Pembahasan kali ini adalah mengenai skin care rutin, yang wajib kudu dilakukan tiap hari.. Jangan hanya diam ngagumin wajah artis-artis yang mulus aja. Stand up and do something for you skin girls. Cantik itu butuh pengorbanan ... Ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi udah saya lakukan duluan yaa, nggak asal ngasih tips aja.. Sejujurnya ini saya lakukan dengan melihat berbagai tips dan trick dari berbagai majalah dan abang googling tentunya. Dan hasilnya... AMAZING !!

Nggak perlu ke dokter atau beli produk mahal, cukup kamu tau tipe kulit kamu, beli produk yang sesuai, then, lakukan skin care rutin ini step by step.. Ribet? Udah pasti, tapi hasilnya akan memuaskan..Nggak bakal instan ya yang langsung besok keliatan hasilnya.. paling nggak sebulan, kalian udah bisa lihat hasilnya.. ^^

1. Triple Cleansing

Makeup Remover + Oil Cleanser via http://arabiaweddings.com

Ini maksudnya harus double ngebersihin wajahnya, doublenya itu setelah memakai makeup, hapus makeup memakai makeup remover dan oil cleanser … Itu wajib dilakukan yaa.. Nggak hanya selesai gunain makeup saja, biarpun kita nggak memakai apa-apa, harus tetap dibersihkan. Kalau nggak menggunakan apa-apa, bersihinnya nggak usah memakai makeup remover, cukup memakai oil cleanser aja. Gunanya buat apa? Gunanya untuk mengangkat residu kotoran yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo setelah beraktifitas seharian. Setelah itu baru pakai cleansing foam ( sabun cuci muka ). Step ini dihilangkan untuk morning skin care routine ya guys. Waktu pagi cukup gunakan air mengalir aja. Perlu kalian tau, aku memakai cara ini mengikuti tips ala korea, lihat kan wajah orang korea mulus-mulus kinclong gitu, bukan karena operasi plastik aja tetapi perawatan mereka mantep abis. Repot banget sih, bersihin muka aja harus berkali-kali, tapi aku menjamin guys muka kalian bakal terlihat lebih bersih dan sehat, jerawatnya juga akan jarang muncul. Pilih cleanser yang sesuai ya sama jenis kulit kalian. Cara mencuci muka yang baik adalah DON'T RUB , buat gerakan melingkar menggunakan jari-jari kalian di pipi, kemudian ke hidung, sekitar mulut dan terakhir area forehead kalian, gently ya guys.. Kalau udh selesai, pakai handuk wajah ( sebaiknya di pisah dari handuk mandi ), untuk ngeringin, di tepok-tepok aja ya…

2. Exfoliator

Nah, yang ini nggak perlu rutin guys, cukup 2x/minggu, gunanya buat apa? gunanya untuk mengangkat kulit mati sehingga kulit kalian ga terlihat kusam, selain itu komedo juga makin berkurang, pori-pori makin kecil dan hasilnya kulit kalian akan glowing… Untuk sensitive skin hati-hati yaa, sebisa mungkin hanya 1x/minggu aj, jangan sering-sering, karena kebanyakan yang memiliki sensitive skin ga cocok dengan produk-produk exfoliator ini. Selain itu, jangan membeli produk exfoliator yang menyatu dengan cleansing ya, karena cleansing pakai tiap hari jadi otomatis jika menyatu dengan exfoliator kamu akan menggunakan exfoliator tiap hari, dan hasilnya pasti akan kering banget kulit wajah kamu.

3. Toner

Advertisement

Ini adalah part penting guys, jangan pernah lewatin step ini, kenapa? karena toner gunanya untuk balancing your skin , jadi toner ini mengatur pH kulit wajah kita setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan produk yang lainnya. Sekarang banyak sekali produk toner, pilihlah yang sesuai dengan kulit kalian ya. Cara menggunakannya , kalian bisa menuang toner ke telapak tangan kemudian mengusapnya pada wajah, atau bisa juga dengan menuang toner ke kapas dan mengusapnya ke seluruh wajah. Kebanyakan toner dapat digunakan untuk pagi dan siang, kecuali toner yang mengandung alkohol, biasanya toner ini digunakan untuk oily skin dan digunakan saat malam saja.

4. Essences

Essences merupakan konsentrat yang lebih ringan dari serum. Bagi orang western, essences sama dengan serum tapi berbeda dengan orang Asia terutama korea, bagi mereka essences gunanya untuk menghidrasi kulit dan mempersiapkan kulit untuk penggunaan serum dan ampul setelahnya. Hasil dari essences dan serum sebenarnya hampir sama, gunanya untuk meregenarasi kulit dan memperbaiki kulit. Essences memiliki konsentrat yang lebih ringan dari serum sehingga jika essences dipadukan dengan serum memberikan hasil yang lebih maksimal pada kulit wajah.

5. Serum atau Ampul

Serum or Ampoule via https://www.google.co.id

Nah, yang ini tergantung masing-masing orang ya, aku pribadi ga gunain ampul, karena menurut aku udah cukup dengan serum aja. Ampul pasti agak terdengar asing di telinga kalian, karena metode ampul ini seringnya digunakan wanita korea aja. Ampul memiliki konsentrat dan bahan-bahan aktif yang lebih dari pada serum, intinya ampul untuk kulit yang butuh perawatan khusus sangat dianjurkan. Aku ga bisa ngasih komentar lebih mengenai ampul karena aku sendiri belum pernah coba. Jadi aku lebih saranin ke serum, serum kebanyakan gunanya untuk mehilangkan jerawat, dark spot dan menghidrasi kulit. Nah serum ini make your skin perfect guys… Jika kalian pengen coba memakai ampul, pakailah ampul sebelum memakai serum ya guys.

6. Masker

Masker ini ada favorit saya..ini harus kudu wajib dipakai guys, masker membuat efek dari skin care yang di pakai jadi maximum, cukup dipakai 15-20 menit saja sambil tiduran bahkan bisa selfie juga, dan hasilnya…. WOW… Masker-masker yang dijual mempunyai kegunaan yang berbeda-beda , jadi sesuaikan dengan kulit kalian ya. Cukup gunakan masker 2-3x/ minggu untuk hasil yang maximal.

7. Eye Cream

Eye Cream ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki 'mata panda', wrinkles, lines. Bagi aku sendiri ini sangat mengganggu, karena aku memiliki mata panda dan lines di bawah mata, dan itu sangat ga enak dilihat dan jika memakai makeup aduh ribet banget, karena itu aku ngerasa bagi yang punya problem sama bisa menggunakan eye cream untuk skin care sehari-hari. Efeknya ya tentu aja ngehilangin masalah-masalah yang aku sebutkan tadi dan hidrasi kulit sekitar mata. Gunaiinnya cukup dengan nge-tap daerah bawah mata dengan jari manis ( ring finger ) secara gently.

8. Pelembap ( Moisturizer )

Moisturizer via https://www.google.com

Kalau pelembap sih udah pasti harus dipakai ya guys, ini memperbaiki tekstur kulit kalian yang oily, dry , combination, and sensitive . Pelembab dijual di pasaran dengan berbagai macam bentuk, mulai dari gel, lotion, cream dan sebagainya. Mana aja boleh dipakai tetapi ingat kenali kulit kalian dulu sebelum membeli dan memakai pelembap. Gunain pelembap nggak hanya buat wajah aja ya, gunain juga sampai leher dan digunakan pagi malam setiap hari. Bisa dikatakan ini merupakan skin care WAJIB.

9. Sunscreen

Bagi aku ini juga wajib digunakan kalau teman-teman nggak mau menyesal di masa tua nanti. Kenapa? karena sunscreen ini dia memproteksi wajah kita dari paparan sinar matahari yang nantinya akan menyebabkan dark spot di masa tua. Selain itu kulit akan menjadi lebih kusam dan hitam jika terus menerus terpapar sina rmatahari tanpa perlindungan. Untuk kulit wajah aku menyarankan untuk memakai spf 15-30 sudah cukup, kecuali jika ingin berenang di siang hari baru deh memilih yang 50, tetapi jika hanya di rumah, kantor, dan sekolah, cukup dengan spf 15-30 aja.

Nah, ini adalah tips yang dapat teman-teman coba di rumah. Memang ribet stepnya but believe me guys, it works. Selamat mencoba.