Hollywood memang nama sebuah distrik di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun, nama/istilah ini juga dapat gunakan untuk menyebut aktifitas industri perfilman yang kini jadi salah satu tolak ukur di dunia. Banyak aktor/aktris di dunia yang menjajal karirnya di sana. Termasuklah bintang-bintang dari Inggris Raya yang kemudian sukses di hollywood dan kini terkenal hingga ke seluruh dunia.

Yuk, saya ajak kalian untuk mengenal beberapa kota kelahiran bintang-bintang besar dunia tersebut. Siapa tahu, salah satunya idolamu dan kamu jadi tertarik untuk mendatangi kota kelahiran idolamu itu. Iya, kan?

1. Birmingham

Kota Birmingham

Kota Birmingham via https://www.anglotopia.net

Birmingham adalah kota dan wilayah metropolitan yang berada di West Midlands, Inggris. Terdapat Sungai Rea kecil di kota terpadat dan terbesar di luar London ini. Padahal, awalnya Birmingham adalah daerah terpencil. Namun, keberadaan sungai yang subur dan mudah diakses buat kota ini berkembang.

Advertisement

Beberapa objek wisata juga terdapat di sini. Misalnya saja Cadbury World, Birmingham Back, Symphony Hall, Museum Soho dan Museum Birmingham dan bagi yang suka alam, dapat berjalan-jalan ke Lickey Hills atau Cannon Hill yang punya pemandangan indah.

Lantas, siapa bintang Hollywood yang lahir di sini? Dia adalah Felicity Jones, bintang muda yang bermain di film The Amazing Spider-Man 2 dan makin bersinar karirnya pasca membintangi The Theory of Everything yang membuat ia mendapatkan nominasi Oscar sebagai aktris terbaik.

2. Glasgow

Keindahan kota Glasgow

Keindahan kota Glasgow via http://www.heraldscotland.com

Glasgow merupakan kota terbesar di Skotlandia dan terpadat ketiga di Britania Raya. Kota yang tumbuh dari pemukiman pedesaan kecil di Sungai Clyde ini kini menjadi kota pelabuhan terbesar di Inggris dan pernah jadi pusat perdagangan transatlantik utama Inggris dengan Amerika Utara dan Hindia Barat.

Advertisement

Inilah kota keempat terbanyak yang dikunjungi wisatawan seantero Inggris. Terang saja, banyak objek wisata menarik di sini. Misalnya saja Pollok House, Kelvingrove Art Gallery, Striling Castle, Scottish Highlands dan masih banyak lagi. Glasgow adalah kota kelahiran James McAvoy, si peraih penghargaan aktor terbaik di BAFTA atas perannya di film The Last King of Scotland. Sosok tokoh lain yang melekat pada James McAvoy adalah perannya sebagai Profesor Charles Xavier di X-men.

3. Cheshire

Keunikan kota Cheshire

Keunikan kota Cheshire via https://i2-prod.mirror.co.uk

Chesthire adalah sebuah county di North West England yang merupakan kota terbesar di Warrington. Nama Cheshire pertama kali tercatat sebagai Legeceasterscir di kronik Anglo-Saxon di tahun 980. Namun seiring perkembangan, nama tersebut disederhanakan hingga jadi seperti sekarang. Kota ini dipenuhi bangunan tua yang indah. Sebut saja Chester Catherdral, Little Moreton Hall, Eastgate Clock, St Mary’s Church dan Church of St Peter. Jika mau wisata alam, wajib banget ke Dee Valley yang punya pemandangan indah.

Inilah kota kelahiran Daniel Craig, si pemeran James Bond di empat seri terakhir film tokoh rekaan Ian Fleming itu. Tahu dong kalau dia pernah dapat penghargaan aktor terbaik di Empire Award melalui perannya sebagai agen rahasia itu?

4. Berkshire

Kemegahan Kastil Windsor

Kemegahan Kastil Windsor via https://secure.i.telegraph.co.uk

Berkshire adalah sebuah county di Tenggara Inggris. Merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan bahkan diakui oleh Ratu sebagai Royal County of Berkshire pada tahun 1957 karena adanya Windsor Castle, kastil tua yang dibangun pada abad ke-11.

Selain Kastil Windsor ada juga Kastil Highclere yang bentuknya bak istana. Bangunan lain yang keren adalah St.Geogre’s Chapel yang dibangun pada abad ke-14 oleh Raja Edward III. Di kawasan kastil ini juga ada tamannya –Windsor Great Park. Taman lain yang juga ada di Berkshire adalah Welford Park dan Black Park.

Sudah nonton film The Reader yang bikin panas dingin itu? Aha, pemeran utamanya–Kate Winslet, lahir di kota Berkshire ini. Aktris peraih 7 nominasi Academy Award (dan memenangkannya di film The Reader) ini lebih dikenal akan perannya sebagai Rose Dewitt Bukater di film Titanic.

5. Suffolk

Kawasan subur yang berbatasan dengan perbukitan ini bernama Suffolk dan merupakan county asal Anglian Timur. Pada awalnya, Suffolk dibagi menjadi 4 divisi wilayah yang terpisah. Namun, pada tahun 1860, jumlah divisi dikurangi setengahnya yakni hanya tersisa jadi divisi timur (yang dikelola di Ipswich) dan divisi barat (dikelola di Bury St.Edmunds).

Suffolk adalah kota patung. Banyak patung-patung bersejarah yang jadi incaran wisatawan. Misalnya saja The Giles statue, Cardinal Thomas Wolsey statue, The Major statue, The Trawlerman statue, dan beberapa lainnya. Kota ini juga penuh dengan bangunan tua, seperti Gereja Long Melford dan Gereja St. Edmund.

Di kota inilah Ralph Fiennes dilahirkan. Pemain film Schindler’s List, Maid in Manhattan, The Hurt Locker dan Skyfall ini paling dikenal perannya sebagai Lord Voldemort di Harry Potter series.

6. Durham

Katedral Durham

Katedral Durham via https://www.dur.ac.uk

Durham merupakan salah satu kota besejarah dan merupakan pusat ziarah di abad pertengahan. Hal ini terkait dengan keberadaan Katedral Norman atau disebut juga Katedral Durham yang sudah dibangun pada abad ke-11 yang terdaftar di Situs Warisan Dunia yang dilindungi UNESCO.

Terdapat beberapa landmark di kota ini. Misalnya saja Neptune Statue, Marquess of Londonderry’s Statue dan War Memorial Cross. Bagi yang suka museum, di Durham juga terdapat beberapa museum yang keren. Misalnya saja Oriental Museum, National Museum of the Royal Navy Hartlepool dan Killhope Lead Mining Museum.

Familiar dengan nama Rowan Atkinson? Tidak? Hmm, bagaimana dengan nama Mr.Bean? pasti tahu! Nah, Durham adalah kota kelahirannya. Walau sering berakting konyol, atas dedikasinya, Rowan sendiri sudah mendapatkan penghargaan Commander of the Order of the British Empire (CBE) dan Order of the British Empire (OBE) dari Kerajaan Inggris. Keren, kan!

Masih banyak lagi kota-kota di Inggris yang jadi tempat kelahiran aktor/aktris Hollywood. Misalnya saja kota Yorkshire (Ben Kingsley & Sean Bean), Gloucester (Simon Pegg), Pembrokeshire (Christian Bale), Fulham (Daniel Radcliffe), Hampshire (Colin Firth), Margam (Anthony Hopkins), Swansea (Catherine Zeta-Jones), Cleveland (Jamie Bell) dan tentu saja London (Michael Caine, Daniel Day-Lewis, Emilia Clarke, Rachel Weisz, Kate Beckinsale, Gary Oldman, Tom Hardy, Helena Botham Carter, Carey Mulligan, Eddie Redmayne dan masih banyak lagi).

Banyak ya ternyata bintang Hollywood kelahiran Inggris Raya. Lalu, siapa bintang favoritmu? Tertarik untuk mengunjungi kota kelahirannya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya