1. Air

Udah nggak aneh lagi kalau air jadi point pertama. Pernah nggak sih kalian nonton iklan yang nyeritain kalau nggak ada air gimana, makan kopi cuma serbuknya doang, loncat dari perosotan kolam renang tapi tidak ada air nya, giliran ada air teriak “ Wah mamak sumber air sudah dekat !”.

2. Lingkungan

Penting banget nih, buat survey apa saja sih yang ada di sekeliling calon kosan kamu. Jangan sampai baru tahu kalo di pinggir kamar kosan kamu itu makam setelah beberapa hari kamu tinggal di sana. Apalagi kamu itu orangnya penakut Hihihihi. Lebih baik lagi kalau kamu memilih kosan yang masih disekitaran perkampungan warga, apalagi depan kosan mu ada pos satpam. Keamanannya udah terjamin, tinggal bobo cantik aja dah. Fakta dari survey lapangan membuktikan kalau tinggal di daerah kosan yang udah langka banget warga perkampungan asli nya, itu bakal jadi sasaran empuk para penjahat. Kadang sehari tuh si maling bisa nyuri dua motor sekaligus. Apalagi mahasiswa, jarang ada di kosan, sekalinya di kosan malam doang. Udah enak tuh buat jadi santapan para maling.

3. Kebersihan

“ kebersihan sebagaian dari iman”. Inget, di kosan nggak akan ada si mbo yang bantuin beres-beres kamar kamu, nyetrikain baju, pokonya jadi anak kosan ngelatih kamu buat mandiri nggak tergantung sama orang lain loh.

4. Makhluk yang ada di kosan

Kamu harus tau darimana kebanyakan penghuni kosan deket kamu, apakah mahasiswa satu Universitas, pasangan suami – istri atau seorang pekerja? Ini penting banget buat pengembangan kamu di Universitas nanti. Kamu tinggal pilih mau sama makhluk kosan yang mana?.

5. Ibu kos

Bwahahaha ini nih subjek yang selalu terngiang-ngiang di telinga anak kosan dan aspek yang nggak kalah penting juga. Kamu nggak bakal nge kos kalau nggak ada ibu kos. Betul? . Pandangan pertama ngobrol sama ibu kos harus kamu teliti lebih dalam deh, karena nggak sedikit juga ibu kos yang bermuka dua. Membagus-bagus kan kosannya hanya untuk promosi semata. Padahal fasilitas yang ada nggak sesuai ekspektasi. Duh, kamu jangan sampe dapet ibu kos kaya gitu deh.

6. Tipe kosan mana yang mau kamu pilih?

Setelah diteliti beberapa bulan, Saya menemukan kalau kosan itu ada dua macam tipe:

  1. Kosan yang kalau di rumah namanya kamar. Terus kita se rumah nyatu sama orang lain. Kebanyakan disediain wc sama dapur buat di pake berjamaah. * just info : ini biasanya harga kosannya lebih murah loh gengs *. Kalau kamu yang homie banget, cocok deh milih kosan yang kaya gini!
  2. Kosan yang emang bener kosan. HAHA. Biasanya kosan tipe ini memiliki harga yang lebih mahal dari kosan sebelumnya. Satu wc untuk satu kamar beserta dapurnya.

Terlepas dari kenyamanannya. Mungkin buat kamu yang suka menyendiri dan kalo ada lalat langsung dimakan, kosan tipe 2 cocok buat kamu. Tapi kalo kamu sukanya ngumpul-ngumpul, curhat bareng, ibadah bareng, nugas bareng, makan bareng atau gibah bareng nah kamu cocok banget buat milih kosan tipe 1. Balik lagi sama kepribadian kamu yah !

7. Peraturan

Kamu jomblo, tapi kamu memilih kosan yang bebas untuk dimasuki pria dan wanita. Kamu memilih kosan yang gak tepat. Mungkin kamu bakal nyender di tembok sambil liatin kemesraan tetangga kosan kamu yang merasa dunianya milik berdua. Apalagi buat kamu yang masih mahasiswa nih, biar orang tua kamu gak mencemaskan keadaan kamu di perantauan. Lebih baik kamu memilih kosan khusus pria atau wanita saja. Ini lebih aman dan baik untuk kemaslahatan kita semua sebagai jomblo sampai halal. Aamiin.

8. Dekat sama sumber makanan

Dari pengalaman saya selama beberapa bulan jadi anak kos, di kosan itu sering banget merasakan lapar secara mendadak dan kita ingin makan tapi gravitasi kasur mengalahkan segalanya. Biar kamu nggak harus nunggu lama nasi di rice cooker masak, mending dari awal kamu pilih kosan yang dekat dengan sumber makanan. “ Tuhan, aku tidak kuat menghadapi semua ini. Aku lapar! AHAAA kan di depan kosan ada yang jualan nasi kuning. Mending pagi ini makan nasi kuning aja ah.”

Oke gengs, jangan sampe ada kata ‘ salah milih kosan nih, pindah ah ‘. Sesudah pindah ke kosan yang baru ‘ aduh kenapa sih, kosannya gini. Mamah aku ingin pindah kosan lagi ‘. Nah daripada uang mu habis karena kamu merasa salah kosan, mending pikirkan dari awal apa yang harus kamu analisa kepada calon kosanmu. Selamat menganalisa gengs.

1. Tak kenal calon kosan kamu? maka kenalan lah

surga anak kosan

surga anak kosan via http://time.com

Kosan adalah suatu tempat yang akan menjadi saksi hidupmu yang mulai berproses dan mandiri

2. Senang di dalam hati, kosanku dekat warteg YIHAA

Advertisement

Perut kenyang, hati riang

3. Namanya juga numpang, tetep ikutin peraturan ibu kos yah !

Peraturan kosan kocak

Peraturan kosan kocak via http://feedmerdeka.com

Jangan mentang-mentang kamu sudah membayar kosan dengan lunas. Kamu juga harus mematuhi semua peraturan yang ibu kos kamu berikan. bukankah ini demi kemaslahatan bersama gengs?

4. Kosan mewah = uang berlimpah

Jumlah uang yang kamu keluarkan berbanding lurus dengan kosan yang kamu dapatkan.

5. Kosan adalah rumah keduamu

kosan teman

kosan teman via http://kaskus.co.id

Advertisement

Akan banyak yang berbeda setelah kamu jauh dari orangtua dan tinggal dikosan dan teman adalah obat untuk sedikit melupakan rindu pada rumah asalmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya