Waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik akan terbuang sia-sia. Bahkan tanpa disadari waktu liburmu tiba-tiba habis, padahal kamu nggak ngapa-ngapain. Nah, 5 langkah ini bisa kamu lakukan agar waktumu lebih berguna.

1. Susunlah jadwal harianmu

Ini merupakan langkah yang penting. Dengan menyusun jadwal kamu akan tahu apa yang harus dan akan kamu lakukan. Buatlah jadwal sesuai deadline yang ada. Jika kamu punya tugas atau kegiatan di tanggal tertentu, maka catatlah tanggalnya.

Kamu bisa menyicilnya jauh-jauh hari. Jadi kalau sudah waktunya hari H, kamu nggak terlalu ngebut untuk menyelesaikannya. Karena terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan tugas seringkali membuat hasilnya nggak maksimal.

2. Isi waktu luang dengan mengasah bakatmu

waktu luang

waktu luang via http://www.pexels.com

Advertisement

Kamu pasti punya bakat yang kadang mulai tertinggal karena kesibukan. Nah, kalau waktu lagi luang kamu bisa melatih bakatmu lagi. Ini merupakan salah satu investasi masa depan. Siapa tahu dengan bakatmu yang terus kamu asah, kamu bisa menjadi orang yang sukses nantinya.

3. Jangan lupa olahraga

Seringkali kita membuang-buang waktu untuk sekedar nonton drama, stalking, dan bermalas-malasan. Padahal kalian juga butuh olahraga untuk kesehatan tubuh. Olahraga nggak harus berat-berat.

Kalian bisa melakukan jogging di pagi hari saat libur. Kalau jonggingnya di taman bareng teman pasti lebih menyenangkan lagi. Sekalian cuci mata nih, siapa tahu ketemu jodoh.

4. Membaca buku

Advertisement

Sudah mulai dewasa, kira-kira berapa banyak buku yang sudah kamu baca saat ini? Baca buku penting banget nih buat kamu. Banyak ilmu yang bisa kamu dapat dari membaca buku. Banyak orang menjadi besar karena kecintaannya dengan buku.

Baca buku bisa menambah wawasan kamu. Biar nggak bosen baca bukunya bisa diiringi musik. Mau kemana-mana boleh banget bawa buku. Biar disela-sela waktu kegiatan nggak terbuang dengan sia-sia.

5. Mencari informasi untuk masa depanmu

informasi

informasi via http://www.pexels.com

Waktu luang yang tidak kamu isi dengan baik akan terbuang dengan sia-sia. Padahal, kamu sebagai anak muda pastinya masih mempunya cita-cita yang ingin kita wujudkan nantinya. Salah satu hal yang bisa disiapkan untuk mewujudkannya adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai masa depanmu.

Dengan demikian, kamu bisa menyiapkannya dengan baik mulai dari sekarang dan dan kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan. Misalnya kamu mau menjadi desainer pakaian, kamu bisa mulai dengan les menjahit dan mencari informasi desain-desain yang diminati saat ini serta cara pemasarannya.

Atau kamu yang nantinya mau lanjut kuliah S2 bisa mencari informasi mengenai jurusan dan kampus yang kamu ingingkan, serta apa saja syarat-syarat agar kalian diterima.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya