Itinerary One Day Trip to Yogyakarta! Rekomendasi Wisata dan Kuliner Lengkap Satu Hari!

Butuh liburan singkat tapi tidak ingin pergi jauh-jauh? Kamu bisa berlibur ke Yogyakarta, lho! Dalam satu hari, kamu bisa menjelajahi tempat wisata sekaligus menikmati kuliner lezat di kota istimewa, Yogyakarta. Walaupun terbilang singkat, kamu tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

Yuk, simak rencana perjalanan atau itinerary one day trip to Yogyakarta!

Advertisement

1. Sarapan Pagi di Gudeg Bu Hj Amad

Photo by @gudegbuhjamad on Instagram

Photo by @gudegbuhjamad on Instagram via https://www.instagram.com

Belum ke Jogja kalau belum menikmati sajian khas di kota ini. Untuk sarapan pagi, kamu bisa menikmati Gudeg Bu Hj Amad. Gudeg sendiri adalah hidangan yang terbuat nangka muda yang dimasak bersama santan, gula aren dan rempah-rempah selama berjam-jam. Kamu bisa menikmati nasi gudeg dengan lauk pauk seperti telur, krecek dan ayam kampung.

Gudeg Bu Hj Amad terletak di Jalan Kaliurang KM.4,5 Caturtunggal dan buka dari pukul 05.30 hingga 22.00.

Advertisement

2. Mengunjungi Kraton Yogyakarta

Photo by @kratonjogja on Instagram

Photo by @kratonjogja on Instagram via https://www.instagram.com

Destinasi wajib yang harus kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta adalah Kraton Yogyakarta. Kraton Yogyakarta sendiri adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Dibangun pada abad ke-18, kamu bisa melihat berbagai peninggalan kesultanan sejarah Kesultanan Yogyakarta dan juga warisan budaya yang ada di dalamnya.

Kraton Yogyakarta menempati lokasi Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kraton dan hanya buka dari pukul 08.30 hingga 14.00.

3. Berjalan-jalan di Tamansari

Advertisement
Photo by @kratonjogja on Instagram

Photo by @kratonjogja on Instagram via https://www.instagram.com

Tak jauh dari Kraton Yogyakarta, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Tamansari. Tamansari merupakan taman air dan kebun istana Keraton Yogyakarta. Ketika berkunjung ke Tamansari, kamu akan melihat gedung peninggalan bersejarah, kolam pemandian para permaisuri, kanal air, lorong bawah air hingga yang paling tenar adalah Sumur Gumuling, masjid bawah tanah yang menjadi ikon di Tamansari.

Tamansari berlokasi di daerah Patehan, Kraton, dan buka dari pukul 09.00 hingga 15.00.

4. Makan Siang di Sate Ratu

Photo by @sateratu on Instagram

Photo by @sateratu on Instagram via https://www.instagram.com

Setelah lelah berwisata di Kraton dan Tamansari, saatnya makan siang. Untuk rekomendasi makan siang kali ini jatuh ke Sate Ratu. Restoran sate ini menjadi salah satu kuliner hits yang sering dikunjungi turis, bahkan dari luar negeri. Sate Ratu menyajikan sate ayam merah yang terbuat dari bumbu merah special yang menghadirkan cita rasa pedas, manis dan gurih. Selain itu ada menu Sate Kanak, bagi yang tidak suka pedas.

Sate Ratu menempati lokasi Jalan Sidomukti, Tiyasan, Condongcatur, Sleman dan buka dari pukul 11.00 hingga 21.00.

5. Menikmati Sore Hari di Malioboro

Photo by @malioboro_insta on Instagram

Photo by @malioboro_insta on Instagram via https://www.instagram.com

Tidak lengkap ke Yogyakarta kalau belum ke Malioboro, bukan? Di Malioboro, kamu bisa berjalan-jalan santai, berbelanja dan berswafoto di jalur pedestrian yang cantik. Tak lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat. Mendekati waktu sore, kamu bisa menuju titik nol Km untuk menikmati pemandangan Jogja sambil berfoto-foto.

Kawasan Malioboro hingga Titik 0 Km ini dibuka bebas dan selalu dipadati pengunjung.

6. Makan Malam di Bakmi Pak Pele

Photo by @kulinerbross on Instagram

Photo by @kulinerbross on Instagram via https://www.instagram.com

Menutup one day trip to Yogyakarta dengan sajian khas yang enak, yaitu bakmi jawa. Tak jauh dari Titik 0 Km, ada Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele. Kuliner legendaris ini menyediakan hidangan bakmi goreng, bakmi godog, hingga nasi goreng yang lezat. Walaupun selalu ramai dengan wisawatan, kuliner yang satu ini wajib kamu coba.

Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele terletak di Jalan Pojok Tenggara, Alun-Alun Utara, Panembahan, Kraton dan buka dari pukul 17.00 hingga 23.00

Sudah tidak bingung lagi kan menyusun itinerary wisata ke Jogja? Walau hanya satu hari, tapi liburan singkat ini bisa berkesan buatmu! Share juga ke teman-temanmu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE