Intip 5 Contoh Lantai Mezzanine yang Keren di Rumah Modern

Inspirasi Desain Lantai Mezzanine Kekinian

Buat kalian elemen desain dan fitur desain apa yang bikin rumah jadi kelihatan keren? Mungkin ada yang bilang tangga rumah yang desainnya megah dan menawan, desain interior rumah ala Scandinavian, lampu gantung kontemporer berukuran besar, dapur dengan kitchen island yang pakai permukaan marmer, atau dinding bata ekspos khas Industrial. 

Enggak cuma itu aja, fitur lain yang enggak kalah keren adalah lantai mezanin pada hunian masa kini. Umumnya, lantai mezanin diaplikasikan ke hunian yang bentuknya apartemen loft yang luas dan tanpa sekat. Cuma dalam perkembangannya, lantai mezanin juga dibuat untuk berbagai jenis hunian.

Rumah yang ukurannya luas atau juga apartemen studio yang mungil. Justru, lantai mezanin bisa menambahkan ruang tinggal tambahan yang nggak memakan tempat di lantai dasar. Fungsi lantai mezanin pun beragam buat banyak kebutuhan ruangan di rumahmu.

Mulai dari ruang keluarga, ruang kerja, perpustakaan kamar tidur, atau taman. Dengan posisinya yang tinggi dan agak terpisah dari area tinggal utama, lantai mezanin emang lebih cocok dijadikan ruangan-ruangan yang butuh suasana nyaman, tenang, fokus, atau konsentrasi.

Makanya, kalau tempat tinggalmu punya langit-langit yang tinggi dan pengin ditambahkan elemen desain interior rumah yang menawan dan juga fungsional, coba aja tambahkan lantai mezanin waktu renovasi.

Dekoruma punya lima inspirasi lantai mezanin yang keren untuk rumah modern. Setiap lantai mezanin di daftar ini punya peruntukan ruang yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Advertisement

1. Ruang Keluarga Nyaman dan Intim Berkat Posisinya di Lantai Mezanin. Makin Terasa Luas dan Terang dengan Cahaya Alami dari Skylight

Sumber: Architecture Art Designs

Sumber: Architecture Art Designs via https://www.architectureartdesigns.com

Ruang keluarga adalah satu dari sekian ruangan yang cocok untuk ditaruh di lantai mezanin. Terutama di rumah-rumah yang ukurannya lebih luas, ruang keluarga kedua atau ketiga yang sengaja dibuat lebih privat bakal terasa nyaman dan menyenangkan kalau dibangun di lantai mezanin.

Untuk desain mezanin yang ini, lantainya dibuat enggak terlalu tinggi dan terkesan masih menyatu sama keseluruhan ruangan. Dipasang sofa minimalis berbentuk L, karpet bulu yang empuk dan hangat, dan elemen kaca yang lumayan kentara dari coffee table sampai railing lantai mezanin.

Advertisement

Dipasang juga meja bar di depan area ruang keluarga dan yang enggak kalah keren, skylight dari jendela besar di plafon yang bikin ruang keluarga di lantai mezanin ini jadi terasa terang dan lapang banget.

2. WFH Jadi Lebih Nyaman dan Lancar. Ruang Kerja Mezanin Yang Tenang Jauh Dari Keramaian Ruang Utama

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Kalau kamu lebih banyak kerja dari rumah atau bahkan udah bekerja di rumah penuh waktu, ruang kerja yang nyaman dan bisa bikin produktif penting banget buat dimiliki. Selain nyaman dan tenang, ruang kerja di lantai mezanin kayak gini juga kasih tampilan yang beda, berkarakter, dan tentunya menawan. 

Advertisement

Meja kerja ditempatkan menghadap jendela dengan pemandangan kolam renang dalam halaman belakang. Rasanya sejuk dan tenang banget, bisa berpengaruh positif buat fokus dan produktivitas kerjaan, kan.

Enggak lupa rak buku buat menyimpan buku-buku dan dokumen pekerjaan. Pemilik rumah juga memasang beberapa karpet bermotif etnik yang bikin ruang kerja jadi lebih hangat. Enggak lupa skylight yang panjang biar ruang kerja terang di siang hari.

3. Kamar Tidur Lantai Mezanin Ala Apartemen Loft. Istirahat Jadi Lebih Berkualitas Dengan Area Tidur Yang Lebih Privat

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Kamar tidur yang ditempatkan di lantai mezanin kayak gini bisa dibilang konsep yang relatif baru buat hunian di Indonesia. Utamanya dari apartemen loft asal New York, kemudian diadopsi untuk beberapa hotel butik yang mengedepankan konsep kamar hotel yang unik. 

Kamar tidur mezanin juga kadang disebut kamar tidur loteng karena posisinya yang dekat dengan atap dan plafon. Keuntungan kamar tidur mezanin kayak gini tentunya suasana yang lebih privat dan tenang. Kualitas tidur pun bisa lebih terjaga karena terasa lebih nyaman.

Kamar tidur yang dilengkapi lantai mezanin juga berarti area di bagian bawah bisa dimaksimalkan buat area ruang kerja, walk-in-closet, atau area ruang TV yang tidak perlu mengganggu area tempat tidur.

4. Hadirkan Rooftop Garden Yang Menawan di Atas Lantai Mezanin Rumah. Oase di Tengah Hiruk Pikuk Rumah

Sumber: ArchDaily

Sumber: ArchDaily via https://www.archdaily.com

Enggak hanya untuk ruangan di dalam ruangan aja, lantai mezanin juga bisa dimanfaatkan buat area semi-outdoor atau outdoor. Contohnya rooftop garden yang cantik ini. Dibangun menggantung di atas ruang makan, area semi-outdoor ini jadi tempat menaruh koleksi tanaman hias pemilik rumah yang terasa sejuk dan menawan.

Karena merupakan lantai mezanin, masih ada tangga yang menuju ke area rooftop paling atas. Namun, area rooftop garden ini bisa juga jadi tempat bersantai di pagi atau sore hari. Dengan jendela yang dipasang sekelilingnya, rooftop garden juga jadi pemandangan menarik yang bisa dilihat saat kamu dan keluarga duduk di meja & kursi makan.

5. Manfaatkan Lantai Mezanin Untuk Bawa Tampilan Rak Buku Dua Tingkat di Perpustakaan Rumah Yang Megah

Sumber: Dezeen

Sumber: Dezeen via https://www.dezeen.com

Perpustakaan dua tingkat biasanya ditemukan di perpustakaan umum, universitas, atau cuma bisa dilihat di film-film aja. Padahal, dengan lantai mezanin yang enggak terlalu luas, kalian juga bisa, loh, menghadirkan perpustakaan dengan rak buku dua tingkat yang megah dan menawan. 

Lantai mezanin berukuran sedang dipasang di ujung ruangan dengan rak buku. Rak buku bagian bawah dan rak buku bagian atas dipasang di atas mezanin. Tidak lupa tangga spiral yang semakin memberikan tampilan modern dan menawan pada perpustakaan pribadi ini. 

Membangun lantai mezanin sendiri adalah proses yang kompleks dan pastinya butuh bantuan jasa profesional. Bagi kamu yang berdomisili di kota-kota besar, percayakan pembangunan lantai mezanin pada perusahaan desain interior Jakarta, desain interior Bandung, atau desain interior Surabaya yang terpercaya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE