Teman adalah julukan bagi seseorang yang sedia hadir kepadamu setiap saat bagaimanapun keadaanya. Setiap moment yang dilalui bersama teman tak akan pernah terlupakan dan akan menjadi kenangan. Baik kenangan baik maupun buruk.

Sebagai seorang teman, memang sudah seharusnya berperilaku baik dan menyenagkan. Sekalipun teman yang ada di dekatmu sangat menyebalkan, kamu tetap harus bisa bersikap baik agar pertemananmu bisa awet. Di zaman modern saat ini sangat sulit ditemukan seorang teman dengan hati yang tulus. Banyak yang memanfaatkan keberadaan teman hanya sebagai cadangan bila butuh saja. Mereka terkenal dengan julukan ‘Bermuka Dua’. Jelas, teman yang seperti ini sangat menganggu bukan?

Jadi, apakah kamu termasuk teman yang baik?

Untuk mengetahui hal tersebut, inilah lima tidakan yang dapat membantumu jadi teman baik!

1. Menjadi pendengar yang baik

Perteman

Perteman via http://google.com

Bagi sebagian orang menjadi pendengar adalah hal yang sulit dilakukan, karena tekadang hal-hal yang diceritakan terasa membosankan dan sulit untuk dipahami. Selain itu juga karena lawan bicara terkesan ‘alay’ dalam menyampaikan ceritanya. Menjadi seorang pendengar bukan berarti kamu hanya diam mendengarkan lawan bicara menceritakan pengalamannya. Namun kamu juga harus paham dengan apa yang ia disampaikan tersebut agar obrolan kalian tidak berat sebelah.

Menjadi seorang pendengar adalah langkah awal kamu untuk bisa jadi teman baik.

2. Tidak membicarakan temanmu di belakang

bergosip

bergosip via https://google.com

Advertisement

Setelah kamu mengetahui apa saja yang dicurhatkan temanmu, baik itu privasi atau bukan, penting atau tidak, jangan sekali-kali kamu membicarakannya di belakang. Karena jika hal itu terjadi dan temanmu mengetahui hal tersebut, maka kepercayaannya kepadamu akan memudar. Dan jika hal tersebut benar-benar terjadi, kamu akan kehilangan seorang teman.

Jika bagimu membicarakan teman adalah hal yang wajar, maka patut dipertanyakan. Apakah kamu tulus dalam manjalin pertemanan?

3. Dengan senang hati menolong

memberi saran

memberi saran via http://google.com

Tolong menolong sudah diajarkan sedari kecil, oleh orang tua maupun guru, di rumah maupun di sekolah. Menolong teman artinya membantu teman yang sedang dalam masalah. Sebagai contoh membantu dalam konteks pertemanan, kamu bisa memberinya saran untuk menyelesaikan masalahnya, atau memberi motivasi agar temanmu bisa kembali semangat dalam menjalakan aktivitasnya. Namun, membantu teman tidak melulu dalam bentuk memberi semangat pada teman yang sedang kesusahan, bisa jadi jika kamu memiliki harta berlebih kamu bisa menbantunya dengan materil.

4. Tidak segan menegur ketika temanmu berbuat salah

menegur

menegur via http://google.com

Advertisement

Tindakan selanjutnya yakni kamu harus berani menegur temanmu ketika ia melakukan suatu kesalahan. Sebagai teman yang baik jangan sampai kamu membiarkan temanmu terjerumus pada kesesatan. Menegur bukan berarti kamu lebih dari dia, namun menegur adalah salah satu cara mengungkapkan rasa sayang mu kepada teman.

5. Menghargai setiap pendapat

menghargai keputusan

menghargai keputusan via http://google.com

Terakhir, hargailah setiap pendapat dari temanmu. Jika kamu telah melakukan empat hal diatas, hal terakhir yang harus kau lakukan adalah menghargai. Dengan menghargai setiap keputusannya sama dengan kamu memperpanjang usia pertemananmu. Mengapa? Karna tidak sedikit kasus atau permasalahan dengan teman yang didasari pada perilaku tidak menghargai.

Jadi, jika kamu merasa sudah melakukan lima hal di atas, selamat! Kamu telah menjadi teman baik bagi mereka. Namun jika belum jangan berkecil hati. Selagi matahari masih terbit dari arah timur dan terbenam ke arah barat, kamu masih bisa belajar menjadi seorang teman yang baik 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya