Kalian yang sedang butuh kekuatan untuk melangkah kala letih pasti sering bertanya-tanya, bagaimana sih cara untuk menumbuhkan sebuah semangat dari dalam diri ataupun secara umun gimana biar gueee semangat lagiii (sambil ngulet dikasur).

Ya, setiap orang pasti akan mengalami masa-masa seperti itu dan terkadang yang paling parah bukan sambil ngulet dikasur tapi malah tidur lagi wkwk.

Semangat memang tak akan datang dengan sendirinya, ia dipengaruhi oleh berbagai faktor diri baik itu eksternal maupun internal. Bagi kalian yang sedang memiliki sebuah target, pastilah kalian sering mencari-cari semangat dalam menjalani proses tersebut.

Lelah, letih dan lesu terkadang juga rasa malas  seperti menjadi sebuah tembok penghalang. Lalu apa pemecah tembok penghalang tersebut? ya, semangat adalah palu pemecah tembok penghalang itu.

Daripada berbicara panjang lebar mari langsung saja sahabat hipwee simak hal apa saja yang perlu kalian ketahui berkaitan dengan semangat.

1. Semangat dalam diri

Semangat dari diri sendiri

Semangat dari diri sendiri via https://unsplash.com

Semangat itu memang kurang lebih ditumbuhkan dari diri masing-masing individu, biasanya ada sebuah hal yang memotivasi diri untuk dapat menumbuhkan semangat dari dalam diri sendiri.

Advertisement

Pencapaian diri yang ingin dicapai oleh diri akan sebuah target adalah pemacu utama semangat ini tumbuh.

Orang-orang dengan kegigihan membentuk sebuah kepercayaan dalam diri ataupun mereka yang sedang dalam proses berubah biasanya mudah memperolehnya.

Semangat dari dalam diri tumbuh karena keinginan untuk merubah diri akan kebiasaan-kebiasaan yang menghalangi pencapaian sebuah target. Dan, daya magis dari semangat ini cukup membuat kalian semangat untuk seharian.

Advertisement

Ayooooo, pecahkan tembok penghalang itu dari diri kalian. 

2. Semangat dari lingkungan pergaulan

Teman  dorong semangat belajar

Teman dorong semangat belajar via https://unsplash.com

Teman merupakan salah satu faktor penting dalam menumbuhkan sebuah semangat. Coba kalian rasakan ketika sedang bekerja sendiri dan sudah mencapai titik lelah pasti kalian akan menyudahinya.

Namun coba lihat kala bekerja bersama teman yang memiliki semangat lebih, pastilah akan menularkan semangat tersebut kepada kalian yang sudah lelah.

Semangat dapat ditularkan kepada oranng-orang sekitar dengan menampakan hal-hal positif dalam diri kalian.

Hal yang paling penting bergaulah dengan orang-orang yang memiliki semangat dan spirit tinggi karena itu dapat mempengaruhi semangat dalam diri kalian.

Memang tidak salah ketika ada pepatah mengatakan bergaulah dengan orang baik dan kalian akan menjadi baik. Iya gakkk? ehehe

3. Semangat dari alam bawah sadar

dari alam bawah sadar~

dari alam bawah sadar~ via https://www.cnnindonesia.com

Entah kalian sadari ataupun tidak bahwa terkadang semangat dapat timbul dengan sendirinya tanpa ada alasan khusus yang mendasarinya.

Atau hal yang paling logis dari tumbuhnya semangat dari alam bawah sadar adalah pikiran-pikiran kita seharian akan mempengaruhi kita dihari berikutnya.

Kala kita tidur, tidak lantas pikiran kita berhenti bekerja. Ada neuron-neuron yang terus bekerja dan ketika telah ditumbuhkan pikiran positif tersbut rasakan ketika bangun dipagi hari.

Ayo produksi hari-hari yang positif untuk hari berikutnya yang lebih baik

4. Membentuk stigma positif kepada segala hal

Pandangan negatif terhadap suatu hal akan berpengaruh secara langsung terhadap tumbuhnya semangat dari dalam diri.

Mari kita lihat kala pandangan negatif terhadap kandang sapi yang bau itu terbentuk dalam pikiran kita apakah lantas kita akan semangat untuk masuk ke kandang sapi tersebut? Tidak kan?

Nah, maka mari dari sekarang tumbuhkan pikiran-pikiran positif dan minimalisir pikiran negatif agar semangat dari dalam diri tidak mudah hilang ataupun malah tidak timbul sama sekali.

5. Selalu bersyukur

bersyukur

bersyukur via https://unsplash.com

Ujung dari permasalahan mengenai semangat ini adalah pertanyaan tentang, sudahkah kita mensyukuri apa yang Tuhan telah berikan kepada kita.

Sedikit banyaknya pemberian Tuhan sudah sepatutnya kita syukur dan akan mebuat semangat tumbuh seiring dengan rasa syukur kita.

Untuk kalian yang kuliah, kala timbul rasa malas, coba kalian bersyukur bahwa tak semua orang dapat berkuliah.

Bagi kalian yang sedang bekerja, syukurilah pekerjaan kalian. Dan cara-cara bersukur lainnya, karena semua hanya akan kembali pada sang pencipta, kan?

Cukup sekian semoga kalian menimati tulisan yang sederhana ini, tetap semangat dan pantang menyerah, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya