Inspirasi Desain Dapur Semi Outdoor Bikin Masak di Rumah Makin Asyik

Masak Lebih Sejuk di Dapur Semi Outdoor

Dapur dapat dikatakan sebagai salah satu ruangan paling sibuk dalam rumah. Mulai dari aktivitas menyiapkan bahan makanan hingga makanan siap disantap, semua dapat dilakukan di dapur. Hal ini dikarenakan, terkadang dapur menjadi satu bagian dengan ruang makan. Umumnya, komponen yang biasa ditemukan adalah kompor, bak cuci piring, seperangkat kitchen set, dan perlengkapan memasak lainnya.

Berdasarkan fungsinya, ada dua jenis dapur rumahan yaitu dapur kering dan dapur basah. Dari namanya saja sudah bisa dibedakan, dapur basah digunakan untuk mengolah makanan dari bahan mentah hingga menjadi masakan, sedangkan dapur kering lebih digunakan untuk membuat makanan yang praktis dan mudah seperti membuat sereal, dan roti.

Dapur basah biasanya berada di bagian belakang rumah karena untuk menghindari asap kompor yang mengepul ke mana-mana. Meskipun di dapur modern sudah tersedia cooker hood yang bisa menghisap asap kompor, tetapi aroma masakan yang tajam tetap dapat tersebar ke seluruh ruangan. Untuk menghindari hal tersebut, Kamu bisa membuat dapur basah menjadi semi outdoor.

Desain dapur semi outdoor pada dapur memberikan celah yang cukup besar bagi asap untuk ke luar rumah. Desain tersebut bisa diwujudkan dengan penerapan konsep open plan, pemasangan jendela yang super besar, pintu yang cukup banyak, atau menghilangkan salah satu dinding dapur di rumah Kamu. Berikut ini beberapa inspirasi desain dapur semi outdoor dari Arsitag.com yang bikin masak di rumah makin asyik.

1. Dapur Teras Belakang

Dapur Semi Outdoor Al House di Bandung karya Mineli Architects

Dapur Semi Outdoor Al House di Bandung karya Mineli Architects via https://www.arsitag.com

Jika memiliki taman belakang, kamu bisa membangun dapur semi outdoor di teras belakang. Namun, pastikan ketika hujan, airnya tidak bertempias ke dalam dapur dan merusak peralatan memasak.

2. Dapur Samping Kolam Renang

Dapur Semi Outdoor Breathing House di Tangerang karya Atelier Riri

Dapur Semi Outdoor Breathing House di Tangerang karya Atelier Riri via https://www.arsitag.com

Dapur semi outdoor juga bisa kamu buat tepat di samping kolam renang. Jadi, setelah lelah berenang kamu dapat langsung mengambil makanan ringan dan minuman yang tersedia di dapur.

3. Dapur Dengan Kolam Ikan

Dapur Semi Outdoor Shark House di Bali karya Agung Budi Raharsa

Dapur Semi Outdoor Shark House di Bali karya Agung Budi Raharsa via https://www.arsitag.com

Selain kolam renang, dapur juga bisa dibuat di samping kolam ikan. Suasana kolam ikan yang tenang akan memberikan suasana yang nyaman saat kamu sedang memasak.

4. Dapur dengan Banyak Jendela

Dapur Semi Outdoor House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo

Dapur Semi Outdoor House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo via https://www.arsitag.com

Konsep semi outdoor bukan berarti semua bagian ruang dapur terbuka. Dapur yang tertutup juga bisa Kamu buat semi outdoor dengan menggunakan jendela berukuran besar dengan jumlah yang banyak.

5. Dapur Berdinding Kaca

Dapur Semi Outdoor Sutorejo House di Surabaya karya Das Quadrat

Dapur Semi Outdoor Sutorejo House di Surabaya karya Das Quadrat via https://www.arsitag.com

Saat malam hari mungkin nyamuk akan masuk ke dalam rumahmu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kamu bisa memasang dinding kaca yang sewaktu-waktu bisa dibuka.

6. Dapur Minimalis

Dapur Semi Outdoor Dezan di Jakarta karya Dezan Studio

Dapur Semi Outdoor Dezan di Jakarta karya Dezan Studio via https://www.arsitag.com

Dapur semi outdoor bisa diterapkan pada berbagai jenis desain interior. Misalnya saja untuk menghadirkan gaya minimalis yang terlihat sangat simpel.

7. Dapur Modern

Dapur Semi Outdoor The Minimal White House di Bali karya Julio Julianto

Dapur Semi Outdoor The Minimal White House di Bali karya Julio Julianto via https://www.arsitag.com

Selain gaya minimalis, Kamu juga bisa membangun dapur semi outdoor bergaya modern. Akan lebih cantik jika dapur semi outdoor tersebut mengunakan konsep serba putih.

8. Dapur Tropis

Dapur Semi Outdoor Villa WRK di Bali karya Parametr Indonesia

Dapur Semi Outdoor Villa WRK di Bali karya Parametr Indonesia via https://www.arsitag.com

Terakhir adalah dapur semi outdoor bergaya desain tropis. Biasanya dilengkapi oleh perpaduan berbagai elemen tropis seperti kayu, bambu, logam, dan material alam lainnya. Karena suhu udara negara-negara tropis cenderung panas, maka penggunaan ruang semi outdoor juga menjadi lebih dominan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.