Ingin Konsisten dalam Olahraga Lari? Yuk Simak 5 Tips Ini Sebelum Kamu Memulainya

Malas berolahraga? Coba memulainya dengan olahraga lari

Olahraga lari merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan tanpa memerlukan biaya sama sekali, karena yang dibutuhkan adalah niat untuk melakukannya. Akan tetapi untuk bisa menikmati olahraga lari ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar dapat membantu seperti halnya kelengkapan pakaian yang nyaman, sepatu khusus berlali, dan juga bisa ditemani dengan earphone yang sedang memutarkan lagu untuk menemani berlarimu. Banyak orang yang sulit untuk memulai olahraga ini karena berbagai kesibukan yang dimiliki serta kurangnya kesiapan ataupun keraguan sebelum memulai. Nah, ini ada beberapa tips yang bisa membantumu dalam konsisten olahraga lari:

Advertisement

1. Membuat target atau tujuan dari olahraga berlarimu

Photo by freepik

Photo by freepik via https://www.freepik.com

Menentukan tujuan dari olahraga berlarimu adalah satu point yang benar-benar dapat membantumu dalam kegiatan olahraga berlari ke depannya, karena dengan menentukan tujuan dari awal maka kamu akan termotivasi dan pastinya setiap tujuan tersebut dapat mengingatkanmu kembali jika pada pertengahan usahamu tersebut didapati kesulitan.

Kamu bisa mulai dengan menuliskan tujuan di note, bisa pada note handphone ataupun bisa kamu tuliskan di kertas kemudian tempelkan pada suatu benda yang dapat kamu lihat setiap harinya seperti kaca, lemari ataupun pintu. Jika menggunakan note di handphone, kamu bisa memasangnya di wallpaper ataupun lockscreen, karena dapat dilihat setiap saat membuka handphone. Hal tersebut dapat membantumu dan mengingatkanmu setiap harinya karena secara otomatis kalian akan melihatnya setiap hari.

Advertisement

2. Mempersiapkan alat yang dibutuhkan

Photo by freepik

Photo by freepik via https://www.freepik.com

Pada saat berolahraga, pakaian yang digunakan bisa sangat berpengaruh dalam kualitas olahraga tersebut. Pemilihan sepatu lari yang tepat dapat membantumu lebih nyaman ketika melakukan olahraga lari dan pastinya menggunakan kaus kaki agar kaki tidak mengalami iritasi dari sepatu yang digunakan. Selain itu pakaian yang digunakan haruslah yang dapat menyerap keringat dengan baik, jika tidak tepat maka pakaian yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik akan menimbulkan dampak buruk atau kurang baik dalam kesehatan tubuh.

3. Membuat jadwal olahraga lari setiap minggu

Photo by freepik

Photo by freepik via https://www.freepik.com

Setiap orang pastinya memiliki kesibukannya masing-masing. Kegiatan yang menyibukan ini pastinya tetap memiliki waktu luang, dan dari waktu luang tersebut haruslah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Buatlah jadwal mingguan dari setiap aktivitas kamu, kemudian coba cari waktu yang tepat untuk meluangkan waktu olahraga lari. Atur jadwal olahraga larimu yang dimana akan menjadi suatu kebiasan ketika jadwal yang dibuat tersebut dapat kamu lakukan dengan sesuai.

4. Lakukan olahraga lari bersama teman

Photo by freepik

Photo by freepik via https://www.freepik.com

Melakukan olahraga lari bersama teman merupakan suatu cara yang dapat membuatmu lebih terpacu dan dapat lebih menyenangkan. Memiliki seseorang teman yang dimana dapat membuatmu lebih semangat ketika melakukan aktivitas lari bersama. Kamu pastinya juga dapat melakukan sharing terhadap temanmu atas pengalaman olahraga larimu sehingga kamu dapat melihat kekurangan dari cara kamu melakukan olahraga lari, karena pastinya temanmu akan dapat memberikan komentar dan saran agar olahraga larimu lebih baik ke depannya.

Advertisement

5. Harus mengetahui batas saat harus berhenti atau istirahat

Photo by freepik

Photo by freepik via https://www.freepik.com

Tips yang terakhir ini harus kamu pahami secara bijak karena dalam olahraga lari ini pastinya setiap orang memiliki batasannya tersendiri. Pastinya juga setiap orang mau dan ingin melewati batasan dari dirinya sendiri, akan tetapi ketika kamu melakukan olahraga lari tanpa melihat batas dari kekuatanmu, maka hal tersebut dapat memberikan kemungkinan buruk juga terhadap kesehatanmu. Ketika melewati batas tersebut, tubuh akan merasakan rasa lelah yang luar biasa, sesak nafas dan mungkin rasa mual karena telah melewati batas tersebut. Jadi, kamu haruslah bijak dalam menentukan waktu dimana harus istirahat dan berhenti saat itu.

Itu merupakan beberapa tips yang dapat membantumu agar konsisten dalam olahraga lari. Setiap orang pastinya memiliki caranya tersendiri, tinggal bagaimana kamu menentukan strategi yang pas agar target yang kamu buat diawal dapat tercapai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE