Inilah Beberapa Langkah Praktis Cara Menggunakan WhatsApp Business, Lengkap Beserta Fitur-Fiturnya~

WhatsApp memberikan layanan khusus untuk perusahaan atau pelaku bisnis

Untuk kamu yang belum tahu, WhatsApp memberikan layanan khusus untuk perusahaan atau pelaku bisnis dengan menciptakan aplikasi WhatsApp Business. Melalui WhatsApp Business, kamu bisa lebih leluasa untuk mempromosikan bisnis kamu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membagikan informasi mengenai bisnis secara lengkap, seperti katalog, diskon, dan lain sebagainya yang tentunya sangat membantu customer.

Lantas, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Business ini?

Advertisement

1. Unduh Aplikasi di Google Play Store atau App Store

Photo by Modal Kuota

Photo by Modal Kuota via https://modalkuota.com

Langkah pertama, silahkan download aplikasi WA Bisnis ini melalui penyedia apk resmi yaitu Play Store untuk Android, dan App Store untuk pengguna iOS.

2. Buka Aplikasi, dan Masukkan Nomor Telepon

Photo by Epgames.id

Photo by Epgames.id via https://epgames.id

Setelah berhasil terunduh, buka aplikasi tersebut dan masukkan nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp Bisnis kamu . Nantinya, akan muncul opsi menggunakan nomor telepon WA biasa, atau nomor baru. Jika kamu memasukkan nomor telepon akun WA biasa, maka kamu akan otomatis logout, dan berpindah di WhatsApp Business ini. Selanjutnya silahkan masukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan.

Advertisement

3. Lengkapi Profil Bisnis

Photo by Liputan6

Photo by Liputan6 via https://www.liputan6.com

Langkah terakhir, kamu tinggal melengkapi profil akun bisnis ini. Banyak sekali opsi yang berfungsi untuk memberikan informasi bisnis kamu terhadap customer. Kamu bisa melengkapi profile dengan menambahkan deskripsi bisnis, jam kerja, email, link website, hingga alamat yang sudah terhubung langsung dengan Google Maps. Untuk melakukan hal ini, kamu hanya perlu pergi ke “Setelan” > “Setelan Bisnis” > “Profil Bisnis”.

4. Mulailah Memasarkan Produkmu

Photo by Kompas

Photo by Kompas via https://tekno.kompas.com

Sekarang, kamu bisa langsung memasarkan produkmu melalui WhatsApp Business, aplikasi ini memiliki ragam fitur untuk memudahkan kamu dalam menjalani bisnis dan bertransaksi. Apa saja sih fitur WhatsApp Bisnis ini?

5. Fitur Unggulan dari Aplikasi WhatsApp Business

Advertisement
Photo by Gadgetren

Photo by Gadgetren via https://gadgetren.com

Aplikasi yang dibuat khusus untuk para pebisnis ini juga memiliki beberapa fitur unggulan. Fitur dari WhatsApp Business sendiri diantaranya:

  1. Katalog. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat display galeri produk lengkap beserta judul, deskripsi, dan harga produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan promo dan diskon melalui fitur ini.
  2. Statistik. Di sini, kamu bisa melihat berapa jumlah pesan yang terkirim dan sudah dibaca oleh customer.
  3. Pesan di Luar Jam Kerja. Dengan fitur ini, semua pesan yang masuk ketika kamu offline akan terbalas secara otomatis. Pesan tersebut bisa di setting sesuai keinginan kamu.
  4. Salam. Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada customer. Fitur salam biasa dijadikan untuk media promosi produk karena bersifat broadcast.
  5. Balas Cepat. Dengan menggunakan fitur balas cepat, kamu akan sangat terbantu ketika ingin membalas pesan secara cepat dan otomatis. kamu bisa menggunakan fitur ini untuk pesan teks, gambar, maupun video.

Nah, dengan menerapkan cara menggunakan WhatsApp Business di atas, kamu bisa mengelola bisnis dengan mudah karena sudah tersedia banyak sekali fitur yang tentunya sangat membantu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang Blogger dan penulis di situs-situs media nasional.

CLOSE