Di kala orang sedang berbunga-bunga dengan kata cinta dan dibutakan oleh manisnya cinta, dirimu menangis di balik bilik pintu dan meresapi apa yang telah terjadi antara dirimu dan dia. TIba-tiba teringat di masa yang indah saat bersamanya dan itu membuat benar-benar nyesek. Sebenarnya, tahukah kamu jika putus bukanlah akhir dari segalanya?

1. Putus membuat kita harus belajar menyesuaikan diri

Selama dalam jangka waktu berpacaran, kita kadang bergantung dengan pasangan kita dan tanpa diri sendiri itu membuat kita percaya rasa nyaman kita ada saat bersamanya. Seusai putus terjadi, semua berubah, tiada lagi momen-momen indah saat bersamanya dan itu membuat kita perlahan harus bisa menyesuaikan diri sendiri di kala apapun situasi hati kita.

Penyesuaian diri itu membuat kita sebaiknya merenung apa yang harus diperbaiki ke depannya termauk dalam soal hubungan percintaan agar tak salah lagi melangkah.

2. Tegarkanlah hatimu dan ambil sisi positif dari semua ini

aktivitas yang positif

aktivitas yang positif via http://antiketombe.clear.co.id

Advertisement

Dari foto bersama mantan, diary tentang mantan, dan semua tentang mantan membuat kita terlalu larut dalam kisah lama yang sudah berlalu. Jadilah dirimu sendiri, belajar menerima, dan lepaskan yang tak sepantasnya kamu genggam. Katakanlah pada hatimu bahwa jika ia memang milikmu, suatu saat kembali di saat yang menakjubkan.

Dan buanglah pikiran negatif tentang apa sebab yang membuat kalian putus. Toh, percuma membahas yang tak lagi patut dibahas karena akan membuatmu semakin patah hati. Mulailah kegiatan yang bernuansa positif dan bisa mengalihkan pikiranmu tentangnya, seperti yoga, pergi travelling atau mungkin menulis buku.

3. Menangislah jika itu membuatmu tenang

Mungkin dari sisi luar dirimu tampak sedang menutupi bendungan air matamu dan tak sebaiknya kau berpura-pura untuk menahannya. Keluarkanlah segala penat yang kamu rasa jika tak sanggup lagi kamu ungkapkan dengan kata-kata kemudian carilah orang terdekat yang bisa mendengarkan keluh kesahmu. Alhasil meskipun tidak berhasil 100 persen, tapi setidaknya mengurangi beban yang kamu rasakan.

Advertisement

Jangan takut untuk menangis karena menangis bukan berarti kamu kalah tapi hanya saja kamu letih dengan segala luka yang kamu tampung itu. Jangan segan untuk menangis, tapi ingat esok hari saatnya kamu berubah menatap masa depan tanpanya!

4. Buktikan padanya kalau kamu bisa hidup tanpanya!

Jangan pernah

Jangan pernah via http://www.bintang.com

Jika suatu hari kamu bertemu dengannya, pastikan dirimu sudah berubah menjadi lebih dewasa dan bukan lagi seseorang yang cengeng, pemurung ataupun tak mandiri. Buktikan bahwa dirimu lebih dari sekedar tentang dia dan yakinkan kalau kamu hidup bukan untuk dia tapi untuk dirimu sendiri.

5. Percayalah, ini bukanlah akhir dari segalanya

Putus memang menyakitkan apalagi jika hubungan itu sudah berjalan bertahun-tahun tapi perlu diingat bahwa ini bukanlah akhir dari segalanya. Mungkin saja ada hikmah di balik semua ini yang bisa membuat kamu lebih handal dalam soal urusan memilih pasangan. Katakan pada dirimu, mulai dari sekarang mulailah buka pikiran kamu, perbanyak teman, dan berdoa adalah hal yang sebaiknya kamu lakukan jika kamu masih ingin terus berusaha mendapatkan cinta yang lebih baik.

Jikalau kamu belum menemukannya, mungkin Tuhan belum mempertemukan kamu dengan jodoh yang sesuai. Sabar saja, semua akan ada jawabannya suatu hari. Tidak ada perlu yang ditakutkan soal percintaan.

6. Selamat, kamu telah berhasil membersihkan luka hatimu!

Sekarang saatnya berjuang untuk lebih menghargai diri sendiri dan melangkah lebih maju! Tataplah dunia yang lebih indah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya