Ini 6 Bisnis Menjanjikan di Tahun 2022 yang Bisa Kamu Jajal

Tahun 2022 kini hanya menghitung hari. Begitulah kehidupan akan terus berjalan, dan apakah kamu telah memiliki rencana ke depannya?

Jika tujuanmu untuk berbisnis tentu ada banyak sekali hal yang perlu kamu pikirikan. Seperti menentukan apa bisnis yang akan dijalankan, strategi pengembangannya, modal baik materil maupun non-materil, promosi/pemasaran, dan lain-lain.

Ditambah lagi kondisi saat ini di masa pandemi, tentu memerlukan perencanaan bisnis serta manajemen risiko yang sangat matang. 

Kali ini saya ingin sedikit membantumu untuk merekomendasikan beberapa bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2022 mendatang. Setidaknya kamu bisa menjadikannya sebagai referensi atau pertimbangan sebelum memulai berbisnis.

Seperti yang telah saya himpun dari beberapa situs, berikut ini adalah beberapa peluang usaha dengan prospek menjanjikan di tahun 2022.

Advertisement

1. Bisnis Kuliner

Photo by Clem Onojeghuo from Pexels

Photo by Clem Onojeghuo from Pexels via https://www.pexels.com

Rekomendasi yang pertama tentu saja bisnis kuliner. Dari waktu ke waktu, bisnis di bidang kuliner terus mengalami perkembangan serta diminati oleh konsumen di Indonesia.

Apalagi masyarakat di negara ini memiliki hobi/kesenangan untuk jajan dan mencicipi berbagai jenis makanan. Bahkan di tengah pandemi pun, bisnis kuliner masih bisa survive dan memikat banyak sekali konsumen.

Advertisement

Tentu saja adanya fasilitas digital dan pesan antar makanan secara online, memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan bisnis di sektor ini.

Selain itu, kamu juga masih bisa berimprovisasi untuk menyesuaikan dengan kondisi ataupun keperluan strategi ke depan.

Advertisement

Sebagai contoh, kamu bisa menjual makanan beku (froozen food). Jenis makanan ini cukup laris ketika masa pandemi tengah melanda….

Tahun 2022, bisnis kuliner masih menjadi pilihan yang tepat untuk berbisnis. Apakah kamu tertarik menjalankan bisnis ini?

2. Jasa Voice Over

Photo by George Milton from Pexels

Photo by George Milton from Pexels via https://www.pexels.com

Pernahkah kamu terpikir untuk menjadi seorang voice over? Dengan mengandalkan keunikan suara yang kamu miliki, maka cobalah untuk memulai bisnis yang satu ini.

Secara prospek, profesi voice over memiliki potensi yang sangat tinggi. Sebab, akan ada banyak sekali perusahaan membutuhkan jasa seorang voice over.

Baik untuk kepentingan iklan promosi, bahkan proses produksi pembuatan animasi. Cukup menjanjikan bukan?

 

 

 

3. Jasa Sekertaris Virtual

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Pernahkah kamu mendengar jasa sekretaris virtual? Jika belum maka hal itu sangatlah wajar mengingat jasa ini baru-baru ini saja muncul. 

Jasa sekretaris virtual atau bisa kita sebut sebagai virtual assistant merupakan orang yang memberikan dukungan untuk memudahkan kinerja dari bisnis lain yang dilakukan secara online.

Layaknya seorang asisten/sekretaris yang berada di kantor, hanya saja pekerjaan dilakukan secara online. Biasanya jasa ini digunakan untuk membantu proses administrasi perusahaan.

Tetapi yang perlu kamu pertimbangkan di sini adalah jasamu bisa saja digunakan untuk berbagai keperluan tertentu, sesuai kebutuhan kantor.

4. Fotografer Olahraga

Photo by Guduru Ajay bhargav from Pexels

Photo by Guduru Ajay bhargav from Pexels via https://www.pexels.com

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang kian digemari oleh masyarakat di tengah pandemi. Sebab kesehatan menjadi aspek penting yang perlu dijaga bahkan ditingkatkan.

Nah dengan semakin bertambahnya minat masyarakat untuk berolahraga, kamu bisa memanfaatkannya sebagai objek fotografimu.

Manfaatkan orang-orang yang ingin mengabadikan momennya saat berolahraga dengan menawarkan jasa fotografer sesuai dengan keahlianmu.

Kamu juga bisa memberikan rekomendasi tempat-tempat yang bagus untuk berolahraga sekaligus ber swa foto.

5. Web Developer

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Website menjadi sangat penting bagi semua pebisnis di berbagai sektor. Baik itu perusahaan berskala besar, hingga UMKM sekalipun. 

Hanya saja untuk mengoptimalisasi website tentu dibutuhkan keahlian tersendiri. Nah jika kamu memiliki keahlian di bidang ini, maka cobalah untuk membuka bisnis/jasa web developer.

Kamu bisa menyasar perusahaan-perusahaan maupun para pebisnis UMKM yang ingin dibuatkan sebuah website untuk berbisnis. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa webiste untuk memasarkan jasamu seperti Sribulancer, Fiverr, Upwork, maupun freelancer.com.

6. List Building

Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Photo by Startup Stock Photos from Pexels via https://www.pexels.com

List building, sepertinya masih terdengar asing di telinga masyarakat awam. Akan tetapi bagi orang yang terjun di dunia bisnis, list building sangatlah penting.

List building sendiri adalah mengumpulkan database yang dijadikan sebagai target bisnis seseorang atau perusahaan. Sehingga keberadaan jasa list building tentu sangat membantu mereka.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis/jasa ini. Sebab semakin bertambahnya pelaku bisnis yang bermuculan maka prospek jasa ini tentu akan semakin bagus.

Nah itulah beberapa rekomendasi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2022. Bagaimana unik bukan, dengan adanya beberapa rekomendasi bisnis yang baru mengikuti tren teknologi yang ada saat ini.

Lalu, bisnis apakah yang ingin sekali kamu jalankan?

*Disclaimner : Beberapa rekomendasi di atas adalah hasil riset saya dari beberapa situs. Diantaranya Finansialku.com, Lokerpns.web.id, serta Konsultanku.co.id.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE