Mengalami Budaya, Peradaban dan Keindahan UK dengan Tinggal di sana, Bukan Sebagai Turis

Amazing! Mungkin itu adalah representasi kata yang tepat menggambarkan United Kingdom setelah mengalaminya selama 21 bulan tinggal disana untuk studi master 2015-2016. Sebuah pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan. Bukan tanpa alasan mengingat setiap sendi kehidupan disana, atmosfirnya, masyarakatnya, transportasinya, sepakbolanya, panoramanya, pendidikannya, cuacanya, dan elemen lainnya masih sangat membekas di ingatan. Ingin rasanya mengulang kembali menyapa sejenak United Kingdom. Dengan uang pas-pasan sebagai pelajar disana, saya bisa berkeliling UK pada saat weekend atau break kuliah.

Memang saat berkunjung ke UK, kebanyakan orang Indonesia akan memilih Inggris sebagai destinasi kunjungan mereka. Tetapi sebenarnya UK terdiri dari 4 negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara. Inggris memang menjadi sangat populer, namun ketiga negara lainnya tidak kalah menarik.

Tanpa terasa dengan menuliskan artikel ini, saya kembali bernostalgia akan setiap senti pengalaman yang masih sangat segar dalam benak saya. Penasaran? Begini ceritanya.

1. Genta Big Ben

Berdiri kokoh, menara yang memiliki jam berbobot 13 ton (13.760 kilogram). Gentanya sangat membahana menembus lalu-lintas London yang sibuk dan atap-atap rumah. Pertama sekali melihat menara ini saya sampai terpukau akan ikon Inggris yang mempesona sampai ke seluruh dunia. Saya sampai belum percaya bahwa saya sedang berada di Kota London saat itu sampai saya menangkap kilasan Big Ben dari seberang Sungai Thames.

Sambil menyusuri Jembatan Westminster, saya pun terhenti di seberang sungai Thames. Wow! Saya akhirnya dengan sangat jelas melihat betapa kokoh dan megahnya The Great Bell yang dulu sering saya lihat di film Notting Hill dan Bridget Jones's Diary. Sangat indah. Saat itu adalah summer, sehingga jam 8 malam pun masih tampak seperti sore seperti yang ada di gambar di atas.

Advertisement

Saya dan putri saya pun berteriak girang menikmati panorama yang sungguh memukau. Kami bahkan menikmati secangkir teh di pinggir sungai tersebut untuk menikmati atmosfir yang sangat menakjubkan. Posisinya ada di London tengah yang dapat dicapai melalui kereta bawah tanah terdekat yaitu Waterloo.

2. Magnificent London Eye

Melihat London Eye di siang hari mungkin sudah biasa. Tapi begitu menakjubkan tampilan London Eye di malam hari membuat saya terpana. Foto tersebut sudah pukul 10.30 pm waktu summer. Hari mulai gelap mulai dari jam 09.30 pm. The Eye ini dibuka resmi untuk umum di tahun 2000 dan menjadi sangat terkenal di London. Saya pernah melihatnya sekilas di film The Fantastic Four.

Kehadirannya sangat futuristis di tepi sungai Thames. Hal ini membuat banyak wisatawan mengabadikan momen tersebut dari jembatan Westminster. Dari stasiun bawah tanah Waterloo, kita bisa sampai ke The Eye jalan kaki kurang dari 5 menit.

3. Historical Warwick Castle

Kemegahan Warwick Castle (Foto Pribadi)

Kemegahan Warwick Castle (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Advertisement

Warwick Castle saya kategorikan sebagai castle terbaik di Inggris. Saat itu kami tiba di Warwick pukul 10 pagi dan berjalan kaki ke castle tersebut selama 10 menit. Kami langsung terbuai dengan suasana countryside Inggris yang menyapa dengan begitu indahnya begitu kami menjejakkan kaki di sana. Saat itu masih spring sehingga masih adem adem dingin. Bahkan kami mengalami fluktuasi cuaca dari hujan sampai terik sekali, dari dingin sampai panas. Bukan sebuah hal baru di Inggris.

Castle ini dinobatkan sebagai yang terindah seantero Inggris. Bukan tanpa alasan mengingat areanya yang luas, arsitekturnya yang sangat Medieval. Saat tiba di lokasi, biasanya di tiket box akan diberikan peta lokasi dan pertunjukan yang bisa dinkmati selama visit serta jadwalnya. Castle nya benar-benar megah dan kokoh dan membuat kita hanyut ke era kerajaan.

Di dalam castle banyak museum yang bisa dinikmati terutama terkait sejarah dan miniatur tokoh-tokoh kenamaan Inggris. Juga terdapat Chapel, Great Hall dan State Rooms yang mengabadikan berbagai koleksi sejarah kerajaan seperti baju perang, pedang, lukisan, tempat tidur raja, alat memasak, penjara bawah tanah, dan sebagainya.

Saat itu kami menaiki menara yang sangat sempit dan terjal Guy's Tower. Cukup melelahkan karena anak tangga yang sangat terjal dan berputar pada menara. Tetapi setibanya di atas menara, semua terbayar dengan pemandangan kastil yang sungguh luar biasa seperti pada gambar. Luar biasa.

4. Thomas Land – Drayton Manor Theme Park

Thomas Land (Foto Pribadi)

Thomas Land (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Sebuah memori yang sangat tidak terlupakan ketika dreams come true mengunjungi Thomas Land di Drayton Manor Theme Park. Anak saya kerap kali membaca buku thomas land sejak kecil, bahkan beliau hafal semua tokoh kereta di Thomas Land tersebut. Akhirnya kami bisa mengunjungi area hiburan keluarga ini dengan penuh kegembiraan.

Para orangtua mungkin paham berbagai tokoh Thomas and friends yang sering dinikmati dilayar kaca atau buku. Bagi yang tidak paham, Thomas adalah sebuah kereta api yang tinggal di Pulau Sodor. Dia memiliki banyak teman kereta api lainnya serta kendaraan lainnya. Semua kereta tersebut dipimpin oleh seseorang yang biasa dipanggil dengan nama Pak Pengawas Gendut. Ada James, Percy, Gordon, Henry, Toby, Rosie dan lain sebagainya. Anak-anak dan orangtua bisa menikmati serunya bermain dan naik kereta idaman mereka di wahana ini. Seru sekali.

Tidak hanya menikmati tokoh Thomas dan teman-teman, kalian juga bisa menikmati kebun binatang disana yang terintegrasi dengan Thomas Land juga. Berbagai hewan dari berbagai negara yang dipelihara dengan sangat baik ada disana. Selanjutnya, ada juga outdoor playground yang sangat digemari anak-anak karena sangat luas dan dialasi serpihan kayu-kayu lembut. Permainan disini memang lebih banyak bersifat fun and educative, melatih keseimbangan dan keberanian anak.

Hal ini membuat semua yang bermain menyatu dengan alam. Sungguh mempesona sambil mendengarkan celotehan anak-anak yang sedang bermain kegirangan dan mendapatkan teman baru disana. Setelah itu, jika ingin mengetes adrenalin, boleh mampir menikmati berbagai wahana yang tidak kalah seru dengan wahana bermain di Ancol. Di dalam area ini juga terdapat hotel jika ingin menginap disana dan menikmati area yang luas ini sampai capek. Hehehe…

5. Awesome Liverpool

Liverpool (Foto Pribadi)

Liverpool (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Apa yang terlintas pertama di benak anda ketika mendengar Liverpool? Klub Bola? Yes. Terus? Beatles! Yesss. Itu dia. Para fans the Beatles di penjuru dunia akan dimanjakan sekali di kota ini. Bagaimana tidak?

Liverpool merupakan sebuah kota dan distrik berbalut metropolitan di Merseyside, Inggris. Letaknya persis di sebelah tebing timur Muara Sungai Mersey di bagian barat laut Inggris. Bagi saya ada 3 hal yang sangat berkesan selama berkunjung kesini: Beatles, Stadion Liverpool, dan Museum of Liverpool. Saya dan keluarga juga sempat berkunjung ke CAVERN, klub dimana The Beatles show pertama kali.

Di sepanjang lorong jalan tersebut juga banyak terdapat souvenir, bar, cafe, toko yang menjual berbagai hal terkait Beatles. Luar biasa. Para fans the beatles akan sangat sulit berpindah dari lokasi ini. Haha… Saya saja sampai 5 jam berada di lorong ini sambil kembali menikmati seluruh mahakarya The Beatles.

Setelah itu saya harus adil meladeni anak saya yang ingin bermain di Little Liverpool di dalam Museum Liverpool. Disana anak-anak digiring dan dituntun untuk mengenal Liverpool dan sejarahnya. Cara mereka mengedukasi anak-anak sangat enggaged karena mereka mengajak anak-anak bermain dengan hal-hal berbau Liverpool seperti kapal, pelabuhan, mobil, dan lain sebagainya. Again, fun dan educative menjadi berpadu dalam sebuah sebuah permainan. Museum ini sangat luas sampai-sampai kami tidak cukup waktu untuk berkeliling menikmati museum Liverpool.

Selanjutnya kami mengunjungi Liverpool stadion. You will never walk alone merupakan slogan mereka. Memang saya bukan fans berat klub ini, tetapi sangat bangga rasanya bisa menginjakkan kaki di stadion besar ini. Saat itu kami hendak tour stadion, tetapi karena sedang revonasi, kami hanya membeli merchendise Liverpool di tokonya.

6. Great Manchester

Stadion Manchester United (Foto Pribadi)

Stadion Manchester United (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Menginjakkan kaki di Kota ini membuat degup jantung saya sangat kencang tidak karuan. Berlebihan? Tidak. Saya adalah fans berat Manchester United. Hahaha. Sesederhana itu alasannya. Sehingga apa pun yang terkait dengan Manchester menjadi sangat menarik bagi saya. Manchester merupakan sebuah kota metropolitan di Inggris. Orang yang berasal dari Manchester dikenal dengan Mancunian.

Pertama sekali saya mengenal kota ini di Sekolah Dasar yaitu terkenal dengan Revolusi Industri di Inggris. Urbanisasi besar-besaran ke Manchesterdulu terjadi saat ledakan dalam pembangunan pabrik tekstil yang mengakibatkan kota ini menjadi kota industri pertama di dunia.

Manchester sangat terkenal dengan budaya, musik dan arsitektur serta olahraga. Siapa yang tidak kenal dengan Manchester United dan Manchester City? Klub bola raksasa Inggris yang ada di kota ini. Saat itu, saya langsung menuju stadion MU dan stadion tour. Sungguh sebuah pengalaman luar biasa. Masuk ke ruang ganti pemain, konferensi pers room, dan ruang persiapan.

Saya masih ingat hal-hal gila yang saya lakukan saat itu. Norak? Pasti. Tapi saya tidak peduli karena saya adalah fans berat klub ini. Setiap sudut stadion ini saya abadikan dalam gambar dan video. Bahkan di luar stadion juga saya tidak habis-habisnya menikmati Fergusson stadion ini. 7 jam saya habiskan waktu disini sambil memandang kemegahan dan atmosfir stadion klub ini. Sangat emosional karena memang seperti dalam mimpi.

7. Ancient Stonehenge

Stonehenge (Foto Pribadi)

Stonehenge (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Siapa yang pernah lihat IELTS book? Biasanya di covernya ada gambar Stonehenge. Hahaha. Objek wisata ini merupakan tempat yang sangat iconic di Inggris. Stonehenge adalah sebuah bangunan yang terletak dekat Amesbury yang dibangun pada zaman perunggu. Situs ini sangat terkenal di penjuru dunia. Bentuknya berupa lingkaran batu tegak yang berada dalam lingkup tembok tanah.

Para arkeolog masih berdebat terkait usia lingkaran batu ini, ada yang menyebutkan dibangun pada 3.000 SM ada yang mengatakan 2.000SM. Situs ini dan lingkungan di sekitarnya masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Situs ini wajib dikunjungi jika berkunjung ke Inggris.

8. History of England: YORK

York (Foto Pribadi)

York (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

York merupakan kota bersejarah yang dikenal dengan Wall City yang memiliki dua sungai Ouse dan Foss di Utara Yorkshire. Kota ini memiliki heritage tradisional yang sangat kaya. Kota ini memiliki peristiwa politik penting Inggris yang terjadi disini. Sehingga di dalam sebuah museum disebutkan The history of York is the history of England. Kota ini menawarkan atraksi wisata yang sangat menarik.

Yang paling menarik adalah York Minster. Adanya University of York menjadikan kota ini menjadi salah satu target bagi perusahaan untuk me-recruit pegawai.

9. Inverness

Inverness (Foto Pribadi)

Inverness (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Mungkin kota mungil ini tidak begitu populer di telinga orang Indonesia. Tetapi kota Inverness yang terletak di Higland Skotlandia ini merupakan kota yang paling saya cintai di antara semua kota di UK. Subjektif memang, tetapi setelah mengelilingi hampir 70% kota di UK, saya berani mengatakan bahwa kota ini menjadi salah satu yang paling indah di samping Edinburgh.

Kota ini dibelah oleh sungai Ness yang langsung bermuara ke Danau (Loch) Ness. Danau ini adalah sebuah danau yang memiliki panorama alam yang indah dan sekaligus menyimpan misteri yang belum terungkap sampai kini. Jika ingin menikmati udara kota yang segar dan nyaman, dengan tingkat polusi terendah di UK, maka Kota Inverness adalah jawabannya.

Kota Inverness merupakan kota yang sangat menarik untuk dikunjungi di dataran tinggi Scotland yang memiliki jarak tempuh sekitar 1 jam 45 menit menggunakan penerbangan udara dari London, atau sekitar 50 menit dari Kota Edinburgh dengan kereta.

10. Urquhart Castle

Urquhart Castle (Foto Pribadi)

Urquhart Castle (Foto Pribadi) via https://www.britannica.com

Dapat dibayangkan suhu -6 derajat celcius saat itu kami pun tetap mengunjungi Urquhart Castle, di Highland Skotlandia. Castle ini ada di samping Loch Ness dengan jarak tempuh 21km dari Inverness. Bagian utara atau Nether Bailey mencakup sebagian besar bangunan yang lebih utuh, termasuk gerbang, dan Menara Grant bertingkat lima di ujung utara Castle.

Dari castle ini, kita bisa melihat dengan jelas Loch Ness. Saya sampai memandangi danau dengan seksama sambil memperhatikan kali-kali Nessie muncul. Nessie adalah monster kuda laut yang menjadi misteri di danau itu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya