Kehadiran buah hati mampu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi sepasang suami istri. Oleh karenanya, kamu dan pasangan biasanya berusaha melakukan apapun demi membuat si kecil bahagia, semisal menggendong atau memberinya mainan.

Selain itu, kira-kira hal-hal sederhana apa saja yang disukai si kecil, ya? Yuk, langsung saja baca penjelasan berikut ini!

1. Menghadapkan bayi di depan cermin

Bayi bercermin

Bayi bercermin via https://unsplash.com

Advertisement

Buat kamu yang sedang kehabisan ide untuk menghibur si kecil, coba saja pakai cara satu ini. Ambilah cermin, lalu hadapkan pada wajah buah hatimu. Bayi yang tadinya rewel atau diam pun kemungkinan akan menjadi lebih bersemangat.

Bukan tak mungkin juga dia akan meraba-raba wajahnya sendiri seolah bayangannya adalah bayi lain yang siap diajaknya bermain. Pemandangan tersebut pun mungkin juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagimu.

2. Meski sederhana, permainan cilukba cukup efektif menghibur bayi

Bayi tertawa

Bayi tertawa via https://pixabay.com

Petak umpet atau cilukba mungkin sudah sering dilakukan para orang tua untuk menghibur si kecil. Kebanyakan bayi akan tertawa saat orang dewasa di sekitarnya menutupi wajahnya dengan selimut, lalu tiba-tiba membukanya. Sepertinya permainan tersebut mampu memberikan sensasi tersendiri bagi si kecil, ya.

3. Pertemukan si kecil dengan bayi-bayi lain

Dua bayi tidur bersama

Dua bayi tidur bersama via https://pixabay.com

Advertisement

Seperti halnya orang dewasa, bayi pun akan senang jika dipertemukan dengan teman-teman seusianya. Saat berkumpul, biasanya mereka akan bermain bersama atau membicarakan sesuatu. Pemandangan itu mungkin juga akan membuatmu berpikir apa yang sedang diobrolkan para bayi tersebut.

Untuk itu, sering-seringlah mempertemukan buah hatimu dengan anak-anak yang lain agar dia bahagia sekaligus dapat belajar berbagi dan bersosialisasi.

4. Meniruka suara binatang bisa membuat buah hati tertawa bahagia, lho

Bayi dan kucing

Bayi dan kucing via https://www.posbagus.com

Umumnya para bayi menyukai suara-suara lucu yang belum pernah dia dengar sebelumnya, misalnya saja suara binatang. Cobalah menirukan suara ayam, tokek, kuda, monyet, bebek, burung, atau hewan lainnya. Jangan lupa pasang mimik wajahmu dengan kocak, ya. Dijamin si kecil bakal tertawa bahagia, deh.

5. Berikan mainan kesukaannya

Berikan mainan kesukaannya

Berikan mainan kesukaannya via https://unsplash.com

Tiap-tiap bayi memiliki mainan favorit yang berbeda-beda, misalnya boneka, mobil, maupun karakter binatang berukuran kecil. Saat kamu sedang sibuk, coba berikan mainan tersebut pada si kecil. Sebelum memberikannya, pastikan dulu keamanan dan kebersihannya.     

Kalau tidak ada ada mainan pun biasanya dia akan mencari sesuatu yang bisa dimainkan, seperti jempol tangan, selimut, atau baju yang dipakainya. Meski masih kecil, bayi pun senang mengeksplorasi benda-benda di sekitarnya, lho.

6. Hibur si kecil dengan menggendong atau mengayunnya

Bayi digendong ibunya

Bayi digendong ibunya via https://unsplash.com

Hampir semua bayi senang digendong oleh orang tuanya. Apalagi kalau kamu menggodanya dengan mengayun-ayunkan tubuhnya, kemungkinan si kecil akan tertawa bahagia. Lalu, dia pun akan memberi isyarat padamu untuk mengulangi gerakan itu lagi dan lagi.

Menggendong juga dapat kamu lakukan ketika buah hati rewel atau menangis. Peluk atau ayun-ayunkan tubuhnya secara perlahan hingga dia tenang atau bahkan tertidur lelap.

7. Memberikan bayi sepotong kue lembek

Sepotong cheesecake

Sepotong cheesecake via https://www.kepogaul.com

Selain mainan favorit, ada lagi benda yang membuat buah hati antusias. Ya, makanan lembek seperti kue bisa menjadi mainan tersendiri baginya. Selain mencolek atau menjilat-jilat, bayi biasanya akan senang meremas-remas kue tersebut.

Kamu tak perlu khawatir jika tempat tidur atau pakaian yang dikenakannya kotor. Secara tidak langsung, remasan tangan si kecil tersebut akan melatih otot-otot motoriknya. Well, anggap saja dia sedang belajar makan juga, ya.

Itulah 7 tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membahagiakan buah hati tercinta. Kira-kira, nomor berapa saja nih yang pernah kamu praktikkan bersama si kecil?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya