Kepulauan derawan merupakan kepulauan yagn berada di wilayah kabupaten berau, kalimantan timur. Kepulauan ini terkenal memiliki sejumlah objek wisata bahari yang menarik, salah satu seperti taman bawah laut yang cukup menarik banyak wisatawan lokal hingga mancanegara. Sedikitnya ada beberapa pulau yang berada di kepulauan derawan yang terkenal memiliki keindahan alamnya, seperti pulau maratua, derawan, sangalaki, dan kakaban.

Setiap wilayah derawan memiliki keanekaragaman pemandangan bawah laut yang indah.

Di luar keindahan alam derawan, ada makanan unik yang khas dari daerah kepulauan derawan ini. Beberapa makanan diantara mungkin tidak biasanya bagi sebagian besar dari kita. Tentu makanan ini tidak jauh dari ikonik derawan sebagai kepulauan.

Makanan apa sajakah itu?, berikut adalah 5 makanan khas derawan yang cocok Anda beli sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke derawan.

1. Tehe-tehe

Kuliner Nasional

Kuliner Nasional via http://kulinernasional.com

Cemilan yang satu ini mungkin salah satu cemilan ekstrim bagi sebagian orang. Terlihat dari tampilannya yang indah, makanan ini juga memiliki aroma yang menyerupai wangi pandan dan kelapa yang menyengat. Cemilan ini sangat cocok dinikmati di sore hari sembari memandangi terbenamnya matahari dari pulau ini. Biasanya cemilan ini dinikmati dengan campuran ketan, kelapa, dan gula putih untuk menambah cita rasa dari makanan ini.

Selain itu, cemilan ini juga biasanya dihidangkan menggunaakan kulit bulu babi untuk menambah rasa gurih dan manis dari makanannya.

2. Kima-kima

Kuliner Nasional

Kuliner Nasional via http://kulinernasional.com

Advertisement

Kima-kima merupakan salah satu jenis olahan laut yang cukup terkenal di Pulau Derawan. Ketika Anda pertama kali menginjakan kaki dan melewati beberapa rumah-rumah warga untuk menunju tempat wisata, Anda akan melihat jenis olahan laut ini.

Bentuknya seperti kerang laut yang dibuat dan diolah seperti ikan asin. Makanan ini juga dikeringkan terlebih dahulu selayaknya ikan asin. Untuk soal rasa itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan jajanan ini enak, tidak heran harganya yang tergolong mahal yaitu 50 ribu untuk 1 bungkus kima-kima yang beratnya sekitar 250 gram.

3. Elai

Kuliner Nasional

Kuliner Nasional via http://kulinernasional.com

Bagi kamu yang pecinta durian, saya rasa pasti menyukai makanan yang satu ini. Elasi merupakan salah satu jenis durian yang hanya tumbuh di wilayah Kalimantan. Dari luar memang bentuknya seperti durian pada umumnya. Hanya saja ketika Anda membelah makanan ini, Anda akan melihat isinya yang berwarna lebih oranye.

Advertisement

Soal rasa Anda tidak boleh kesampingkan, karena rasa yang lebih manis dari biasanya dan tekstur yang selembut durian menjamin kamu bakal ketagihan!

4. Kulabutan

Kuliner Nasional

Kuliner Nasional via http://kulinernasional.com

Pulau Derawan memang terkenal sebagai pulau yang sebagian besar makanannya dijemur. Sama halnya dengan makanan kulabutan. Jajanan yang bentuknya menyerupai cumi-cumi namun berukuran besar ini juga dikeringkan selayaknya beberapa makanan lainnya dari daerah ini.

Kulabutan ini biasanya disajikan di rumah makan, namun Anda juga bisa membeli makanan ini sebelum diolah. Harganya sekitar 100 ribuan, namun dirasa ini cukup sebanding dengan ukurannya yang cukup besar yang mungkin tidak dapat kamu makan sendirian.

5. Ikan asin Derawan

Kuliner Nasional

Kuliner Nasional via http://kulinernasional.com

Ikan asin bukanlah makanan khas dari Pulau Derawan. Namun ketika Anda menyempatkan untuk berwisata ke pulau ini, Anda sudah sewajibnya untuk membeli ikan asin dari pulau ini.

Ketika pertama kali berkunjung ke pulau ini, Anda akan melihat banyak warga yang menjajakan ikan asin yang digantung di kios-kios pinggir jalan atau akses ke tempat wisata di sana. Ikan yang dijual juga merupakan ikan asli tangkapan nelayan Pulau Derawan, sehingga kamu tidak hanya menikmati kelezatan olahan ikan asin saja, melainkan membantu perekonomian warga pulau ini.

Ikan asin yang mereka jajakan tidaklah mahal. Dengan uang 30 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membawa pulang ikan asing hingga 1 kilo. Murah bukan? Tidak hanya itu, ikan asin yang terkenal tidak menggunakan pengawet sehingga rasa dan tekstur akan jauh lebih alami.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya