Hai guys, pada tahu nggak sih kalau YouTube itu media sosial yang paling diminati generasi milenial saat ini? Yap, kalian harus tahu kalau YouTube melebihi dari media sosial yang lain. Hal ini terjadi karena, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang canggih, nggak lengkap rasanya jika manusia modern terutama milenial saat ini tidak menggunakan media sosial. Media sosial ini diminati karena memiliki beberapa daya pikat yang nggak bisa teralihkan oleh generasi milenial sebagai penikmat YouTube ataupun sebagai penyaji (si pengguna) yang disebut YouTubers, seperti ulasan di bawah ini:

1. YouTube sebagai gudangnya segala informasi

YouTube Mobile Offline

YouTube Mobile Offline via https://dailysocial.id

YouTube semakin populer karena masyarakat modern saat ini lebih sering mendengar, melihat, mendapatkan berita atau informasi dari YouTube. Dalam berita online KumparanNews, pengamat media sosial Nukman Lutfie mengatakan, YouTube semula hanya didominasi oleh konten dari perusahaan yang ingin mengenalkan produk saja. Tetapi, seiring berjalannya waktu, kini berbagai konten di YouTube banyak lahir dari tangan-tangan kreatif seorang individu seperti kehidupan pribadi, kesenangan, hobi, dari si pengguna dan menarik bagi milenial saat ini guys.

2. Tidak harus membuat akun untuk nonton di YouTube

Advertisement

YouTube memiliki dunia yang berbeda dengan media sosial yang lain. Bukan dunia lain ya guys. Maksudnya ada salah satu hal yang menarik dari YouTube adalah para pengunjungnya tidak perlu membuat akun untuk bisa berselancar disana. Nukman Lutfie, pengamat media sosial mengungkapkan bahwa “Anak-anak muda sekarang nonton TV-nya kurang, tapi lihat YouTube-nya lama,” kata Nukman kepada berita media online Kumparan News. Dapat kita lihat dari konten-konten video yang disajikan di YouTube.

3. Menyajikan berbagai konten video menarik dari YouTubers (si pengguna)

Konten video di YouTube sekarang banyak yang lahir dari tangan-tangan kreatif individu lho! Bahkan, YouTube udah menyebar ke masyarakat luas. Ini terjadi karena penikmat YouTube tidak hanya masyarakat yang berada di daerah pusat aja, tetapi sudah menyebar ke seluruh daerah di Indonesia. Ibaratnya, YouTube sudah berselancar seperti air yang bisa mengalir dan muncul dimana aja. Hal itulah membuat YouTube sangat bisa menampung ide-ide kreatif terutama bagi generasi milenial yang masih muda dan memiliki segudang ilmu. Terutama hasilin uang yang dibahas di tulisan selanjutnya ya, guys!

4. Durasi video tidak ditentukan alias bebas

YouTubers(si pengguna) dapat membuat video atau konten bebas tanpa gangguan ketentuan durasi video. Faktor video yang durasi lama ini bikin penikmat video di YouTube merasa lebih puas dan betah terhadap hal yang ingin mereka lihat tanpa harus keganggu dengan keterbatasan menonton. Ya, inilah yang membuat si pengguna mendapatkan tempat kepuasan hati di penggemar videonya. Ini hanya terjadi di YouTube guys, dan tidak terjadi pada media sosial lain  yang biasanya dibatasi.

5. YouTube membuat orang menjadi terkenal

Youtuber - Famous

Youtuber – Famous via http://manado.tribunnews.com

Advertisement

Banyak dari YouTubers yang udah terkenal dan namanya bersinar bagaikan bulan di malam hari karena berada di dunia YouTube seperti banyaknya komika atau komedian berasal dari daerah timur Indonesia. Atau yang udah terkenal makin terkenal deh seperti banyaknya generasi milenial yang telah sukses di YouTube seperti video lucu oleh Raditya Dika, keseharian oleh Atta Halilintar, Ria Ricis dan motivasi seperti Merry Ryana, Najwa Shihab. Mereka adalah orang-orang terkenal dari Sabang-Merauke lho!

6. Punya sisi lain terbaik yaitu penghasil pundi-pundi uang

Photo by Alexander Mils from Pexels

Photo by Alexander Mils from Pexels via https://www.pexels.com

YouTube media sosial yang memiliki sisi lain paling terbaik melebihi apapun. Sisi baiknya yaitu dapat menghasilkan keuntungan bagi si pengguna. Keuntungan yang diperoleh si pengguna  ini karena situs ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang cukup popular. Uang yang didapatkan oleh YouTubers (si pengguna) seperti iklan di dalam video yang di unggah pengguna, Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah penontonnya banyak. Dari iklan tersebut penghasilan si pemilik video berasal. Tetapi, penghasilan utamanya berasal dari seberapa banyak jumlah penonton yang telah menonton video yang dipublikasi oleh si pengguna. Cara mendapatkan keuntungan ini tidak hanya mengunggah video ke YouTube aja ya guys, tetapi harus mengikuti ketentuan dari media sosial ini.

7. Antusiasme penikmat yang besar

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

YouTube semakin banyak diminati masyarakat beberapa tahun terakhir ini dan hebatnya dari masyarakat berbagai kalangan umur, terutama milenial seperti remaja SMP sampai mahasiswa. Mereka inilah yang bertindak sebagai penikmat video di YouTube. Bahkan, mereka juga bisa bertindak sebagai pembuat video di YouTube. Media sosial ini menjadi semakin berkembang seperti halnya manusia yang akan terus tumbuh dari tahun ke tahun. Perkembangan akan pemikiran generasi yang berbeda guys.

8. YouTube, media sosial dengan tingkat kepekaan yang tinggi

sumber: nobarc

sumber: nobarc via https://womantalk.com

YouTube banyak menyajikan hal-hal yang kita butuhin, seperti alam yang udah menyediakan segalanya. Dilihat dari sudut psikologi ya, media sosial ini dapat memberikan dampak yang begitu signifikan bagi masyarakat terutama milenial. Seperti halnya generasi muda yang ingin selalu mencoba dan ingin dianggap “ada” untuk menunjukkan kemampuan kalau mereka individu dari generasi milenial yang kreatif dan bisa selalu berkembang sesuai dengan zamannya. Bahkan sebagian besar orang mengatakan bahwa YouTube adalah segalanya untuk masyarakat milenial seperti mahasiswa loh. Karena YouTube peka terhadap apa yang mereka butuhkan.

Nah, gimana guys? Keren kan media sosial yang satu ini. Semoga daya pikat YouTube ini bikin kalian mau jadi penikmat atau pengguna kreatif juga ya. Tapi jangan lupa ya, gunakan media sosial untuk yang baik-baik aja. Jangan sampai salah gunain, bahaya soalnya. Seperti kata bijak bilang “Generasi bangsa yang baik adalah generasi yang memanfaatkan teknologi untuk kepentingan  masa depan, bukan untuk kesenangan masa sekarang saja”. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat yah guys. Enjoyy!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya