5 Alasan Kenapa Senyuman Bisa Membuat Keadaan Runyam Menjadi Lebih Nyaman. Nggak Percaya? Buktiin Aja!

senyuman bisa membuat keadaan lebih nyaman

Pernahkah kita semua terlepas dari masalah, masalah apapun itu? Jawabannya pasti tidak pernah. Karena dalam menjalani kehidupan ini kita semua pasti pernah terjatuh dan mendapati banyak masalah. Bahkan tak jarang belum selesai satu masalah, masalah yang lain malah muncul. Susul menyusul seolah tiada hentinya.

Maka, ketika kamu dikunjungi oleh kejadian-kejadian tak mengenakkan, kamu tidak boleh down atau bahkan sampai menganggap diri sebagai orang yang paling menyedihkan di dunia. Yakinlah bahwa kamu dapat melewati dan mengatasinya dengan baik. Jadi ketika kejadian tidak menyenangkan tersebut muncul, maka berpikir jernihlah dan tersenyumlah. Kenapa tersenyum? Karena meski terdengar sederhana, tapi percayalah kalau tersenyum punya sejuta manfaat. Entah itu dari sisi fisiologis atau sisi psikologis. Senyum juga merupakan kegiatan yang sangat gampang untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menarik dua lengkung bibir dan menyipitkan mata, maka terciptalah senyuman manis di wajah.

Tapi, eits tunggu dulu. Meski terbilang mudah dan kaya akan manfaat tidak semua orang rajin tersenyum. Kebanyakan malah ada yang lebih suka memasang tampang judes dan muka cuek. Aduh, sayang banget lho, karena cuek itu bukan cara untuk mengurangi masalah dan pastinya tidak baik bagi seseorang. Berbanding terbalik dengan senyum.

Advertisement

1. Dengan tersenyum hatimu akan terasa lega dan bahagia.

Photo by zhang Mickey on Unsplash

Photo by zhang Mickey on Unsplash via https://unsplash.com

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tak jarang kamu merasa lelah dan capek. Perasaan kamu terasa sesak dan bawaannya ingin marah-marah atau cemberut saja. Oleh karenanya mulai sekarang, setiap merasakan hal yang demikian ada baiknya kamu berusaha untuk tersenyum. Lho, perasaan senyum nggak akan berdampak apa-apa deh? Terus kayaknya senyum pas lagi lelah itu susah banget deh, mungkin begitu pikirmu.

Tapi ternyata dengan tersenyum perasaan kamu akan lebih terasa tenang. Saraf-saraf kamu yang tegang karena kelelahan pun akan menjadi lebih rileks. Nggak percaya? Coba aja deh buktikan sendiri.

Advertisement

2. Senyum dapat memberi aura positif untukmu dan orang-orang di sekitarmu.

Photo by Omar Lopez on Unsplash

Photo by Omar Lopez on Unsplash via https://unsplash.com

Saat tersenyum, seseorang bisa merasa lebih rileks dan santai. Selain itu tersenyum juga dapat memberi aura positif untukmu dan juga orang-orang disekitarmu. Hal ini dapat terjadi karena ketika tersenyum hormon di otak mendapat dorongan sehingga menimbulkan efek positif. Kemudian kamu juga harus tau, bahwa senyum itu menular. Jadi ketika kamu tersenyum orang yang melihatmu pun memiliki keinginan untuk tersenyum. Maka oleh karenanya tanpa kamu sadari ketika kamu tersenyum kamu telah menebar aura positif dan kebaikan untuk lingkungan sekitarmu. Ini ni yang bisa kamu lakuin kalo lagi di marahin.

3. Membiasakan diri tersenyum dapat membuat kamu terlihat tulus dan ramah

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika bertemu dengan orang-orang baru kamu pastinya ingin memberi kesan yang baik. Karena katanya kesan pertama itu sangat penting untuk menentukan hubungan ke depan. Nah, tanpa kamu sadari, ketika kamu tersenyum saat berjumpa dengan orang baru maka kamu akan meninggalkan kesan positif bagi mereka. Kamu akan dikenal sebagai orang yang tulus dan ramah.

Sedikit tips, saat tersenyum kamu perlu menahannya sekitar dua detik. Maka, dijamin deh kesan pertama perjumpaanmu dengan orang tersebut akan baik. Kamu akan diingat sebagai orang yang memiliki senyum yang tulus dan pribadi yang ramah.

Advertisement

4. Senyuman dapat memperbaiki suasana hati yang keruh

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Pasti kita pernah berada di fase remaja yang identik dengan fase lagi galau-galaunya. Eithh, ingat, kamu nggak boleh sampe terlarut di dalamnya. Masalah yang kamu hadapi nggak boleh sampai bikin kamu frustasi. Oleh karenanya Cobalah Tarik sedikit kedua ujung bibirmu untuk tersenyum. Bukan tak mungkin suasana hatimu yang keruh itu dapat berubah membaik.

Senyum dapat mengaktifkan penyampaian sinyal di otak yang dapat memancing dilepaskannya neurotransmiter (senyawa penyampai pesan) seperti senyawa dopamin dan serotonim yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.

5. Masalah yang kamu miliki terasa lebih ringan ketika kamu tersenyum

Photo by Daniel Xavier from Pexels

Photo by Daniel Xavier from Pexels via https://www.pexels.com

Namanya juga hidup, pasti nggak pernah jauh-jauh sama yang namanya masalah. Meski sudah dihindari mati-matian tetap saja masalah kerap kali muncul dan mewarnai harimu. Kadang masalahnya begitu besar sampai-sampai rasanya ingin mati saja. Namun ada satu rahasia kecil yang harus kamu tau.

Ada baiknya ketika kamu memiliki atau menghadapi sebuah masalah, hadapilah dengan senyuman. Karena dengan begitu beban yang kamu miliki akan terasa lebih ringan. Selain itu dengan tersenyum pikiran kamu akan dapat berpikir lebih jernih. Sehingga hal ini akan memudahkan kamu dalam mencari jalan keluar atas masalahmu ini. Menarik sekali kan?

Nah itu dia, 5 manfaat tersenyum dari sisi psikologis. Pokoknya mulai sekarang kamu harus membiasakan diri untuk tersenyum. Biar hari‐harimu juga jadi lebih ceria dan berwarna.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE