Untuk kalian yang masih muda, tetap bersyukur karena mereka yang sudah berusia tua tidak akan mampu berbuat banyak dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam karir dan berkarya. Namun, justru kebanyakan anak muda malah membuang waktunya dan menghabiskan masa mudanya untuk hanya sekedar bersenang-senang saja. Jika kalian tipe orang seperti itu, sangat disarankan segera mengoreksi diri pribadi untuk menjadi lebih baik. Karena seperti yang saya singgung di atas, bahwa orang yang sudah tua tidak akan bisa berbuat banyak. Jadi, jangan sia-siakan masa mudamu untuk hal-hal yang tidak berguna, boleh bersenang-senang, hanya saja kalian juga harus memikirkan masa depan kalian nantinya. Karena seperti impian semua orang, banyak yang berharap agar senang di masa tua. Jika kalian ingin impian ini tercapai, tentu saja kalian harus memanfaatkan masa muda untuk mencapainya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kalian semua untuk tahu lebih dalam bagaimana sih cara sukses di usia muda? apa yang harus saya lakukan?

1. Coba pikir-pikir lagi, apa sih cita-citamu sebenarnya?

Raihlah cita-citamu mumpung masih muda

Raihlah cita-citamu mumpung masih muda via https://www.infokekinian.com

Kebanyakan anak muda saat ditanya, apa cita-cita anda? dari sebagian besar mereka hanya memberi jawaban yang tidak pasti, ada yang bilang ingin jadi orang sukses, ingin jadi pengusaha, dan lain sebagainya. Tapi, mereka tidak bisa menjawab, nanti mau jadi apa? kerja apa? Misalnya ni ya, anda bercita-cita ingin jadi pengusaha, terus pengusaha apa? pengusaha kan banyak jenisnya? Dari sinilah (usia muda) anda harus benar-benar mulai menata mengenai apa cita cita anda sebenarnya, tekunilah hal-hal yang berkaitan dengan cita cita besar anda nantinya. Jika ingin jadi pengusaha misalnya pengusaha fashion, maka tentu saja pada usia muda, paling tidak anda sudah mendalami masalah fashion mulai dari desain, produksi, penjualan dan lain sebagainya meski masih usaha kecil-kecilan. Yaknilah bahwa sedikit demi sedikit akan menjadi bukit itu nyata adanya.

2. Pilihlah pendidikan dan minat yang benar-benar kamu sukai, jangan ada rasa terpaksa apalagi sampai tidak niat dalam hal pendidikan

Pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia via http://kompas.com

Jumlah masyarakat di Indonesia yang terus bertambah pesat setiap harinya tentu membuat semua hal menjadi tinggi persaingannya, salah satunya adalah pendidikan. Jika anda masih SMA pasti belum tahu betul akan hal ini, namun saya yakin jika kamu sudah di masa-masa kuliah dan kerja, kalian akan tahu betul bahwa menekuni pendidikan yang memang disukai adalah sesuatu yang wajib. Karena tak jarang banyak orang yang kuliah dan masuk SMK ke jurusan yang sama sekali tidak diminati, bahkan dibenci. Tentu hal ini disebabkan karena tadi, yakni persaingan yang tinggi untuk bisa masuk ke bidang pendidikan tersebut.

3. Banyaklah menabung, buat target dalam waktu tertentu kalian punya tabungan berapa

Menabung di usia muda

Menabung di usia muda via http://kospinmms.com

Advertisement

Ini poin yang cukup penting juga, untuk anda yang sudah punya penghasilan tetap, cobalah untuk menabung. Susah menabung? bikin target, dalam setahun misalnya anda punya berapa banyak tabungan. Hal ini saya yakini membuat anda nantinya akan jadi orang sukses karena anda sudah menyiapkan tabungan dari awal, kalau bisa buat hitung-hitungan yang pasti, berapa yang harus kamu tabung setiap bulan atau bahkan setiap hari.

4. Cobalah untuk berwirausaha dan mau ambil resiko, meski hanya usaha kecil-kecilan

Yuk berwirausaha di masa muda

Yuk berwirausaha di masa muda via https://sgimage.detik.net.id

Semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang ada khususnya di Indonesia, saya yakni membuat banyak orang yang mulai berpikir bahwa solusi terbaik dari masalah ini adalah menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Ya, caranya adalah dengan berwirausaha, tidak ada alasan untuk seorang anak muda bingung mau usaha apa, bingung tidak punya modal apalagi sampai tidak memulai usaha karena malu. Percayalah bahwa di luar sana pengusaha yang sukses dan menjadi konglomerat. Dulu bukanlah siapa-siapa, mereka dulunya miskin, namun dengan ketekunannya, mereka mampu menjadi sukses dan membesarkan usahanya.

5. Banyak bergaul dengan teman

Indahnya bersahabat

Indahnya bersahabat via https://www.kudika.ro

Banyak orang yang tidak sukses karena tidak punya teman apalagi sahabat, mereka tidak punya orang yang bisa dijadikan sebagai motivasi, inspirasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk anda yang masih di usia muda, perbanyaklah bergaul dengan banyak orang, hal ini akan membuka peluang anda untuk lebih mengenal sesuatu hal yang baru dan anda dapat belajar dari teman tersebut.

Advertisement

Itulah beberapa kiat sukses di masa muda, tetap optimis menata masa depan dan sembari usaha rajinlah berdoa, karena setiap usaha yang kita lakukan, hasilnya adalah dari Tuhan datangnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya