Lowongan Kerja: Mencari Lulusan Baru

Syarat: 5 tahun kerja, 6 medal olimpiade, dan tenaga superpower.

Sering lihat lelucon ini?

Beberapa dekade lalu nampaknya lulusan perguruan tinggi (fresh grads) lebih mudah mendapat pekerjaan idaman mereka sesaat setelah kelulusan. Walaupun hanya dengan predikat Sarjana Strata 1, fresh grads memiliki posisi tawar lebih tinggi dibanding mereka yang tidak berpendidikan formal. Namun itu berlaku beberapa tahun yang lalu, dimana kondisinya jauh berbeda dengan pasar pekerjaan sekarang karena kompetisi yang semakin menggila.

Kalau kamu seorang fresh grads atau mahasiswa tahun akhir, melebur ke dunia kerja bisa terlihat mengintimidasi sekaligus menantang. Beberapa fresh grads biasanya lebih skeptis karena mereka percaya bahwa employer biasanya tidak mencari orang yang tanpa pengalaman. Banyak dari mereka berpikir kalau yang berpengalaman kerja akan lebih dipilih, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Beberapa perusahaan justru lebih suka mencari fresh grads ketimbang yang lebih berpengalaman, khususnya perusahaan pemula atau startup, berikut alasannya:

1. Mereka (Fresh Grads) sangat termotivasi

motivated

motivated via http://pexel.com

Banyak orang beranggapan bahwa para Generasi Y tidak bisa terlepas dari smartphone dan perangkat digital lainnya tapi mengharapkan pekerjaan dengan bayaran tinggi. Namun yang terjadi justru sebaliknya, lho.

Advertisement

Mengingat tingginya persaingan di dunia kerja, fresh grads didesak untuk mengerahkan usaha terbaiknya untuk mendapatkan pekerjaan impiannya. Dan saat mereka mendapat tawaran pekerjaan, mereka akan bekerja lebih keras dan lebih produktif untuk mempertahankan posisi mereka terlepas dari ketergantungan mereka dengan gadget.

2. Mereka lebih melek teknologi

tech-savvy

tech-savvy via https://giphy.com

Umumnya Generasi Y dan Generasi X lebih melek teknologi dibanding generasi lainnya. Dikenal sebagai bisnis yang berkiblat pada teknologi, startups membutuhkan individu yang dapat luwes bekerja dengan teknologi.

3. Mereka lebih kreatif

creative

creative via http://pexel.com

Startups biasanya dibangun oleh mereka yang terpanggil untuk memberi dampak pada masyarakat. Fresh grads yang memiliki pemikiran anti-mainstream dan ide kreatif menjadikan mereka aset berharga bagi perusahaan.

4. Mereka lebih bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru

adaptation

adaptation via http://pexel.com

Advertisement

Bukan rahasia lagi bahwa fresh grads seringkali lebih mudah dilatih daripada karyawan berpengalaman. Sebagai organisasi yang baru berdiri, startups masih dalam proses pembentukan budaya tempat kerja. Hal ini cocok untuk fresh grads karena mereka memiliki keterampilan untuk beradaptasi dengan mudah dengan lingkungan yang cepat berubah. Mereka ikut tumbuh seiring dengan pertumbuhan bisnis.

5. Menjadi agen perubahan

agent of change

agent of change via https://pexel.com

Dibanding karyawan berpengalaman, fresh grads juga menawarkan beberapa keunggulan kompetitif yang sangat dibutuhkan bisnis startup. Jika kamu seorang fresh grad dan ingin menjadi bagian dari agen perubahan dunia, mungkin inilah saat yang tepat untuk mempertimbangkan melamar pekerjaan di startup.

Itulah beberapa alasan kenapa starup lebih memilih kamu para fresh grads.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya