Konon katanya 1 bangku kuliah akuntansi diperebutkan oleh 120 peserta yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk bisa menduduki kursi tersebut, seorang calon mahasiswa akuntansi harus benar-benar gencar untuk bersaing dengan peserta lainnya.

Ibarat benih sel sperma manusia, sebelum terpilih menjadi calon benih manusia pun ia harus bersaing ketat terlebih dahulu dengan ribuan sel lainnya. Tak heran, mahasiswa akuntansi dijuluki manusia tangguh dan tentunya benar-benar menajadi menantu idaman.

Akuntansi kini sudah masuk didalam jajaran top searched job major di dunia. Hal ini menyebabkan peminat jurusan akuntansi di dunia khususnya di Indonesia semakin membeludak. Tak heran pula apabila jika dalam satu kelas terdapat hingga 70an mahasiswa. Hal ini menyebabkan kelas sudah tak seperti ruang kelas lagi, tapi sudah mirip seperti Gelanggang Olahraga. Tapi terlepas dari hal itu, anak Akuntansi memang harus bangga dengan prestasi tersebut.

Konon katanya satu kursi yang ditempati oleh mahasiswa akuntansi diperebutkan oleh 120 peserta. Wow, menakjubkan bukan? So, buat kalian yang sudah menjadi mahasiswa akuntansi ucapkan kepadanya, “congratulation ya atas prestasi yang sudah kalian torehkan. Eh tapi inget, perjuangan kalian gak cuma sampai rebutan kursi loh, tetapi saingan yang lebih berat lagi sudah menghadang kalian di depan sana. Apapun dalilnya, tetap semangat ya".

Hey anak akuntansi, kalau kilas balik nih.Tentunya kalian sudah tahu kan kalau zaman ini adalah zaman millenium super? Selain juga katanya sebagai zaman edan, karena kelakuan manusianya sudah tak ketulungan.  Zaman millenium adalah zaman yang sudah benar-benar mengadaptasi teknologi modern. Segala aspek kehidupan manusia benar-benar sudah terinfeksi dengan teknologi-teknologi modern yang sudah diciptakan oleh otak-otak jenius manusia.

Zaman ini, smartphone, gadget, atau tablet pasti sudah bukan lagi barang mewah atau barang langka yang tidak kalian miliki. Bahkan kini ini sudah berubah dari kemauan menjadi kebutuhan, dari kebutuhan tersier menjadi primer. Hampir semua orang terutama mahasiswa ,khususnya mahasiswa akuntansi memiliki barang-barang ajaib tersebut, bahkan lebih dari satu.

Tapi ingat smartphone hanya akan menjadi smartphone apabila digunakan oleh otak yang smart, jika tidak maka ia hanya akan mirip dengan potongan bata yang tak berguna. So teman-teman akuntansi, kali ini akan sharing mengenai aplikasi-aplikasi wajib yang harus dimiliki anak akuntansi agar ia benar-benar seutuhnya menjadi mahasiswa akuntansi.

Kalau kalian anak akuntansi namun belum memiliki apliaksi-aplilkasi di bawah ini, maka saya sarananin untuk segera memilikinya. Karena status kamu sebagai mahasiswa akuntansi benar-benar nggak lengkap. Jangan pernah ngaku jadi anak akuntansi gaul kalau sampai detik ini kalian belum punya ini.  So check it out!

 

1. Daily journal monify

Kalian anak akuntansi, tugasnya adalah merekam semua transaksi keluar masuknya aset perusahaan. Tapi bagimana mau merekam sejarah keuangan perusahaan kalau kalian sendiri saja belum bisa merekam sejarah keuangan kalian. So aplikasi ini wajib kalian miliki. Aplikasi ini adalah aplikasi jurnal sederhana mengenai jalan keluar-masuknya uang kalian.

Aplikasi ini tidak ribet dan ruwet, tapi memang benar-benar simple. Kalian bisa download di Google play store atau di layanan lainnya yang menyediakan aplikasi-aplikasi khusus untuk tab, smartphone dan gadget kalian. Tentunya kalian sebagai anak akuntansi akan semakin pandai dalam mengelola keuangan kalian. Orang tua kalian tentunya akan semakin bangga dan mempercayai kalian. Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kalian sebagai agen yang mengelola saham orang tua kalian.

2. Kitab Suci

Anak akuntansi itu memegang prinsip balance, termasuk dalam urusan kehidupan, harus tetap balance. Maksudnya adalah bahwa kehidupan mahasiswa akuntansi antara urusan dunia dan akhirat harus benar-benar seimbang. Oleh sebab itu agar kehidupan kalian tidak timpang sebelah, kalian wajib memiliki aplikasi ini agar kalian tetap bisa membacanya di mana pun kalian berada.

Lebih-lebih ketika kalian sedang menunggu teman, alangkah baiknya menghabiskan waktu membosankan tersebut dengan membaca kitab suci kalian masing-masing. Sehingga kegiatan menunggu kalian malah akan mendatangkan pahala. Sudah pada bisa ngaji kan?

3. Exschool application

Aplikasi ini ini menggambarkan Exschool yang sedang kaian ikuti di kampus. Jadi ketika orang lain buka smartphone kalian, mereka langsung tau kalau kalain itu adalah anggota Exschool itu. So itu akan langsung menjadi identitas kalian. 

4. News application

Sebagian besar anak kuliahan itu adalah anak Kost. Namanya saja anak kost, hidupnya tentu tidak seperti anak rumahan. Fasilitas yang ada di kost pun tentunya tidak semirip dengan yang ada dirumah. Tepatnya kehidupan kost itu sangat ala kadarnya. Hal ini termasuk berkaitan dengan televisi. Buat kalian yang tidak punya televisi di kost, bukan berarti kalian tidak update mengenai kejadian-kejadian saat ini.

Sebagai seorang mahasiswa, lebih-lebih mahasiswa akuntansi, kalian dituntut untuk benar-benar mengenali isu-isu yang benar-benar sedang panas diperbincangkan saat ini. Mahasiswa akuntansi tidak boleh katrok dan norak masalah berita, kalau kalian katrok maka ombak derasnya kehidupan akuntansi akan menyeret dan menghanyutkan kalian. Aplikasi berita dengan cakupun berasal dari berbagai aspek, jadi berita yang kalian dapatkan pun akan benar-benar lengkap. 

5. Stock exchange application

Anak akuntansi harus benar-benar update dengan yang namanya data saham. Jangan pernah ngaku-ngaku jadi mahasiswa akuntansi kalau tidak tau perkembangan saham saat ini. Saham itu ibarat produk utama anak akuntansi. Ibarat penjual sepatu yang menjadi aneh banget kalau penjual sepatunya tidak tau sepatu yang ia jual?

Data saham juga menyajikan kurs mata uang ter-update, jadi kalian sebagai mahasiswa akuntansi harus kudu benar-benar update dengan yang namanya pergerakan rupiah dan kursnya. Sehingga jika sewaktu-waktu ada orang iseng bertanya mengenai kurs rupiah saat ini kalian langsung bisa jawab.

Anak ekonomi tidak tau kurs hari ini? Kalian Harus tahu. Kalian bisa download apliklasi tersebut di gadget kesayangan kalian masing-masing. Aplikasinya menyajikan informasi yang benar-benar real time.

6. Fun application

Anak akuntansi itu adalah orang yang tetap balance dalam berbagai hal. Termasuk dalam hal hiburan. Hidup kalian nggak mungkin senantiasa dihiasi dengan angka-angka ajaib akuntansi? Kalian nggak mungkin hidup nelangsa seperti itu bukan?

Oleh sebab itu aplikasi yang berbau hiburan sangat perlu kalian instal di gadget kesayangan kalian. Eh tapi ingat seperlunya saja, jangan banyak-banyak nanti malah keasyikan nge-game. Carilah game yang benar-benar memanfaatkan dan mengasah otak kalian. Jadi main game ibarat menyelam sambil minum air. 

7. Dictionary

Aplikasi ini masuk ke dalam jajaran aplikasi wajib yang harus kalian miliki. Karena aplikasi ini benar-benar penting. Bahasa Inggris kini sudah menjamur di mana-mana. Kalian sebagai mahasiswa akuntansi tidak akan pernah lepas dari yang namanya kata-kata berbahasa Inggris. Jadi oleh karena itu kalian memerlukan kamus elektronik ini untuk dipegang setiap hari agar tidak kewalahan ketika sedang berhadapan dengan kata atau istilah berbahasa Inggris.

Accounting dictionary juga wajib kamu miliki, karena ia berisi istilah-istilah penting dalam akuntansi. Sehingga kalau kalian berhadapan dengan istilah akuntansi yang kalian rasa masih asing, kalian cukup dengan membuka aplikasi ini. Aplilkasi ini offline kok, jadi tidak akan memakan kuota internet kalian.

KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kamus yang tidak boleh kalian tinggalkan. Sebagai warga negara Indonesia yang taat dan patuh. Kita wajib menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan sampai karena terlalu fokus belajar Bahasa Inggris, bahasa wajibnya sendiri malah dilupakan. So biar tidak bagai kacang lupa kulitnya, kalian harus memiliki aplikasi ini.

KBBI juga perlu sering-sering kalian buka, biar perbendaharaan kata kalian meningkat. Jadi kelak menyusun skripsi jadi enak, karena "bank kata" di otak sudah banyak. Biar waktu nyusun skripsi besok tidak banyak coretan dari pembimbing karena salah nulis ejaan Bahasa Indonesia.

8. Bank application

Aplikasi ini adalah aplikasi dari bank tempat kalian menyimpan uang kalian sendiri. Agar kalian tidak terlalu sering bolak-balik ke ATM, aplikasi ini wajib kalian miliki. Aneh sekali bukan, kalian mahasiswa akuntansi yang akrab dengan dunia bank malah tidak punya aplikasi ini?

9. Math alarm

Alarm? Perlu aplikasi ini juga ya? Perlu dong! Niat bangun jam 5 pagi malah kebablasan bangun jam 9, kewalahan bukan? Anak akuntansi nggak sembarang punya alarm. Anak akuntansi itu terkenal dengan jagonya main angka dan hitungannya. Tentunya alarm kalian juga harus berbeda dengan yang lainnya.

Math Alarm atau alarm matematika adalah alarm yang khusus dibuat untuk orang jenius tapi sering bangun telat. Alarm ini membangunkan kalian sesuai keinginan kalian. Tapi inget ya, sebelum kalian mematikan alarmnya, kalian harus menjawab beberapa soal matematika terlebih dahulu. Jadi pas kalian niat mau snooze alarm kalian, mau nggak mau kalian harus pake otak untuk mematikannya. Nah, kalo otak sudah berpikir apa masih ngantuk juga?

10. Social media

Nah kalau yang ini mungkin tidak perlu dijelaskan, kalian sudah tentu punya. Itulah sebabnya mengapa social media ini di taruh di nomer sepuluh.

Aplikasi media sosial seperti line, whatapps, path, dan kawan-kawannya memang sangat wajib kalian miliki. Anak akuntansi itu dituntut untuk gesit dalam bertindak. Nah untuk bisa gesit bertindak tentunya kalian memerlukan informasi yang super cepat pula. Oleh sebab itu, aplikasi-aplikasi chat ini wajib kalian miliki agar kalian tidak ketinggalan informasi dari rekan-rekan kuliah kalian. Bagi mahasiwa akuntansi informasi adalah harta.

Nah itulah beberapa aplikasi wajib yang mahasiswa akuntansi harus miliki. Apabila kalian merasa ini masih kurang, tentunya kalian masih bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Tapi untuk gadget yang memiliki kapasitas rendah, kalian harus benar-benar memilih aplikasi yang sesuai dan benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai menginstal dua aplikasi yang memiliki fungsi yang sama, itu namanya pemborosan. So teman-teman akuntansi selamat mencoba dan selamat belajar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya