Mulai dari tidur dengan singa hingga melihat replika pendaratan Neil Armstrong, aktivitas berikut ini dibuat khusus untuk kamu yang ingin tampil beda.

Kesibukan serta padatnya pekerjaan terkadang menyebabkan kejenuhan. Berlibur adalah salah satu solusinya. United Kingdom (UK) dengan segala pesonanya menjadi salah satu sasaran utama bagi para pelancong dari seluruh dunia. Entah untuk menenangkan diri maupun bertualang, untuk berburu kuliner maupun berburu cerita, sendiri maupun bersama, wisata serta budaya di UK dapat memenuhi itu semua.

UK menawarkan aktivitas di beragam destinasi wisata yang dapat menenangkan diri serta pikiran, untuk sejenak melepaskan beban dan menghirup udara segar. Beberapa diantaranya adalah memandangi gugusan bintang di Kepulauan Scilly, menaiki kapal untuk menyebrangi Teluk Lulworth, ataupun menikmati aromatherapy alami di ladang lavender. Sedangkan untuk kalian yang suka berwisata kuliner, beberapa kuliner legendaris yang telah membudaya di UK adalah fish and chips (ikan berbalut tepung roti dan kentang goreng), afternoon tea (kebiasaan makan camilan roti atau kue dengan teh di sore hari), dan Sunday joint (makan siang dengan daging panggang di hari Minggu). Tempat-tempat yang menjadi ikon UK adalah London Eye, Big Ben, dan juga Istana Buckingham.

Ah, itu kan udah biasa. Bosan dengan liburan yang gitu-gitu aja? Tenang, sederetan aktivitas berikut ini sangat cocok buat kalian yang ingin liburan di UK dengan sensasi yang berbeda. Terlebih lagi, tempat-tempat berikut ini berada di jantungnya UK, yaitu London. Sehingga tak perlu bingung dengan biaya transportasi sana-sini. Penasaran? Kuy, check it out!

1. Menginap di Kebun Binatang Whipsnade

Kabin di Kebun Binatang Whipsnade

Kabin di Kebun Binatang Whipsnade via https://www.netmums.com

Iya, kalian ga salah baca. The Zoological Society of London (ZSL) Whipsnade Zoo memberikan kesempatan langka bagi para pengunjungnya untuk menginap dan mengetahui apa yang dilakukan oleh binatang-binatang di sana di malam hari. Pengunjung akan diajak berkeliling sebanyak tiga kali di waktu yang bebeda, perjalanan pertama saat matahari terbenam – saat kebun binatang sudah ditutup untuk pengunjung umum, perjalanan di malam hari dengan membawa obor, dan juga perjalanan penutup di pagi hari.

Daripada mengantri panjang di siang hari, rasakan pengalaman berbeda yang tentu tak akan terlupakan dengan menginap di kabin dekat singa yang mengaum, dan bangun dengan mendengarkan kicauan dari burung-burung di sana. Kurang menantang? Jika kenyamanan tidur di kasur bukanlah yang kalian cari, jangan khawatir, ZSL Whipsnade Zoo juga memberikan kesempatan untuk tidur bersama badak putih mereka yang langka. Berani mencoba?

2. Menyaksikan Pergantian Waktu di Royal Observatory

Greenwich Meridian Line

Greenwich Meridian Line via https://www.telegraph.co.uk

Advertisement

London adalah tempat di mana kita memulai menghitung waktu, dan Royal Observatory adalah tempat di mana waktu mulai dihitung. Di Royal Observatory, kalian dapat berdiri di Greenwich Meridian Line – garis yang memisahkan timur dan barat, atau dengan kata lain, berdiri di tengah-tengah dunia! Selain itu, Royal Observatory juga memiliki satu-satunya planetarium di London, di mana pengunjung bisa mempelajari angkasa luar melalui pertunjukan. Rasakan serunya pergi ke galaksi lain, terbang ke matahari, menyaksikan meteor bertabrakan, atau mendarat di Mars. Banyak pengalaman, banyak cerita yang tak terlupakan!

3. Mendengar Bisikan di Katedral St Paul

The Whispering Gallery

The Whispering Gallery via http://www.thecathedralknave.co.uk

Ssst… kedengeran ga? Kalau biasanya bisikan dapat didengar di jarak kurang dari satu meter, di Katedral St Paul kita dapat mendengar bisikan – bahkan dari balik dinding! Bangunan ini adalah salah satu katedral terbesar di London, dan hal anti-mainstream yang terdapat di tempat ini adalah The Whispering Gallery (Galeri Berbisik). Buka dari jam 9 pagi hingga 4 sore, The Whispering Gallery dapat dijangkau setelah menaiki 259 anak tangga.

Jika kita naik 376 anak tangga lagi, kita akan sampai di Stone Gallery (Galeri Batu). Jika menaiki 528 anak tangga lagi, kita akan sampai di puncak dari katedral ini, yaitu di Golden Gallery (Galeri Emas), galeri yang paling kecil, paling tinggi, namun menawarkan pemandangan London dengan segala ikonnya. Di The Whispering Gallery, bisikan dapat didengar dengan jelas hingga 137 kaki ke bawah. Kalau ada rahasia yang harus disampaikan, bisikkan di tempat lain, ya!

4. Liburan Hemat di London’s Little Venice

Senja di Little Venice

Senja di Little Venice via http://zoltangabor.com

Advertisement

Tidak perlu pergi jauh ke Italia, sensasi Grand Canal ada di Little Venice, London. Bagian utara London ini adalah tempat bertemunya dua kanal, yaitu The Regent’s Canal dan The Great Union Canal, yang bersatu dan kemudian membentuk Little Venice. Ingin liburan hemat? Berjalan santai di sekitar Little Venice adalah solusinya. Wisatawan dapat berjalan menyusuri kanal dengan dimanjakan oleh sejuknya pepohonan rindang di pinggir kanal dengan Camden sebagai tujuan akhir.

Atau, dengan mengeluarkan sedikit uang, wisatawan dapat naik perahu yang akan berlayar melewati Little Venice dengan ditemani seorang pemandu wisata. Kalau di atas ada banyak pepohonan, di dinding kanal terdapat lukisan-lukisan yang menarik perhatian. Tak hanya itu, Little Venice juga memiliki The Canal Cafe Theatre yang menampilkan pertunjukan-pertunjukan yang harga tiketnya tergolong murah jika dibandingkan dengan teater di London pada umumnya. Liburan murah tapi anti-mainstream, why not?

5. Museum Visit Challenge

Science Museum

Science Museum via https://www.artfund.org

Siapa bilang museum itu membosankan? Di London, tantang diri kalian untuk mengunjungi tak hanya satu atau dua, tapi tiga museum sekaligus dalam satu waktu! Tiga museum tersebut adalah Science Museum, Natural History Museum, dan Victoria & Albert Museum. Seperti namanya, Science Museum berisi penemuan-penemuan dari ratusan tahun lalu, mulai dari mesin industri, alat komunikasi, hingga alat transportasi. Sedangkan Natural History Museum adalah tempat yang tepat untuk berjalan sambil menjelajah waktu.

Lantai pertama museum ini dikhususkan untuk pameran asal usul spesies, ada juga susunan tulang dinosaurus, dan patung-patung mamalia. Sementara itu, di V&A Museum terdapat karya seni dari berbagai seniman di dunia. Jika mengunjungi di akhir minggu, ada bonus workshop, game, juga seminar yang sering diselenggarakan oleh museum-museum tersebut. Melihat replika pendaratan Neil Armstrong di bulan, fosil Hypsilophodon, serta keindahan lukisan John Thomson dalam sekali jalan, buktikan kalau mengunjungi museum itu seru.

Nah, itulah daftar aktivitas anti-mainstream di London khusus buat kalian-kalian yang ingin tampil beda di liburan kali ini. Mulai dari tidur bersama binatang, berdiri di tengah dunia, mendengar bisikan dari balik dinding, menyusuri Grand Canal-nya London, hingga mengunjungi tiga museum dalam satu waktu. Tunggu apa lagi, yuk pesan tiket ke UK!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya