Ingin Kulit Sehat dan Cantik? 6 Cara Menjaga Moisture Barrier Untuk Menghasilkan Kulit Sehat Glowing

Basic skincare untuk menjaga moisture barrier

Halo beauty, pernah nggak kalian merasakan kulit yang terasa seperti tertarik, merah-merah, atau breakout tiba-tibaMungkin beberapa dari kita masih belum tahu, terjadinya breakout bukan hanya dari produk yang tidak cocok di kulit, tapi juga bisa jadi karena moisture barrier kita rusak lho!

 

Apasih moisture barrier itu? Moisture barrier adalah jaringan pelindung yang ada di bagian terluar kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan air dan kulit dalam agar terlindungi dari debu dan berbagai macam bakteri penyebab iritasi, komedo dan jerawat. Moisture barrier terbuat dari 50% ceramides, 25% cholesterol, dan 10% fatty acids.

 

Ingin mempunyai wajah cantik, terkadang kita lupa untuk menjaga moisture barrier kulit kita. Banyak melakukkan exfoliating atau pengelupasan kulit mati menggunakan acid atau scrub, yang tidak dibarengi dengan penggunaan produk hydrating, bukannya menghasilkan wajah yang cantik tapi malah bisa membuat kulit menipis dan kering yang akhirnya malah jadi jerawat. Akhirnya, percuma skincare mahal tapi kalau jaringan pelindung kita rusak.

 

Jika dilihat dari fungsinya ini, menjaga moisture barrier adalah kunci pertama untuk solusi dari masalah kulit. Berikut adalah 5 cara untuk menjaga moisture barrier.

1. Lakukan Double Cleansing

double cleansing

double cleansing via https://www.google.com

Advertisement

Double cleansing ini penting supaya mengangkat seluruh debu dan kotoran setelah seharian beraktivitas. Metode double cleansing untuk step pertama adalah memakai produk berbahan dasar oil, balm, atau milk.

 

Dan dilanjutkan dengan face wash sesuai jenis kulit masing-masing. Namun, pemilihan face wash juga ada caranya lho. Kulit kita dianjurkan memakai face wash dengan pH 5,5 yang aman bagi kulit.

Advertisement

2. Menggunakan Hydrating Toner

using toner after double cleansing

using toner after double cleansing via https://www.google.com

​​​​​​Toner berfungsi untuk menyamakan pH setelah melakukan cuci muka. Jika ingin menjaga moisture barrier, hydrating toner penting untuk tetap menjaga kelembaban air pada kulit dan lapisan dalam kulit.

3. Menggunakan Produk dengan Kandungan Ceramides

using ceramides cream

using ceramides cream via https://www.google.com

Ceramides pada lapisan pelindung atau moisture barrier merupakan komposisi terbesar dalam pembentukkannya, sehingga pemakaian produk yang mempunyai kandung ceramides dapat menjaga moisture barrier atau mempercepat perbaikan moisture barrier jika mengalami kerusakkan.

 

Rutin menggunakkan produk mengandung ceramides, akan menghasilkan kulit sehat yang glowing lho!

4. Menggunakan Sheetmask dengan Kandungan Hyaluronic Acids atau Ceramides

sheet mask for healty skin

sheet mask for healty skin via https://www.google.com

Hyaluronic acids adalah acid terbaik dalam hydrating atau fungsinya untuk melembabkan kulit. Pemakaian sheetmask yang mengandung hyaluronic acids atau ceramides dapat merawat moisture barrier dari kerusakkan.

5. Menggunakan Sunscreen

sunscreen for protecting your beauty skin

sunscreen for protecting your beauty skin via https://www.google.com

​​​​​​Sunscreen adalah skincare wajib jika kita ingin memiliki kulit sehat dan cantik. Pemakaian sunscreen ini berfungsi untuk menghindari kulit yang terbakar karena sinar UVA/UVB, maupun hyperpigmentation.

6. Banyak Minum Air Putih

drinking water for glowing skin

drinking water for glowing skin via https://www.google.com

Sudah menjadi rahasia umum, jika kita ingin mendapatkan kulit sehat adalah dengan banyak minum air putih. Perawatan dari luar saja tidak cukup, maka dari itu kita harus merawat kulit kita dari dalam dengan banyak meminum air putih. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE