Ini Alasan Kenapa Freelance Jadi Pilihan Karir yang Menjanjikan

5 alasan freelance jadi pilihan karir yang menjanjikan

Di zaman serba digital sekarang ini, freelancer jadi pilihan karir yang makin menjanjikan lho. Pasalnya banyak perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan dengan sistem freelance. Per Agustus 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat orang yang bekerja paruh waktu atau freelancer jumlahnya mencapai 33,34 juta. Angka ini naik 4,32 juta orang atau 26 persen dari tahun sebelumnya.

Banyak faktor generasi muda sekarang lebih memilih bekerja freelance. Selain sistem kerja yang lebih fleksibel, di beberapa daerah dengan UMR yang terbilang rendah, freelancer mampu menghasilkan uang lebih besar. Berikut beberapa alasan kenapa freelance jadi pilihan karir yang menjanjikan buat kamu coba.

Advertisement

1. Kesempatan kerjasama dengan banyak klien

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Sebagai freelancer, kamu bebas memilih klien yang mau diajak kerjasama. Tapi menemukan klien yang baik, gak bisa dibilang gampang. Kamu harus hati-hati melihat rekam jejak calon klienmu sebelum menyepakati kerjasama.

 

Advertisement

Jika klien sudah sering menunda pembayaran jasa, kurang responsif tapi mau hasil yang cepat, akan menghambat laju bisnismu. Kalau sudah begini, jangan ragu untuk mencari klien baru yang lebih bisa diandalkan.

2. Jadi bos buat diri sendiri

Photo by sutadimages via shutterstock

Photo by sutadimages via shutterstock via http://shutterstock.com

Setiap orang pasti mau mencapai jabatan tinggi dalam berkarir, nah dari freelance-lah kesempatan itu bisa cepat terealisasi. Kamu bisa jadi bos yang mengatur jalannya bisnismu sendiri.

Advertisement

 

Kamu bisa terbebas dari peraturan manajemen dan perintah atasan, karena kamulah yang akan mengatur dirimu sendiri. Karena itu, freelancer perlu dibekali skill manajemen yang bagus, baik dari sisi keuangan, waktu, pekerjaan, sampai emosional.

3. Peluang penghasilan yang lebih banyak

Photo by benzoix via freepik

Photo by benzoix via freepik via http://freepik.com

Memang yang satu ini nggak bisa didapatkan dalam waktu sekejap. Maka dari itu, sebagai freelancer pemula, penting untuk memperkaya pengalaman dengan mengambil banyak project kecil.

Saat pengalaman dan jam terbang sudah tinggi, tawaran project besar pun akan datang dengan sendirinya. Bahkan dari segi tarif juga akan terus naik, kalau reputasimu baik dan klien yang bekerja sama selalu puas dengan hasil kerjamu.

4. Mudah mengatur work-life balance

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Hidup itu gak melulu soal kerja dan kerja, kamu juga punya prioritas diri sendiri dan keluarga. Sebagai freelancer, tentu keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi bisa lebih mudah diatur.

Kamu bisa memilih kapan waktunya menerima project, kapan waktunya digunakan untuk berkumpul bareng keluarga atau menikmati waktu sendirian.

5. Kepuasan karena bekerja sesuai minat

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Biasanya para freelancer tuh kerja dan mengambil project berdasarkan pekerjaan yang mereka sukai. Bahkan nggak jarang berawal dari sebuah hobi, karena disini passion adalah kuncinya.

Perlahan kamu bisa mengajak teman untuk membantumu mengerjakan sebuah project besar, dari situ kamu mulai menciptakan lapangan kerja untuk orang-orang di sekitar. Pengalamanmu mengatur keuangan, waktu, emosi, bagi diri sendiri bisa jadi bekal untuk membuka bisnis yang lebih besar.

Gimana? Tertarik untuk memulai karir sebagai freelancer? Jadiin pekerjaan sampingan aja dulu, siapa tau nyaman dan keterusan.Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE