Ini Nih Pentingnya Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja dan Cara Cepat Mengembangkannya

Intip cara cepat kembangkan skill komunikasi di tempat kerja

Komunikasi bukan sekedar proses pertukaran pesan yang umum terjadi di masyarakat. Lebih dari itu, komunikasi jadi kunci yang memudahkan aktivitas kita sebagai manusia, termasuk bekerja. Dikutip laman Efectico, riset yang dilakukan oleh US Company Gartner menunjukkan 70 persen kesalahan dalam perusahaan disebabkan oleh komunikasi yang kurang baik.

Di tempat kerja komunikasi jadi salah satu aset penting yang membawa perusahaan untuk berkembang, begitupun pekerjanya. Komunikasi yang baik bikin setiap tujuanmu lebih cepat dicapai, meningkatkan kerja sama tim, bahkan bisa memperluas relasi untuk tingkatkan peluang karir.

Terus, gimana sih cara ngasah skill komunikasi yang baik di tempat kerja? Kita rangkum cara cepatnya kedalam 5 poin di bawah ini.

Advertisement

1. Posisikan diri jadi pendengar yang baik

Photo by pressfoto via freepik

Photo by pressfoto via freepik via https://www.freepik.com

Mendengar itu gampang, jadi pendengar yang baik bagi sebagian orang itu yang susah. Indera pendengaran kita selalu siap kok menerima suara yang masuk, tapi sikap kita yang terkadang nggak siap mendengarkan apa yang orang lain sampaikan.

Mulailah menyimak dengan baik pesan yang disampaikan orang-orang di lingkungan kerjamu, jangan memotong saat dia berbicara.

Advertisement

Sebelum merespon pesan, pastikan kamu sudah benar-benar mendengar dan memahami apa yang orang lain katakan. Kalau belum, tanyakan sampai kamu menyerap maksud yang ia sampaikan.

2. Persiapkan apa yang mau disampaikan

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via https://www.freepik.com

“Think before you speak” ungkapan ini sudah seharusnya kamu terapkan dimanapun, bukan cuma di lingkungan kerja.

Sebuah komunikasi akan lebih efektif jika kamu menyiapkan pesan yang mau disampaikan sebelumnya, memikirkannya dengan jelas, merumuskan kalimat dan tujuan yang mau kamu dapatkan dari percakapan tersebut.

Advertisement

3. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via https://www.freepik.com

Dari awal sampai akhir percakapan pakailah kata yang mudah dipahami, agar lawan bicaramu bisa mengerti apa yang kamu sampaikan.
Jangan gunakan istilah yang nggak umum dimengerti banyak orang. Seperti bahasa gaul, pesan teks yang disingkat-singkat, atau akronim yang awam didengar. Sampaikan pesanmu se-clear mungkin, baik dari segi kata, pelafalan, sampai intonasi.

4. Perhatikan juga bahasa tubuh

Photo by jcomp via freepik

Photo by jcomp via freepik via https://www.freepik.com

Bahasa tubuh juga nggak kalah penting sebagai bentuk komunikasi nonverbal yang perlu kamu perhatikan. Bahasa tubuhmu juga bisa dimaknai si lawan bicara.

Misalnya saat interview kerja, kamu terus menundukkan kepala dan nggak mau menatap pewawancara di hadapanmu, kamu bisa dinilai nggak punya kepercayaan diri bahkan tidak menghormati lawan bicaramu.

5. Sesuaikan gaya bicara dengan lawan bicaramu

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via https://www.freepik.com

Setiap orang yang kamu temui di kantor punya karakter dan latar belakang yang berbeda. Sebelum berinteraksi dengan mereka, pahami dulu siapa dan bagaimana kondisinya.

Saat berbicara dengan atasan dan rekan kerja setara jabatan pasti beda dong gaya bicaranya. Biarpun komunikasi sama rekan yang lebih muda atau jabatannya ada di bawahmu, tetap pegang nilai sopan santun dan hargai semua lawan bicaramu.

 

Kamu juga harus bisa membaca situasi saat berkomunikasi dengan orang di kantor. Misal ia lagi sibuk-sibuknya dengan pekerjaan dan deadline, beri dia waktu menyelesaikannya terlebih dulu sebelum kamu ajak bicara.

Itu tadi 5 cara cepat mengasah skill komunikasimu di tempat kerja. Dapatkan info lowongan pekerjaan dan bangun rencana karirmu bareng TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE