Ingin Jadi Pemimpin? Asah Kemampuan Leadership Kamu dengan 6 Hal Ini

Semua orang bisa menjadi pemimpin, tetapi tidak semua orang bisa memimpin.

Menjadi seorang pemimpin tentu saja bukan hal mudah. Menjadi pemimpin bukan hanya persoalan untuk menjadi berkuasa karena bisa memberi arahan kepada bawahannya. Tetapi menjadi pemimpin berarti kita harus bertanggung jawab terhadap sesuatu yang kita pimpin.

Menurut ahli, pemimpin didefinisikan sebagai seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan di suatu bidang, sehingga ia mampu memengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan (Kartini Kartono, 1994:33). Berdasarkan definisi tadi bisa disimpulkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki kecakapan tertentu agar ia bisa dikatakan seorang pemimpin. Nah, bagi kamu yang merasa memiliki jiwa leadership yang kuat bisa nih ikut tips dibawah ini untuk mengasah jiwa kepemimpinan kamu!

Advertisement

1. Pimpin lah diri sendiri terlebih dahulu

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

First of all, untuk menjadi pemimpin harus bisa memimpin dirinya sendiri sebelum ia memimpin orang lain. Misalnya, ia harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang ia miliki. Seorang pemimpin pula harus bisa mengatur dirinya sendiri supaya lebih terarah saat ia memimpin.

2. Harus disiplin dan bertanggung jawab

Foto oleh Brett Jordan dari Pexels

Foto oleh Brett Jordan dari Pexels via https://www.pexels.com

Ini adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin haruslah disiplin dalam melakukan aktivitasnya, misalnya taat beribadah, datang tepat waktu, menaati peraturan, dan sebagainya. Selain itu seorang pemimpin juga dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap hal yang dilakukannya. Misalnya, seorang ketua osis harus bertanggung jawab dalam memimpin program kerja yang diajukan oleh anggota osis lainnya.

Advertisement

3. Berani menyampaikan opini

Foto oleh Moose Photos dari Pexels

Foto oleh Moose Photos dari Pexels via https://www.pexels.com

Seorang pemimpin haruslah berani untuk menyampaikan opininya, karena berdasarkan opini si pemimpin inilah nanti yang akan diikuti anggotanya sebagai arahan terhadap kegiatan apa yang akan dilakukan berikutnya. Jika ada sesuatu yang dirasa kurang pas, si pemimpin ini harus berani menyampaikan kepada anggotanya kemudian memikirkan cara untuk jalan keluarnya.

4. Mampu mengendalikan anggotanya

Foto oleh fauxels dari Pexels

Foto oleh fauxels dari Pexels via https://www.pexels.com

Dalam sebuah forum, tidak menutup kemungkinan adanya perbedaan pendapat yang mengharuskan anggotanya untuk bersitegang satu sama lain. Di sinilah dibutuhkannya peran pemimpin untuk membantu meleraikan kedua belah pihak yang berseteru ini (tidak berpihak ke salah satu). Pemimpin yang adil juga sangat dibutuhkan, lho!

5. Berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah (problem solving)

Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels

Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu hal yang dimiliki pemimpin adalah mampu berpikir kritis dan bisa memecahkan masalah. Seorang pemimpin haruslah memiliki ide-ide yang cemerlang untuk menarik anggotanya agar mau untuk mengikuti arahan yang ia berikan. Ide yang cemerlang ini kemudian disalurkan melalui diskusi bersama anggota-anggotanya.

6. Tegas dan punya pendirian

Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels

Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels via https://www.pexels.com

Last but not least, pemimpin haruslah orang yang tegas dan punya pendirian karena ia akan menjadi orang yang disegani oleh anggotanya. Akrab dengan anggota memang sangat dianjurkan, tetapi tetap harus ada batasan antara pemimpin dan anggotanya ini.

Nah, tidaklah mudah untuk menjadi pemimpin bukan? Oleh karena itu kita membutuhkan beberapa tips diatas untuk mengasah jiwa kepemimpinan kita. Karena sejatinya setiap orang dilahirkan sebagai pemimpin, tetapi hanya orang-orang terpilihlah yang bisa memimpin. Namun semua orang bisa menjadikan dirinya seorang pemimpin asal ada keinginan kuat dan memiliki pola pikir yang tidak sekedar memimpin namun juga merangkul.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE