Siapa sih yang nggak ingin memiliki tubuh ramping dan sehat? I guess no one, termasuk saya. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan kedua hal tersebut mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan. Ya, tren gaya hidup sehat sudah mulai merebak di masyarakat urban sekarang ini. Dan, menurut saya ini adalah tren positif, patut untuk dilakukan.

Bicara tentang hidup sehat, entah kenapa pikiran tertuju pada negeri matahari terbit, Jepang. Di Prefektur Okinawa dan Kyotango, masyarakatnya hidup hingga ratusan tahun. Setelah ditelusuri, ternyata mereka menganut gaya hidup sehat dan rutin melakukan olahraga. Tak hanya itu, di tahun 2012 Jepang menduduki urutan pertama untuk negara dengan tingkat obesitas rendah. Sungguh warbiasak!

Fakta di atas itu secara umum ya, coba dikerucutkan lagi. Sering perhatikan nggak kalau perempuan Jepang itu tubuhnya ramping? Coba deh, tonton film Jepang hingga tokoh manga, rata-rata perempuannya bertubuh ramping! *envy detected

Ternyata nih, mereka punya resep khusus agar tubuh tetap ramping dan sehat. Simak, yuk!

1. Makan Dengan Porsi Kecil

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang? via https://www.pexels.com

Salah satu ciri khas orang Jepang itu, makan di mangkok kecil. Bener nggak?

Kebiasaan ini sudah dilakukan sejak kecil, sehingga lambung pun sudah terbiasa dengan jumlah makanan yang tidak banyak. Porsi makan orang Jepang itu sepertiga porsi orang Amerika. Dan inilah, yang mengontrol berat badan mereka, yes.

Di salah satu penelitian menunjukkan, bahwa makan dengan kuantitas banyak sehari tapi porsi kecil bisa mempercepat metabolisme dan menurunkan risiko diabetes.

2. Bahan Makanan Mesti Segar

Advertisement

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang? via https://www.pexels.com

Di Jepang, terkenal dengan kesegaran bahan makanan seperti buah, ikan dan sayur. Kesegaran bahan makanan adalah syarat utama dalam memasak. Saking maha pentingnya, seluruh supermarket di Jepang mencantumkan tanggal bahan makanan dikemas dan tanggal kedaluarsa. Berlaku untuk semua bahan makanan loh, nggak hanya daging dan ikan saja!

3. Wajib Sarapan

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang? via https://www.pexels.com

Sebagian orang menghindar untuk sarapan tapi bagi orang Jepang, hal ini wajib untuk dilakukan. Mereka rela bangun lebih pagi hanya untuk menyiapkan sarapan.

Menu sarapan mereka bisa dibilang cukup lengkap, terdiri dari, semangkuk nasi, tofu, irisan daun bawang, sup miso, omelet atau sepotong salmon panggang, dan lembaran kecil rumput laut. Lengkap banget bukan?

4. Cara Masak Dengan Kukus dan Rebus

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang? via https://www.pexels.com

Perempuan Jepang lebih memilih cara memasak dengan kukus atau rebus dibandingkan goreng dan bakar. Kenapa? Karena kedua cara tersebut adalah proses memasak yang baik. Nutrisi di dalam bahan makanan nggak banyak hilang atau rusak.

Apa enaknya sih makan kukus atau rebus? Masih tetap enak kok dengan cara ditambah bumbu seperti bawang putih, jahe, garam.

5. Banyak Makan Ikan

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang? via https://www.pexels.com

Kalau di Indonesia makan ikan digalakkan oleh ibu Susi, di Jepang makan ikan sudah menjadi kebiasaan yang nggak bisa dilepaskan di menu sehari-hari. Psst, ternyata salah satu resep umur panjang mereka adalah makan ikan, lho.

Bahkan ada ungkapan, ikan merupakan dagingnya orang Jepang. Nggak heran sih, karena mereka mengonsumsi 250 pon ikan per orang per tahun sedangkan konsumsi daging hanya 20 pon daging sapi per tahun. So, nggak heran ya, kalau tubuh mereka ramping!

6. Kunyah Makanan dengan Pelan

Pengin Tubu Ramping dan Langsing Seperti Perempuan Jepang? via https://www.pexels.com

Sewaktu sekolah dulu, kita diajarkan untuk mengunyah makanan hingga 32 kali, inget nggak? Nah kebiasaan ini diterapkan dengan baik oleh perempuan Jepang. Hal ini ternyata memberikan efek positif untuk menata berat badan karena mengunyah lebih lama akan memberikan sugesti kenyang lebih cepat, lho.

7. Makan Nasi Setiap Hari

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang:? via https://www.pexels.com

Sering banget ya, di beberapa metode diet nasi putih di-skip dan diganti dengan nasi merah, kentang, ubi. Tapi ternyata bagi orang Jepang, nasi adalah makanan utama. Dan, konsumsi nasi per hari pun bisa empat kali dengan porsi kecil, ya. Nasi yang dimakan pun tanpa ada campuran bumbu, minyak atau mentega.

8. Minum Teh Hijau

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang? via http://www.pexels.com

Teh hijau dan Jepang itu takkan terpisahkan!

As we know, teh hijau itu memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Salah satu yang paling populer adalah sebagai antioksidan tinggi yang bisa mengikat radikal bebas. Dan perempuan Jepang minum teh hijau sepanjang waktu! Entah saat sarapan, antara jam makan, maupun sore hari.

Kalau di rumah makan Padang teh hangat disajikan gratis, di Jepang teh hijau tersedia gratis di rumah makan.

9. Sayuran Wajib Ada di Tiap Menu Makanan

Pengin Tubuh Ramping dan Sehat Seperti Perempuan Jepang via http://www.pexels.com

Setiap makan, sayur itu wajib ada di meja makan. Mulai dari lobak, brokoli, kembang kol, terong sering banget disajikan sebagai hidangan utama. Berbanding terbalik dengan hidangan ala barat yang menjadikan daging merah sebagai hidangan utama.

Well, ternyata resep khusus para perempuan Jepang ini mudah juga untuk dilakukan setiap hari, ya. Nggak membutuhkan biaya banyak untuk melakukannya. Yang diperlukan hanyalah disiplin untuk rutin menjalankannya setiap hari. Dan ingat nggak ada yang instan, semua butuh proses. Ada baiknya juga jika kebiasaan baik ini diseimbangkan dengan rutin melakukan olahraga dua atau tiga kali seminggu.

Yuk, mulai terapkan hidup sehat sejak sekarang!