Gimana kawan, setelah 17-an kemarin udah ngerasa “merdeka”? atau masih punya ganjalan karena ada segudang mimpi yang belum terlampaui serta jodoh yang belum datang menemani?

Tenang, artikel berikut ini bakalan ngupas pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil dari 6 permainan yang sering diadain waktu 17an. Kali aja bisa bantu buat merjuangin mimpi – dan khususnya jodoh – kalian.

1. Lomba Panjat Pinang

Panjat Pinang via https://c1.staticflickr.com

Ada yang pernah ikutan lomba panjat pinang? Kalau iya, berarti kalian seumuran sama bapak-bapak di kampung sebelah. Haha. Yap, lomba ini emang biasanya di ikutin sama orangtua karena mungkin remaja atau pemudanya gengsi buat kotor-kotoran pake oli yang dilumurin ke pohon jambe (pinang)nya kali ya.

Nah, kalau digali lebih lanjut dalam perlombaan panjat pinang ini banyak loh pelajaran yang bisa kalian ambil ketika ingin menggapai mimpi. Hadiah yang dipasang di ujung pinang itu ibarat mimpi yang akan kita gapai. Semakin tinggi pinangnya, semakin sulit pula kita mendapatkannya. Tapi justru disitulah ”seninya”. Coba deh bayangin kalau pinangnya cuma setinggi udel jerapah, sambil kayang juga bisa kali bang!

So, jangan berputus asa kalau mimpi kita masih ada yang belum tercapai. Itu artinya, mimpi kita ada ditempat yang tinggi dan hanya orang-orang yang pantang menyerah aja yang mampu meraihnya.

Advertisement

Jadi emang kudu saling bantu!

Terus ada lagi nih, lomba panjat pinang itu biasanya dilakuin sama banyak orang. Pesan dibalik itu ialah bahwa terkadang buat ngedapetin tujuan, kita perlu bantuan orang lain. Nggak usah banyak gengsi, kan kita emang dari sononya diciptain sebagai makhluk sosial. Jadi emang kudu saling bantu!. Asal pas udah dapet inget sama yang bantu loh ya! Jangan jadi kacang lupa sama telur kulitnya.

2. Lomba Lari Kelereng

Lomba Lari Kelereng via https://wikimedia.org

Pada lomba yang satu ini, kalian dituntut buat fokus atau konsentrasi ke sendok dan kelereng yang dibawa. Fokus adalah salah syarat wajib buat kalian yang benar-benar pingin meraih mimpi. Bayangin aja kalau kalian enggak fokus sudah pasti hasilnya akan kacau. Kalian bisa tertinggal dari rival kalian atau bahkan mimpi kalian enggak tercapai. So, keep calm n stay focus!

Nah, buat bisa menangin lomba ini kalian perlu trik-trik khusus. Salah satu triknya adalah dengan menggigit sendok di pinggir mulut!. Udah pernah coba? Pastinya trik ini bakal bikin gigitan kalian lebih kuat dan stabil. Selain itu fokus mata enggak melulu ke sendok dan kelereng.

Intinya, ketika ingin menggapai suatu mimpi carilah ‘trik-trik’ yang bikin kalian lebih cepat ngeraihnya. Asal, ‘trik-trik’ yang kalian lakuin jangan sampai ngelanggar aturan ya!

3. Lomba Tarik Tambang

Tarik Tambang via https://upload.wikimedia.org

Lomba yang sering diadakan pas 17an berikutnya adalah lomba tarik tambang. Biasanya nih, setiap kelompok diisi dengan 4-5 orang. Buat memenangin lomba tarik tambang ini sebenarnya cukup mudah, tempatin anggota grup yang punya tenaga paling gede (biasanya yang paling gendut, hehe) dibagian depan bukan dibelakang, doilah ‘kunci’ yang akan menahan dan menarik lawan dilomba ini.

Filosofi (etdah bahasanya) dari lomba ini cocok banget diterapin buat kalian yang punya mimpi bersama. Kaya organisasi, perkumpulan atau perusahaan gitu. Kalian harus pinter-pinter main strategi dan kekompakkan buat mencapai target (tujuan) bersama.

4. Lomba Joget Balon

Lomba Joget Balon via https://i.ytimg.com

Kalau lomba sebelumnya perlu banyak orang supaya bisa berhasil, lomba joget balon ini cuma butuh kamu dan dia. Sikap pengertian antara kedua pemain sangatlah dibutuhkan. Sifat balon yang licin dan mudah geser jadi bikin para pemain nggak mudah buat ngapitnya.

Harusnya kedua hal tersebut dapat kita seimbangkan

Selain pengertian, pelajaran lain yang bisa juga kalian maknai lomba dari ini adalah sebagai berikut.

Yang namanya manusia pasti punya logika sama perasaan. Sering juga kan denger kalau cowok lebih condong ke logika dan cewek sebaliknya, lebih condong ke perasaan. Nah, keduanya – yakni logika dan perasaan – inilah yang mengapit keinginan buat menggapai mimpi kita. Harusnya kedua hal tersebut dapat kita seimbangkan biar jalannya keinginan nggak berat sebelah.

5. Lomba Pecah Air

Satu-satunya cara biar bisa memecahin Air dalam plastik yang menjadi tujuan kalian adalah dengan terus bergerak. Apabila hanya diam di tempat saja, nggak akan bakal bisa air itu terpecahkan.

Kemudian, kalau kalian pernah ikutan lomba ini pasti sering denger suara-suara dari orang disekitar, baik itu yang bertujuan buat bantu, atau malah “ngegoda” kita biar nggak sampe ke tujuan. Begitulah, hidup kawan. Kalau kalian punya mimpi

pasti ada aja orang yang komentar,

meski pasti ada pula yang mendukung. Nah, sikap waktu ngadepin kondisi yang kaya demikian adalah dengan tidak berlebihan ngeresponnya ‘n tetep ngikutin apa kata hati nurani. Bukan nurani tetangga sebelah loh ya! Percaya deh kalian pasti bakal sampe ke tujuan.

6. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk via https://upload.wikimedia.org

Ini nih, lomba ”legendaris” nan seru abis, lomba makan kerupuk. Tahu nggak kenapa Lomba yang murah meriah tapi tetep bikin penonton riuh ini, selalu nongol pas 17an? Kalau kalian udah pernah baca sejarah lomba ini pastinya tau alasannya. Yap, lomba ini sebagai salah satu ajang buat meringatin perjuangan masyarakat indonesia di masa penjajahan. Secara kan (sebagian) masyarakat Indonesia kala itu, lauk makannya kerupuk.

Lewat lomba kerupuk, masyarakat zaman ini diharapkan bisa lebih banyak bersyukur …

Lah terus apa hubungannya sama ngejar mimpi?

Bentar dulu, itu belum selesai. 😀

Selain bersyukur, kalian juga bisa belajar untuk lebih percaya diri lewat lomba ini. Kok bisa begitu?

Pernah liat nggak, ada orang yang ikutan lomba makan kerupuk tapi agak jaim-jaim gitu. Pastinya bakal ketinggalan jauh sama yang pasang muka “masa bodo”.

Kira-kira begitulah kalau kita ngejar mimpi pakai jaim (setengah-setengah ngejalaninya) kemungkinan besar bakal keselip sama orang lain.

Jadi kerahkan seluruh kemampuanmu buat ngedapetin mimpi – dan jodoh– mu! Eh.