turun naik anak tangga. Jika kamu berkunjung di weekdays dan pagi hari, biasanya belum banyak pengunjung, dan kamu bisa puas mengambil foto tanpa terganggu oleh keramaian.

7. Lembah Semilir Kemuning

@dimassuyatno via https://www.instagram.com

Spot ini masih tergolong baru dan tergolong wisata kekinian karena banyak menyediakan spot foto. Cocok banget buat kamu selalu ingin update dengan segala hal yang berbau kekinian. Lembah Semilir terletak di Kemuning, Ngargoyoso.

Ada spot rumah hobbit, rumah bambu, rumah pohon dan gardu pandang serta menara kincir angin. Di sini kamu bisa puas mengeksplorasi keindahan panorama di kaki Gunung Lawu lengkap dengan hamparan kebun teh nan hijau.

Nah, itulah 7 spot menarik di Karanganyar yang bakal membuat fotomu sekeren para Travelgram. Selain itu, semoga kamu tambah cinta dengan pesona negeri ini. Buat kamu yang nggak biasa naik gunung, ada baiknya tidak memilih nomer 2, karena butuh skill khusus dan perjuangan yang berat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya