Kalau kita ngomongin “Bahasa Inggris” mungkin yang muncul pertama kali dalam pikiran kita adalah tatanan grammar atau tenses yang rumit itu. Past, present, dan future ada aturannya masing-masing dengan to be, dan bentuk kata kerja yang harus disesuaikan dengan waktu terjadinya kejadian yang dibicarakan. Selain grammar, bahasa inggris juga identik dengan pengucapan yang berbeda dengan tulisannya. Terlihat cukup susah ya? Namun jangan khawatir, bagi kamu yang ingin belajar bahasa inggris, cukup ikuti tips mudah belajar di bawah ini:

1. Mendengarkan lagu sambil belajar

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Oke, ada beberapa tips bagi kalian yang ingin lancar berbahasa Inggris atau lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tips yang pertama adalah dengan mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh penulis yang pada dasarnya suka mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Awal mula nggak tahu sama sekali apa artinya lagu ini dan itu, lalu bagaimana menuliskan liriknya dan pengucapannya. Awalnya tertarik dengan melodinya yang asyik, kemudian mulai mendengarkan lagunya dan mencoba menyanyikannya. Nah, dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan dengan adanya jaringan internet saat ini, kamu bisa mencari lagu berbahasa Inggris yang kamu suka, kemudian coba cari liriknya dan coba nyanyikan lagunya sambil membaca lirik yang ada. Hal ini bisa membantu kamu untuk melatih pronounciation kamu, sehingga pengucapan dalam bahasa Inggrismu bisa lebih cepat dan baik. Kemudian untuk menambah pengetahuan vocabulary kamu bisa mencoba mencari tahu arti lirik tersebut menggunakan kamus atau google terjemahan yang sangat mudah digunakan saat ini. Melalui kegiatan ini ada 3 skills yang bisa kamu pelajari, pertama adalah listening atau mendengarkan, pronounciation atau pengucapan, dan yang ketiga kamu bisa belajar untuk menerjemahkan arti dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

2. Menonton film berbahasa Inggris

Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Photo by JESHOOTS.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Kedua, bagi kamu yang suka menonton film, kamu bisa menggunakan kegemaranmu ini untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu. Tapi, filmnya yang berbahasa Inggris juga ya! Nah, caranya begini, bagi yang benar-benar masih awam, kamu bisa memulai dengan menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle Indonesia. Walaupun dengan subtitle bahasa Indonesia kamu bisa tetap belajar lho! Caranya dengan mendengarkan apa yang dikatakan para pemain film tersebut dan kalian coba mengingat beberapa kata dan artinya dulu. Tahapan berikutnya, dengan menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris. Mungkin agak susah ya, tapi dari sini kalian bisa belajar untuk mengartikan beberapa arti kata bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dengan cara menebak-nebak berdasarkan nada dan adegan dalam film. Selain kalian belajar mengartikannya, kalian juga bisa belajar cara pengucapan, penulisan, dan grammar yang real atau nyata digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

3. Membaca literature bahasa Inggris

Membaca buku

Membaca buku via https://www.pexels.com

Ketiga adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris. Coba carilah komik atau novel yang berbahasa Inggris karena dengan membaca maka kamu pun belajar untuk pengucapan, penulisan dan grammar atau tata bahasa. Kemudian, jangan artikan kata demi kata, tapi artikan berdasarkan konteks pembicaraannya. Jadi dalam menerjemahkan suatu kalimat, kalian harus melihat konteks yang terjadi dalam pembicaraan atau kalimat tersebut. Sebab ketika kalian mengartikannya perkata bisa jadi kalimat tersebut malah tidak memiliki arti, misalkan saja kalian mau mencoba menerjemahkan “Saya masuk angin” lalu, kalian mengartikannya perkata menjadi “I enter wind”, tidak masuk akal, maka dari itu kalian harus melihat konteksnya sehingga kalian bisa mengartikannya dengan baik dan benar. Misalnya, konteksnya kalian sakit atau masuk angin sehingga tidak dapat masuk sekolah, kalian bisa bisa “I am not feeling well today, so I can't go to school”. Nah, dari buku berbahasa Inggris yang kalian baca selain memperbanyak vocabulary, bisa juga membantu kalian dalam mengartikan suatu karya atau kalimat bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

4. Buatlah kamusmu sendiri

Photo by picjumbo.com from Pexels

Photo by picjumbo.com from Pexels via https://www.pexels.com

Keempat, buatlah kamus kalian sendiri. Dari beberapa hal yang telah disampaikan tersebut, kalian bisa menuliskan beberapa kosa kata yang menurut kalian cukup susah untuk diingat, sehingga kalian bisa menuliskan kosa kata tersebut dalam satu buku khusus beserta artinya yang nantinya bisa menjadi kamus kalian sendiri. Kalian bisa membuatnya sekreatif mungkin dan senyaman mungkin yang membuat kalian suka dan mudah mengingat kosa kata tersebut. Untuk melatih pronounciation kalian, kalian juga bisa berlatih tongue twister seperti dari yang simpel contohnya “I scream, you scream for ice cream”. Tongue twister ini akan membantu kalian dalam pengucapan.

5. Teruslan berlatih dan mencoba

berlatih di depan cermin

berlatih di depan cermin via https://www.pexels.com

Advertisement

Kelima, teruslah berlatih. Cobalah untuk menyanyi atau berbicara bahasa Inggris, kalau kalian masih malu untuk melakukannya bersama teman-teman kalian, kamu bisa memulainya dengan berlatih di depan cermin. Kamu bisa memulai dengan menyanyi lagu bahasa Inggris di depan cermin atau membuat suatu cerita dalam bahasa Inggris dan kamu menceritakannya di depan cermin. Kemudian coba bersama teman-teman kalian untuk berbincang-bincang dalam bahasa Inggris. Dalam tahapan ini kalian harus percaya diri dan jangan takut salah ataupun takut dibilang sok Inggris atau yang lainnya. Kemudian kalian jangan takut salah dalam grammar maupun pengucapannya, kalaupun kalian salah dan ada yang mengkoreksinya, itu hal yang bagus karena kalian bisa memperbaikinya dan menjadi lebih baik lagi.

6. Yakinlah bahwa kalian bisa melakukannya!

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Last but not least, dalam berbicara bahasa Inggris atau berkomunikasi dalam bahasa Inggris kunci utamanya adalah berani dan percaya diri. Jadi, grammar dan pengucapan itu adalah nomor sekian dalam komunikasi, yang utama adalah apa yang kalian sampaikan itu bisa dimengerti oleh yang lain dan kalian berani dan percaya diri untuk mencoba. Berani mencoba salah, mencoba memperbaikinya, dan terus mencoba untuk lebih baik lagi. Terima kasih

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya