Mungkin kamu pernah membaca dalam label obat yang dijual bebas mengenai efek sampingnya. mulai dari efek jangka pendek hingga jangka panjang. mulai dari kesulitan tidur hingga kerusakan fungsi hati. cukup mengerikan juga ya.

Namun bukan berarti kita benar-benar dilarang untuk konsumsi obat untuk menyembuhkan penyakit. dalam berbagai kasus, obat merupakan penolong yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang benar-benar serius.

Namun seringkali kita yang salah dalam penerapannya dan fungsi obat yang seharusnya menjadi media penyembuhan justru menjadi bumerang dan menyebabkan kita semakin sakit.

1. Melakukan Pemeriksaan Pada Kesempatan Pertama

Periksa ke dokter

Periksa ke dokter via http://www.google.com

Seringkali masyarakat Indonesia menyepelekan sebuah penyakit dan dengan mudahnya membeli obat yang beredar di supermarket ketimbang melakukan pemeriksaan yang benar.

Advertisement

Padahal ada penyakit berbahaya yang gejalanya mirip- mirip dengan penyakit berbahaya. seperti demam berdarah yang gejalanya seperti demam biasa, usus buntu yang gejalanya seperti sakit perut biasa, leukimia yang gejalanya seperti anemia, dan deretan penyakit berbahaya lainnya.

Kalau kita melakukan pemeriksaan dengan benar, maka obat yang kita konsumsi pun benar.

2. Minum Obat Sembarangan

Berbagai Jenis Obat

Berbagai Jenis Obat via http://www.google.com

Melanjutkan dari poin pertama tadi, masih banyak yang enggan ke dokter dan membeli obat secara sembarangan. Ketika kita konsumsi obat tidak sesuai dengan penyakit, bukannya semakin membaik namun yang ada tubuh kita semakin sakit.

Advertisement

Kecenderungan yang sering terjadi adalah memeriksakan ke dokter ketika penyakit yang kita derita sudah cukup parah.

3. Konsumsi Obat Tidak Sesuai Anjuran

Pastikan Obat Sesuai

Pastikan Obat Sesuai via http://www.google.org

Ada lagi hal yang masih sering terjadi disekitar kita. ada yang meminum obat sekaligus banyak dengan anggapan semakin banyak yang diminum semakin cepat sembuh.

Sebagai contoh, seharusnya dalam sekali minum hanya satu butir kapsul, tetapi dengan anggapan tadi maka meminum langsung dua atau tiga butir. Hal tersebut bukan semakin cepat sembuh, tapi justru membahayakan tubuh karena dosis dari obat sudah ditentukan.

4. Tidak Menghabiskan Antibiotik

Beragam Obat

Beragam Obat via http://www.google.com

Ketika suatu penyakit dirasa sudah mereda dan tidak mengganggu biasanya kita berhenti meminum obat tersebut. Seharusnya kita pastikan dulu apakah terdapat antibiotik dalam obat tersebut.

Jika terdapat antibiotik, maka kita harus menghabiskannya. Jika kita tidak menghabiskan antibiotik saat itu akan menjadikan suatu penyakit lebih kebal dan sulit untuk disembuhkan.

5. Jelaskan Kondisi Khusus

Pemeriksaan Dokter

Pemeriksaan Dokter via http://unsplash.com

Obat tidak selalu cocok antara satu orang dengan orang yang lainnya. jika kita melakukan pemeriksaan ada baiknya menjelaskan kepada dokter tentang kondisi tubuh kita selain penyakit yang kita periksakan.

Seperti contoh adalah dalam kondisi hamil, memiliki kondisi lambung yang sensitif, alergi terhadap jenis obat tertentu, memiliki riwayat penyakit tertentu dan atau kondisi khusus lain.

Agar dokter pun memberikan resep obat yang tidak bertentangan dengan kondisi khusus tersebut.

6. Penyakit yang Tidak Memerlukan Konsumsi Obat

Sakit Kepala

Sakit Kepala via http://pixels.com

Ternyata tubuh kita memiliki sistem imun yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. tetapi seringkali kita tidak nyaman dengan gejala yang timbul dari proses penyembuhan tersebut.

setelah kita merasakan gejala sebuah penyakit kita harus segera melakukan pemeriksaan. Jika kita sudah mendapatkan pemeriksaan dan dinyatakan bukan penyakit serius kita bisa saja tidak perlu membeli obat dokter tersebut kok.

Berikut adalah jenis penyakit yang tidak memerlukan konsumsi obat :

1. Demam/Meriang/Masuk Angin

2. Batuk dan Pilek

3. Pusing dan Sakit kepala

4. Anemia Ringan

5. Diare

Jangan sembarangan lagi membeli obat ya, bukan sehat yang kita dapat tetapi bisa saja penyakit lain yang merambat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya