Seiring perkembangan teknologi, membuat dampak pada peralihan kebutuhan yang menjadi lebih mudah. Misalnya dengan hadirnya beberapa startup yang membuat sebagian aktivitas kita dapat dilakukan jauh lebih mudah melalui internet atau gadget. Tidak hanya dari sisi itu saja, perkembangan teknologi itu juga terlihat dari evolusi pada alat komunikasi seluler yang canggih yaitu smartphone. Smartphone dari tahun ke tahun hingga saat ini terlihat mengalami banyak perubahaan yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

Kecanggihan dan kaya akan fitur ini pun sudah banyak disematkan pada berbagai jenis smartphone dengan harga dari cukup terjangkau hingga sulit terjangkau. Lalu kecanggihan apa sajakah itu?Berikut adalah 8 desain dan fitur yang mewakili kecanggihan perkembangan teknologi smartphone saat ini:

1. Jaringan 4G/LTE

4G/LTE Network

4G/LTE Network via http://woiden.com

4G atau fourth-generation technology merupakan pengembangan teknologi jaringan dari sebelumnya yaitu 3G dan 2G. Jaringan 4G memiliki dua standar jaringan yang umum kita temui di Indonesia yaitu 4G dan LTE (Long Term Evolution). Pada dasarnya Indonesia terbilang ketinggalan untuk urusan penggunaan jaringan 4G secara publik. Terlihat pada awalnya 4G hanya digunakan oleh PT FirstMedia pada tahun 2010, dan itu adalah satu-satunya perusahaan yang menerapkan jaringan tersebut. Sedangkan negara tetangga lainnya sudah menerapkan secara meluas dari 4 tahun sebelumnya.

Advertisement

Namun itu tidak perlu lagi kita permasalahkan, sebab akhir-akhir ini sudah banyak smartphone yang menggunakan 4G sebagai salah satu jaringan telekomunikasi yang disematkan. Sehingga saat ini kita sudah bisa merasa legah dengan mengunduh file besar tanpa emosi batin.

2. Layar Bazel-less/Edge

Bazel-less and Edge Screen

Bazel-less and Edge Screen via http://woiden.com

Bazel-less dan Edge merupakan kedua sisi desain layar yang berbeda namun sama-sama memiliki tampak yang menawan dan modern. Bazel-less merupakan desain layar penuh yang ditempatkan pada bagian utama atau bagian depan dalam sebuah smartphone. Desain ini biasanya akan mempersempit bagian sisi-sisi pinggiran layar seminim mungkin. Itulah mengapa pada smartphone desain bazel-less cenderung tidak memiliki tombol fisik pada bagian permukaannya untuk prioritas penempatan layar saja.

Desain bazel-less bisa kita lihat pada smartphone Samsung S8, Note 8, Umidigi S2 Pro, iPhone X, dan beberapa smartphone lainnya. Sedangkan Edge merupakan sisi layar cekung yang berada di sisi kiri dan kanan layar smartphone, seperti pada Samsung S7, S8 dan Note 8. Pada desain smartphone ini, sisi kiri dan kanan bahkan nyaris tanpa bazel terlihat dengan cekungan di pinggirannya.

3. Fingerprint/Touch ID

Fingerprint/Touch ID

Fingerprint/Touch ID via http://woiden.com

Advertisement

Istilah Touch ID pertama kali di perkenalkan oleh Apple sebagai salah satu fungsi unggulan yang mereka gunakan pada produks iPhone. Touch ID merupakan fitur rekognisi yang memiliki kemampuan untuk membaca dan mensinkronisasi garis sidik jari. Pada smartphone, fitur ini dimanfaatkan sebagai alat pengunci layar dan aplikasi. Dulu fitur ini hanya digunakan sebagai alat absensi pegawai di beberapa perkantoran, namun semakin perkembangan teknologi membuat fitur ini juga dimanfaatkan di sebuah perangkat telekomunikasi.

4. Fitur Face ID

Face ID

Face ID via http://woiden.com

Di tahun 2017, Apple kembali membuat kecanggihan teknologi smartphone yang cukup menarik. Fitur Face ID merupakan sistem rekognisi wajah yang diperkenalkan oleh Apple pada iPhone X. Fitur ini mampu mengenali konsep wajah dengan dua modul sensor yang ditanamkan di sebuah smartphone. Hampir serupa dengan Touch ID, fitur ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pengunci layar dan aplikasi. Saat ini fitur Face ID, tidak hanya dapat kita temui pada iPhone X. Namun juga pada Samsung S8, Note 8, Umidigi S2 Pro dan beberapa jenis smartphone lainnya.

5. Water Resistant/Splash

Water Splash/Resistant

Water Splash/Resistant via http://woiden.com

Fitur atau desain terakhir yang tidak kalah manfaatnya adalah desain perangkat dengan Water Resistant atau water splash. Keduanya memiliki makna yang hampir sama yaitu tahan air. Namun ada tingkatan yang membedakan keduanya. Water Splash merupakan desain yang memungkinkan smartphone aman terkena percikan atau siraman air secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya terkena air hujan, digenggam saat tangan yang basah atau apapun itu yang membuat perangkat Anda tersentuh cairan tanpa disengaja.

Sedangkan Water Resistant ini tingkatan tertinggi, di mana smartphone aman untuk di tenggelamkan atau dibiarkan berendam dalam wadah cairan dengan kedalaman dan durasi tertentu. Misalnya menggunakan handphone saat berenang atau mandi. Desain ini sangat amat mengisyaratkan kemajuan teknologi yang dulunya barang elektronik apapun itu diwaspadai untuk tidak terkena cairan sedikit-pun. Namun kini hal yang dulunya dianggap mustahil dapat dengan kasat mata kita temui.

6. Virtual Reality

Virtual Reality

Virtual Reality via http://woiden.com

Virtual reality atau dalam bahasa Indonesianya adalah realitas maya merupakan teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan simulasi lingkungan yang diciptakan melalui komputer.

Fitur ini dulu banyak di perbincangkan saat Pokemon Go sedang booming. Fitur ini membuat kita seolah-olah dapat melihat sesuatu objek secara 3D. Perkembangannya saat ini cukup fantastis, kini banyak tersedia alat vr berupa stand kacamata yang dapat kita gunakan untuk merealisasikan gambar dengan baik dalam pandangan kita.

Belum lagi beberapa kualitas video, game dan bahkan google earth saat ini mendukung virtual reality. Sehingga kita benar-benar merasa berada dalam objek tersebut.

7. Text OCR Scanner

OCR Scanner

OCR Scanner via http://woiden.com

Jika Anda pernah menggunakan aplikasi Google Translate di smartphone Anda atau pernah menggunakan Microsoft OneNote. Atau Mungkin Anda pernah melihat alat berbentuk pulpen eletrik yang mampu membaca tulisan Al-Qur'an, Kitab, Braille atau kamus. Mungkin Anda tahu apa yang dimaksud OCR Scanner. Pada smartphone, fitur ini mampu membaca tulisan bahkan menjiplak sebuah tulisan menggunakan kamera smartphone. Fitur ini dikenal dengan OCR atau Text Scanner.

Sangat berguna memang, dimana kita tidak perlu repot lagi menulis apa yang ingin kita translate atau tulis semisal. Kita cukup membuka aplikasi OCR Scanner di smartphone kita, lalu menyorotkan kamera ke tulisan yang kita tuju dan membiarkan aplikasi membaca dan memindai tulisan tersebut.

8. Puluhan Fitur Sensoris

Sebenarnya Kamera, Bluetooth, finger print, face id, gps, dan virtual reality pada sebuah smartphone itu termasuk fitur sensoris. Namun dari daftar itu, ternyata ada banyak sensor canggih yang mungkin belum Anda ketahui dan sudah ada di smartphone Anda. Selain dari sensor yang umum diatas, terdapat 62 total sensor yang umum ada pada smartphone di Dunia. Namun hanya ada sedikitnya 20+ fitur sensoris yang ditanamkan pada kebanyakan smartphone di Indonesia saat ini.

Sensor canggih itu seperti Gyroscope, Accelerometer, Proximity Sensor, Light Sensor, Barometer, Heart Rate Monitor, Pedometer, Pressure, 3D Touch, Temperature, Magnetic Sensor, NFC dan sisanya yang umum seperti gps, sound sensor, touch dan lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya