Ketika kita akan melakukan aktivitas yang kita sukai, yaitu mendaki gunung. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar segala sesuatunya bisa tersiapkan dengan baik ketika ada masalah yang terjadi pada saat perjalanan. Karena kita tahu apa sajakah yang akan terjadi nantinya. Dan hal ini adalah permasalahan yang harus dipikirkan matang oleh semua pendaki gunung. 

Komponen yang akan kita bawa menjadi sesuatu hal yang penting sebagai penjagaan kita. Untuk itulah kita harus membuat daftar peralatan apa saja yang harus dibawa. Agar tingkat keselamatan kita saat menjalani terjalnya perjalanan menjadi terjamin.

Banyak yang sudah tahu, bahwa barang-barang apa saja yang mesti dibawa seperti:

  • Sepatu Hiking, sepatu memang menjadi hal yang utama yang harus kita bawa. Karena kegiatan outdoor ini mempunyai tingkat daya cengkeram yang tinggi dan kuat. Sehingga kaki kita harus tahan terhadap berbagai medan dan cuaca, sehingga sepatu hiking sangat cocok untuk melindungi kaki kita sangat maksimal.
  • Backpack, sebuah tas harus ada, tak mungkin kita menggunakan keresek atau karung untuk menemani perjalanan kita. Karena perjalanan kita ini bukan dalam keadaan situasi bencana, sehingga wadah barang bawaan kita terbatas. Kita masih dalam keadaan biasa-biasa saja. Sehingga backpack harus dipilih yang terbaik dan mampu menampung barang bawaan kita sebaik mungkin.
  • Air cadangan, kita pasti sangat membutuhkan sekali air yang banyak untuk proses tubuh kita semakin lebih baik. Sehingga air cadangan sangat diperlukan saat air habis, sehingga kita tidak dehidrasi saat mendaki gunung. Dan ini yang terpenting bagi tubuh setelah makanan.
  • Makanan cadangan, kita harus mengusahakan membawa makanan, tapi jangan juga terlalu banyak, kita mungkin masih bisa menghitung sebarapa lama dan seberapa cukup diri kita membutuhkan makananan saat mendaki.
  • Baju cadangan, baju cadangan ini penting juga untuk sebagai pengganti apabila kita basah oleh air hujang ketika diperjalanan. Tapi sebaiknya, bawa juga jas hujan ringan, untuk perlindungan tubuh dari air hujan. Dan jas hujan ini melindungi juga dari angin dan suhu dingin. Untuk baju sendiri, sangat penting memakai bahan yang menyerap keringat dan cepat kering juga. Lalu jangan lupa pelindung kepala harus dipakai, seperti topi atau kupluk.
  • Perlengakapan serbaguna. Perlengkapan yang harus ada selain diatas tadi ada pisau, senter, korek api dan peluit. Tapi bawalah pisau yang multifungsi, bukan pisau yang besar untuk memotong daging.
  • Obat-obatan. Ini adalah hal penting juga, kita mesti bawa obat yang kita sendiri tahu penyakit kita apa saja.
  • Sleeping Bag. ¬†Jika tidak membawa tenda karena ribet, minimal yang harus kita bawa adalah matras atau kantong tidur (sleeping bag). Keduanya untuk melindungi diri kita saat tidur.

Nah, barang-barang di atas, adalah hal yang wajib kita bawa saat pendakian kita lakukan. Tapi ada saja yang mempunyai ego yang sangat tinggi. Mungkin teman kamu ada yang seperti itu, sehingga barang-barang yang tidak penting semuanya dibawa. Mungkin mereka adalah para pendaki yang baru mencoba kegiatan tersebut. Apa aja sih yang menjadi kesalahan dari para pendaki pemula, tentang barang bawaan mereka yang tidak penting itu? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Buku Bacaan

Aktivitas pendakian dan berkemah menjadi hal yang kita sukai, karena hal tersebut menjadi pengalaman yang berbeda disetiap pendakian atau kemah pada waktu lain. Tapi saat kita sampai ditempat pendakian, membawa buku yang terlalu berat dan banyak membuat hal itu tidak efektif.

Advertisement

Boleh aja sih kamu baca buku, tapi kamu harus mengira-ngira kegiatan apa saja nanti yang akan kamu lakukan di tempat kemah tersebut. Apa mengkhatamkan semua buku yang kamu bawa? Palingan cuma beberapa lembar, kamu membawa buku untuk dibaca. Walau kamu senang membaca, tapi kamu jangan lakukan hal ini ya. Bisa-bisa kamu malah kerepotan diperjalanan dengan bawa buku banyak-banyak.

Bawa aja buku yang ringan dan memang kamu senang membacanya, atau sebuah buku yang bisa kamu sharing ke teman-teman kamu saat acara berkumpul. Sehingga buku yang kamu baca benar-benar bermanfaat bukan hanya untuk kamu saja.

2. Celana Jeans

Anak muda sekarang siapa sih yang tidak memakai jeans? Celana jeans dari dulu menjadi fashion yang tidak pernah mati dan tidak terpisahkan.

Advertisement

Tapi sebagai pakaian ganti saat berkemah, kamu nggak harus membawa celana jeans banyak-banyak. Kamu bisa memilih celana yang bahannya berbeda dari jeans, seperti: bahan cotton drill. Yang cenderung ringan dan tidak kaku. Karena ini lebih ringan dan ruang udara lebih luas dibanding celana jeans yang kebanyakan dipakai ketat, kaku dan berat.

3. Botol Kaca

Botol Kaca

Botol Kaca via https://pixabay.com

Membawa botol kaca adalah hal yang tidak harus kamu bawa dan mungkin itu tidak penting. Beban botol kaca kamu tahu sangat berat, kamu sebaiknya membawa botol plastik yang ringan.

Jika ingin membawa air saat kamu kehausan, sebaiknya persiapan dengan botol plastik yg portable dan bisa dikaitkan ke tas ransel kamu. Karena kamu harus tahu jika perjalanan mendaki bukanlah perjalanan yang mudah. Kadang bisa terjadi kecelakaan sehingga kita harus berhati-hati dengan barang bawaan kita.

4. Senjata Tajam

Sudah disinggung di atas sih, peralatan perlindungan ini. Jangan juga membawa senjata tajam yang berat dan besar, seperti kapak. Cukup dengan pisau lipat multifungsi yang bisa dibeli toko online. Bisa saja kamu menemui beruang atau harimau, tapi hanya dengan kapak atau semisalnya, itu tidak cukup.

Kamu masih bisa terserang semua hewan buas. Dan ini pun bisa disesuaikan dengan keadaan kamu berkemah dan daerah mendaki, jika pendakian dan perkemahan adalah tempat umum juga aman, kamu tidak usah membawa senjata yang besar tadi.

5. Mainan

Hal terakhir adalah mainan. Mainan tidak hanya disukai oleh anak-anak saja. Akan tetapi kamu mungkin banyak tahu, jika mainan digemari juga oleh orang dewasa. Sebaiknya kamu tidak membawanya sama sekali, karena akan mengganggu kamu dalam perjalanan.

Apalagi jika kamu sangat fanatik sekali kepada mainan. Ketika mainannya rusak atau kotor, mungkin akan menjadi masalah baru bagi kamu dan teman-teman sependakian denganmu.

Nah, mungkin itulah barang-barang yang tidak harus kamu bawa saat berkemah dan mendaki gunung. Terutama kamu pendaki pemula, jangan banyak barang yang tidak penting kamu bawa, kamupun harus bisa memilah sebaik mungkin barang apa yang tidak penting, sedikit penting dan benar-benar penting.

Memang ini terlihat sepele, tapi akan menjadi kesalahan fatal saat packing nanti dan saat kamu dalam perjalanan. Karena perjalanan dan pendakian yang nyaman adalah ketika kamu merasa bebas dan tidak terganggu oleh diri kamu sendiri. Dan kamu tidak menjadi beban nantinya bagi teman-temanmu ketika dalam perjalanan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya