Jika Anda telah mengikuti perawatan tetapi masih berjerawat atau cacat lain yang tidak diinginkan, bisa jadi Anda perlu mengubah kebiasaan Anda. Perawatan kulit yang baik tidak bergantung pada seberapa mahal produk Anda. Anda tidak perlu mengubah gaya hidup Anda, yang Anda butuhkan hanyalah memilih kebiasaan yang tepat. Inilah beberapa kebiasaan yang tanpa sadar buruk bagi kulita kita:

 

1. Tanpa sadar menyentuh wajahmu

Daily Routine

Daily Routine via https://google.com

Semua orang melakukan ini. Entah itu dorongan untuk menggaruk hidung Anda atau menyentuh jerawat yang mengganggu itu, atau hanya suka menyentuh wajah. Masalahnya, bakteri dari tangan Anda akan diangkut dengan mudah melalui jari-jari Anda dan kemudian menemukan jalannya ke kulit Anda atau luka terbuka. Menghentikan kebiasaan ini sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat. Jika Anda menemukan dorongan untuk menyentuh wajah Anda, hentikanlah.

2. Melewatkan sunscreen

Screen block

Screen block via https://google.com

Advertisement
Vitamin D sangat bagus untuk menjaga tubuh Anda sehat. Tapi jika terlalu banyak, justru dapat memiliki efek buruk pada kulit Anda. Sinar UVA dan UVB dari matahari menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik usia, dan dapat menyebabkan kekeringan. Pilih sunblock wajah dengan setidaknya SPF30 dengan formula spektrum luas untuk perlindungan tambahan.

 

3. Tidak melembapkan kulit yang rentan jerawat atau berminyak

Kulit berjerawat

Kulit berjerawat via https://google.com

Salah satu kesalahpahaman tentang berminyak dan jerawat adalah bahwa Anda tidak perlu menerapkan pelembab karena kulit Anda sudah ekstra berminyak. SALAH! 

Memiliki kulit yang rentan jerawat dan berminyak memberi Anda lebih banyak alasan untuk melembabkan. Produk-produk ini membantu melembabkan kulit Anda dan mengurangi kemerahan. Jika Anda memiliki jerawat atau kulit berminyak, pastikan untuk menggunakan pelembap non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori dan menghindari krim berat.
Advertisement

 

4. Menggunakan produk yang salah

Make up produk

Make up produk via https://google.com

Dengan banyaknya produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran saat ini, tidak mengherankan jika seseorang menjadi bingung. Tentu saja, krim pemutih tidak cukup. Ketika Anda berbelanja produk perawatan kulit baru untuk dicoba, jangan hanya melihat tulisan yang terkesan menggiurkan, tetapi kenali masalah yang ada pada wajah Anda sebelum Anda memasukkannya ke dalam keranjang belanja Anda.

 

5. Tidak membersihkan kuas makeup Anda

Dirty brushes

Dirty brushes via https://google.com

Selalu bersihkan your up make brushes. Dengan semua bakteri yang dikumpulkan dari wajah dan penyimpanan Anda, bersama dengan kotoran dan minyak; ini bukan kombinasi yang baik. Ada banyak kasus orang yang mendapatkan penyakit yang mengancam jiwa dari kuas makeup, Anda tidak ingin seperti meeka bukan? Setiap tiga minggu, sikat kuas make up Anda dengan sampo dan biarkan mengering dalam semalam. Ini adalah kebiasaan sederhana yang akan membuat kulit Anda tetap sehat.

 

6. Anda terkelupas terlalu banyak

Eksfoliasi

Eksfoliasi via https://google.com

Ya, kulit bisa mengalami eksfoliasi berlebihan melalui pori-pori. Tapi eksfoliasi yang berlebihan dapat melucuti kulit Anda dari minyak alami yang dapat membuatnya kering dan rentan terhadap berjerawat. Jika Anda memiliki kebutuhan untuk terkelupas, tinggalkan setidaknya satu atau dua hari di antara pengelupasan.

 

7. Tidak cukup tidur

Begadang

Begadang via https://google.com

Entah karena menonton drama Korea favorit Anda atau belajar untuk ujian, begadang adalah kebiasaan yang harus kita singkirkan. Tidak mendapatkan jumlah tidur yang layak malah stres yang  didapat, pada gilirannya, dapat menyebabkan jerawat, psoriasis, dan eksim. Tidur adalah saat tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri. Memutuskan siklus itu bisa mengacaukan aliran darah kulit Anda.

 
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya