Tanggal 19 September 2018 menjadi momen di mana banyak harapan baru digantungkan. Sebab pada tanggal tersebut, jalur pendaftaran seleksi CPNS jilid dua untuk tahun ini akan dibuka. Mungkin kamu termasuk salah satunya, ingin menjadi salah satu dari bagian abdi negara yang katanya bakal memiliki berbagai keuntungan. Nah biar langkahmu mengikuti seleksi CPNS ini minim kendala, ada baiknya kamu menuntaskan tips-tips berikut ini. Sebab di atas semua usaha, Tuhan adalah penentu segalanya. Maka dekatilah dia yang menjadi penentu dalam kehidupan kita. Siapa tahu tahun ini memang jalanmu meniti karir sebagai abdi negara~

1. Membaca dan memahami

Pahami seluk beluk system seleksi CPNS, apa itu system CAT, apa itu Passing Grade, apa itu SKD, apa itu SKB dan bagaimana ketiganya bekerja untuk menyaring nilai tertinggi. Kemudian pahami juga apa yang ada di dalam SKD atau komponen yang ada di dalamnya, termasuk apa itu TWK, TIU, dan TKP.

Semua istilah itu sudah harus wajib diketahui oleh pelamar cpns, ibarat maju medan perang, maka pengetahuan soal istilah-istilah tersebut merupakan hal dasar yang harus diketahui. Jika belum tahu maka silahkan cari di google yang banyak bertebaran, berikut juga soal-soal dari tiap-tiap istilah tersebut.

Advertisement

Juga harus aktif mencari informasi di internet karena semua tersedia, hanya saja memang kita harus cerdas memilih-milih mana yang info bersumber dari akun resmi dan mana yang hanya hoax. Jangan langsung percaya pada kabar-kabar yang banyak beredar di grup-grup, pastikan sendiri info tersebut dengan merujuk pada akun resmi panitia. Sehingga konsentrasi tidak terbagi-bagi ketika ada kabar-kabar hoax yang beredar selama proses seleksi.

2. Memetakan kondisi medan perang dan menentukan target

Pemetaan kekuatan lawan berdasarkan seleksi cpns sebelumnya 2017. Lihat skor yang didapatkan di dalam seleksi cpns sebelumnya, dengan demikian kita tahu seperti apa nanti kira2 lawan-lawan yang akan bertarung dalam seleksi CPNS.

Dengan melihat pencapaian peserta yang lolos kita jadi termotivasi untuk menentukan target capaian nilai. Targetkan nilai jauh lebih banyak daripada passing grade. Jangan pernah hanya menargetkan untuk lulus passing grade karena nantinya jika yang lulus passing grade banyak maka yang diloloskan dari SKD ke SKB hanya 3x jumlah formasi.

Advertisement

Hal tersebut secara otomatis akan meranking yang lolos passing grade SKD, maka meraih nilai tinggi plus lolos passing grade adalah keharusan, kecuali beberapa jalur yang memang tidak mengharuskan lolos passing grade.

3. Membuat timeline

Ketika pengumuman cpns sudah keluar, pasti sudah ada tanggal-tanggal timeline kapan diselenggarakan SKD, kapan SKB dll. Pastikan membuat timeline pribadi diantara tanggal-tanggal tersebut, berapa lama kita akan membaca materi, berapa lama kita akan mengulang dan mungkin menghafal, dan berapa lama akan digunakan untuk melaksanakan simulasi tes CAT.

Jika belum pernah mencoba tes CAT alangkah lebih baik membuat pre-test sehingga bisa tahu skor awal. Skor awal bisa menjadi pijakan langkah untuk menentukan seberapa besar usaha yang dilakukan untuk bisa nantinya mencapai nilai target.

4. Kenali tipe belajar diri sendiri

Belajar Kelompok

Belajar Kelompok via http://google.com

Kenali tipe belajar diri sendiri, apakah akan maksimal jika belajar sendiri atau belajar bersama. Dengan mengenali tipe belajar diri sendiri akan mempermudah proses belajar dan menghasilkan output yang maksimal.

5. Asupan mental dan fisik

Gizi Balita

Gizi Balita via http://www.google.com

Mendaftar dan mengikuti seluruh proses seleksi dengan sabar. Proses seleksi akan memakan waktu yang lama, menguras tenaga dan juga pikiran. Butuh asupan untuk mental yang kuat dan makanan bergizi agar selalu fokus mengikuti tiap tahapan. Asupan mental spiritual didapat dengan mendekatkan diri pada Tuhan sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

Semoga dengan tulisan ini kamu bisa lebih siap lagi hadapi seleksi CPNS yang tinggal menghitung hari. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya