Keindahan alam yang tersaji lewat hijaunya hutan, sepinya puncak gunung, dan misteriusnya lembah, terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Beberapa orang pasti tidak habis pikir, mengapa para pencinta alam amat menyukai kegiatan mendaki gunung untuk mengisi waktu luang mereka. Bahkan di tengah waktu yang padat pun mereka masih bisa menyempatkan diri untuk mendaki gunung. Apa yang sebenarnya mereka cari?

Para pendaki gunung bercerita, mereka mendapatkan kedamaian dan ketenangan ketika berada di gunung dan di puncak gunung. Dalam perjalanan pun mereka biasanya tidak merasakan lelah, bahkan mereka sangat bersemangat dan menikmati perjalanannya.

Meski melelahkan, namun kegiatan mendaki gunung atau hiking memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak cuma bagi kebugaran fisik, tapi kegiatan ini dianggap efektif untuk kesehatan mental. Sains terus mengungkap bukti-bukti manfaat kegiatan luar ruang seperti hiking, mulai dari mempertajam ingatan sampai memperbaiki mood. 

Kamu akan merasakan sebuah kedamaian alam yang luar biasa syahdu. Rindangnya pepohonan dan sejuknya udara adalah teman setiamu. Luasnya padang rumput dan nyanyian burung yang merdu akan menemani petualanganmu demi bisa mengubah cara memandang hidup ini. 

Ada beberapa  manfaat yang akan kamu rasakan dalam hidup jika kamu mengambil langkah untuk hiking mendaki gunung, berikut manfaat mendaki gunung yang ternyata bisa membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat bagi kesejahteraan jiwa.

1. Membantu Mengurangi stres

Tak perlu disanggah lagi hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa tinggal di tempat yang berpolusi dan padat penduduk meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Nah, menghabiskan waktu di alam bebas bisa membalikkan efek negatif tersebut.

Advertisement

Menurut penelitian, berjalan-jalan di hutan atau alam selama 90 menit bisa membuat kita lebih tenang dan rileks. Hasil pemindaian otak pada mereka yang berjalan di hutan juga menunjukkan penurunan aliran darah ke area otak tertentu. Ini menandakan mereka lebih tenang.

2. Membuat Kita Lebih Kreatif

Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah meningkatkan tingkat kepekaan dan kreativitas sebanyak 50 persen dalam memecahkan masalah. Para penulis penelitian juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa menjauhkan seseorang dari manfaat buruk teknologi.

Cara ini untuk menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam memiliki keuntungan untuk meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah. Kurangnya interaksi dengan teknologi dan lebih fokus berinteraksi dengan alam dan udara segarlah yang berkontribusi terhadap peningkatan kreativitas tersebut.

3. Menjadi Alat Terapi Tambahan

Love hiking

Love hiking via https://goo.gl

Advertisement

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat fisik mendaki gunung dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan dapat membantu pasien kanker untuk sembuh. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Medicine, peneliti mengukur stres oksidatif, yang diduga berperan dalam berkembang dan kambuhnya kanker, tingkat wanita dengan kanker payudara dan pria dengan kanker prostat sebelum dan sesudah hiking.

Studi ini menemukan bahwa jarak trekking yang jauh dapat meningkatkan kapasitas antioksidan, yang membantu melawan penyakit, dalam darah pasien onkologi. Studi lain menunjukkan bahwa penderita kanker payudara yang berolahraga secara teratur, terutama mendaki gunung, percaya bahwa aktivitas fisik dapat membantu pemulihan mereka dari pengobatan kanker.

4. Menyehatkan

Satu jam trekking ternyata dapat membakar lebih dari 500 kalori. Namun, hal ini tidak pasti, tergantung dari curamnya tanjakan dan berat beban yang kita bawa dalam ransel kita. Mendaki gunung adalah cara yang bagus untuk melakukan olahraga yang serius tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada sendi kita.

Mendaki gunung juga dapat menurunkan berat badan secara efektif. Tidak hanya membakar kalori, berada di ketinggian juga telah terbukti dapat menurunkan berat badan.

Jalan secara teratur juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Melakukan kardio dengan mendaki gunung terbukti dapat menurunkan tekanan darah empat sampai sepuluh poin, mengurangi bahaya penyakit jantung, diabetes dan stroke bagi mereka yang memiliki risiko tinggi untuk penyakit tersebut.

5. Membuat Ingatan Memori lebih kuat dan Tajam

Memoriam fiersa besari

Memoriam fiersa besari via https://scontent-sin2-1.cdninstagram.com

Aktivitas fisik bisa membawa perubahan pada otak secara positif, misalnya saja meningkatkan kemampuan mengingat dan menajamkan kemampuan berpikir. Jika kita tak suka berolahraga, melakukan jalan santai dan juga hiking bisa jadi alternatif yang menyenangkan.

6. Membuat bahagia

Penelitian menunjukkan bahwa mendaki gunung dapt menjadi terapi tambahan dan membantu orang yang sedang depresi berat yang disertai dengan rasa putus asa. Bagi mereka yang tidak menderita depresi, mendaki gunung pun bisa membantu memperbaiki kondisi mental.

Berada di alam, jauh dari bisnis kehidupan kita sehari-hari dan teknologi, dapat memungkinkan orang untuk berhubungan dengan diri mereka sendiri dan alam dengan cara yang membawa kedamaian dan rasa kesejahteraan.

Banyak sekali manfaat mendaki gunung lho gaes! Kamu nggak perlu takut capek saat mendaki karena jika Kamu rutin mendaki bisa berdampak positif bagi tubuhmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya