Ini Soft Skill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan Usai Pandemi, Wajib Kamu Siapin!

5 Soft skill yang dibutuhkan perusahaan usai pandemi

Soft skill merupakan kemampuan yang sifatnya non teknis pada diri seseorang yang mempengaruhi hubungan dan interaksi dalam kehidupannya, termasuk saat memasuki dunia kerja.

Dalam presentasinya di SHRM Talent Conference 2020, Susan Collins, Director of Talent Acquisition and Employer Branding Talbots, membagikan fakta terkait pentingnya soft skill di mata perusahaan.

97% pengusaha yang disurvei mengatakan bahwa soft skill sama pentingnya atau lebih penting dibandingkan hard skill. 89% kegagalan karyawan pada 18 bulan pertama juga disebabkan karena kurangnya soft skill, seperti profesionalisme atau kemampuan untuk bergaul dengan orang lain.

Pandemi covid-19 membawa banyak perubahan dalam dunia kerja, termasuk peran soft skill yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja karyawan. Nah, biar lebih siap hadapi persaingan kerja pasca pandemi, ada beberapa soft skill yang wajib kamu kembangkan.

Advertisement

1. Kemampuan beradaptasi

Photo by NIKCOA via shutterstock

Photo by NIKCOA via shutterstock via http://shutterstock.com

Lingkungan dan kondisi kerja yang ada sekarang akan terus berkembang dalam hitungan bulan dan tahun. Perubahan kondisi ini merupakan bagian dari era digital baru. Kedatangan pandemi covid-19 membuat perubahan itu terjadi lebih cepat.

Mau nggak mau, karyawan harus mempunyai kemampuan adaptif agar terus bertahan di dunia kerja. Kemampuan ini juga harus dibarengi dengan keinginan untuk terus mengembangkan hard skill yang bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan online.

Advertisement

2. Empati

Photo by Nattakorn_Maneerat via shutterstock

Photo by Nattakorn_Maneerat via shutterstock via http://shutterstock.com

Empati juga termasuk soft skill penting yang dibutuhkan seseorang ketika terjun dunia kerja. Bahkan soft skill ini juga bermanfaat selama hidup kita sebagai makhluk sosial.

Empati akan membantu kita membaca individu, lingkungan, dan situasi. Terlebih di kondisi pandemi sekarang, rasa empati memiliki arti lebih dalam mengingat pandemi yang terus memakan korban, dampak mental, dan menurunnya angka kesejahteraan.

3. Kecerdasan emosional

Photo by fizkes via shutterstock

Photo by fizkes via shutterstock via http://shutterstock.com

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah kemampuan memahami dan mengelola emosi diri dan orang-orang di lingkungannya.

Orang dengan kecerdasan emosional tahu apa yang mereka rasakan, bagaimana mengendalikan emosinya, dan bagaimana emosi itu dapat mempengaruhi orang lain.

Dalam dunia kerja, kita akan berurusan dengan banyak orang, karena itu penting memahami perasaan orang lain untuk menjalin hubungan kerja yang baik.

4. Komunikasi yang efektif

Photo by Shutter.B via shutterstock

Photo by Shutter.B via shutterstock via http://shutterstock.com

Nggak bisa dipungkiri, dalam dunia kerja komunikasi jadi kunci utama yang mendukung semua tujuan. Komunikasi yang efektif jadi salah satu soft skill yang akan terus dibutuhkan.

Tanpa komunikasi seorang karyawan tidak akan pernah tau apa tugas dan tanggung jawabnya. Tanpa komunikasi juga pengusaha nggak akan pernah bisa menggaet bisnis lain untuk berkolaborasi dan mengembangkan bisnisnya.

5. Kreatif dan inovatif

Photo by Tirachard Kumtanom via shutterstock

Photo by Tirachard Kumtanom via shutterstock via http://shutterstock.com

Selanjutnya yang juga penting dimiliki di era adaptasi adalah kreativitas dan inovasi. Selama masa adaptasi kita ada dalam kondisi yang serba nggak pasti, anggaran perusahaan diperketat, perusahaan juga sangat hati-hati mengambil langkah dan mengeluarkan biaya.

Perusahaan membutuhkan karyawan yang datang dengan membawa inovasi dan ide-ide kreatif. Untuk mengasah soft skill ini, cobalah lebih terbuka dengan dunia luar, selalu penasaran dengan hal-hal baru, dan bangun lingkungan yang kreatif, seperti gabung komunitas, dan lain-lain.

Buat kamu yang masih ngerasa kurang di 5 soft skill di atas, yuk mulai sekarang asah dan kembangkan, biar jadi talenta yang diinginkan perusahaan. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE