Ini Kenapa Kamu Harus Menulis untuk Menghilangkan Galau di dalam Hatimu

Menulis bisa membuatmu lebih bahagia~

Kalau sedang galau atau sedih, apa yang sering kamu lakukan? Nangis sampai air mata habis dan mata bengkak terus wajah jadi enggak oke? Atau curhat sampai berbusa-busa sama sahabat? Atau justru makan banyak sampai rencana dietmu berantakan?

Cara-cara itu belum tentu membantumu melupakan masalahmu. Bisa saja malah membuat masalah baru. Sahabat yang kamu curhatin bisa jadi ember yang menceritakan masalahmu kemana-mana, nangis bikin wajahmu bengkak, dan makan kebanyakan bikin kamu enggak sehat.

Ada cara ampuh untuk mengobati galau dan sedihmu, yakni menulis. Enggak percaya? Ini kenapa kamu harus menulis untuk menghilangkan galau.

1. Menulis meluapkan segenap emosi yang terpendam

coffee-cup-espresso-hands-food

coffee-cup-espresso-hands-food via https://pixabay.com

Advertisement

Lewat menulis, apa yang masih tertinggal dari perasaan dan pikiranmu bisa tertuang di buku atau laptop. Kamu enggak perlu takut menyakiti orang lain atau ditertawakan saat cerita. Kamu tuliskan saja apa perasaanmu dan itu sudah jadi semacam terapi untuk kegalauan dan sedih yang kamu alami

2. Tiba-tiba dapat ide untuk memecahkan masalah

writing-write-person-paperwork

writing-write-person-paperwork via https://pixabay.com

Saat galau, pikiran biasanya buntu, sehingga kamu merasa enggak tahu harus berbuat apa. Dengan menulis, separuh masalahmu hilang sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih. Masalah yang tadinya terasa berat, kini dirasa ringan. Dengan pikiran yang lebih cemerlang, masa depan bisa kamu raih dengan gemilang.

3. Menulis melatihmu lebih sabar

smiley-emoticon-anger-angry

smiley-emoticon-anger-angry via https://pixabay.com

Banyak tantangan dalam menulis, mulai dari kendala teknis dan non teknis. Kebayang kan, udah mengetik satu dua halaman di laptop tiba-tiba laptop mati dan tulisan belum di-save? Padahal ide lagi lancar-lancarnya mengalir. Atau lagi mulis diary, tiba-tiba tinta pulpen habis. Keseeel kan? Pasti. Tapi, kalau kamu bisa menjalaninya, kamu juga bisa menjalani kehidupan.

Advertisement

4. Peluang dapat penghasilan

money-coin-investment-business

money-coin-investment-business via https://pixabay.com

Jangan remehkan menulis dan profesi penulis. Siapa tau, kisah galaumu bisa jadi sumber inspirasi dan menarik untuk ditulis. Tulisanmu dimuat di majalah atau surat kabar atau bahkan dilirik penerbit. Kamu bukan hanya punya sumber penghasilan, tapi namamu juga dikenal. Tidak jarang, penulis diundang ke berbagai tempat untuk mengisi acara atau workshop. Jalan menuju ketenaran terpampang nyata.

5. Kepercayaan dirimu meningkat

chalkboard-story-blogging-believe-620316

chalkboard-story-blogging-believe-620316 via https://pixabay.com

Kamu sudah menulis, masalahmu sedikit berkurang, kamu bahkan bisa mengubahnya menjadi rupiah. Kepercayaan dirimu pasti meningkat. Kamu lebih bahagia sekarang. Galau dan sedih yang melanda pun tak lagi ada dalam dirimu.

Kini, saatnya kamu berbagi dengan orang lain. Ajak temanmu menulis. Mereka yang galau, sedih, punya banyak ide, tua, muda, jomblo, menikah, semua bisa menulis. Selain dapat berkah berbagi kebaikan, ketemu teman sesama penulis juga membuatmu lebih bahagia lho. Nggak percaya? Coba saja. #SemuaBisaJadiPenulis

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE