Salam JASMERAH, katakan kamu cinta sejarah.

Di saat kita belajar sejarah berarti kita kembali ke masa lalu, namun disini bukan berarti kita melupakan masa depan. Justru dari masa lalu kita belajar untuk masa kini dan masa depan. Sama seperti cinta, kita harus belajar dari masa lalu entah itu manis atau pahit seperti kopi, hehehe. Oke kembali ke topik ya. Baiklah kali ini saya akan memberi sekilas informasi yang menambah pengetahuan kita terhadap sejarah Inggris yang mempengaruhi perkembangan kita saat ini.

Siapa yang tidak kenal dengan nama Inggris? Pasti kita semua mengenalnya dong 🙂

Dimana bahasa Inggris menjadi bahasa pemersatu Internasional, coba kita bayangkan andaikan Bahasa Indonesia di jadikan bahasa dunia, maka kamu tidak akan ambil pusing soal kursus atau bimbel Bahasa Inggris. Sejak SD kita sudah diperkenalkan dengan negara ini yaitu dengan pelajaran bahasa Inggris, tapi anehnya entah kenapa dari SD sampai SMA bahkan tingkat kuliah kita tidak pernah sepenuhnya mengerti Bahasa Inggris. Tapi kamu jangan putus asa dulu karena semua ada waktu asal kamu ada keinginan untuk memperbaikinya.

Inggris memiliki khazanah budaya yang sudah tua, terutama dalam bidang seni musik dan seni rupa, kita bisa melihat dari segi bangunan yang ada tiap-tiap kota, salah satunya ialah London. London merupakan pusat kebudayaan terpenting di negeri ini, memiliki sejumlah teater yang memiliki reputasi Internasional. Selain itu di kota ini terdapat museum dan perpustakaan yang tergolong paling besar di dunia, seperti The Victoria And Albert Museum dan British Library. Kebayang nggak sih jika salah satu perpustakaan yang ada di Inggris terdapat di Indonesia. Pasti sesuatu yang wow sekali!

Nah dari pada kita hanya membayang-bayangkan saja lebih baik kita belajar dari negara Inggris yang super keren ini. Karena kita perlu belajar dari negara lain untuk memajukan negara Indonesia yang kita cintai. Saya akan memperkenalkan bapak-bapak yang jenius ini untuk kamu, wajib baca ya, siapa tahu kamu terinspirasi untuk belajar ke negeri Britania, dimana penemuan mereka sangat mempengaruhi kehidupan kita saat ini 🙂

1. James Watt

Berkat temuannya beliau dijuluki sebagai “Bapak Revolusi Industri”. Pada tahun 1712 Thomas New Comen asal Inggris membuat mesin uap pertama, kemudian James Watt memperbaikinya menjadi lebih sempurna. Mesin ini menjadi salah satu yang mendorong terjadinya revolusi industri di Inggris dan kemudian menyebar ke Benua Eropa dan Amerika Serikat (AS). Untuk menghargai jasa beliau, maka nama belakang Watt digunakan sebagai nama satuan daya. Ayo siapa yang pernah beli lampu ke warung truss ngomong “Bu beli bola lampu yang 25 watt ya.

2. George Stephonson

Museum kereta api

Museum kereta api via https://Tripadvisor.com

Advertisement

Angkat tangan mu jika kamu pernah menaiki kereta api, hampir diseluruh provinsi Indonesia terdapat jalan kereta api. Ini semua berkat dari Stephonson, penduduk asal Inggris merupakan orang pertama yang berhasil membuat kereta api dan memasang rel kereta api di dunia dengan rutenya dari Stockton ke Parlington yang dibuka tahun 1825.

Sekurang-kurangnya enam perusahaan kereta api beroperasi di daratan Inggris. Stasiun pusat berada di London, dari sini rute-rute kereta api diatur sedemikian rupa, sehingga setiap perusahaan kereta api memiliki jalur operasi. Disamping itu, kota London dengan kota-kota satelitnya dihubungkan dengan kereta api bawah tanah. Penemuan Stephonson memang patut di acungi jempol deh. Jadi jangan terheran-heran ya, jika di Inggris kamu melihat kereta api yang keren dan canggih. Ya iyalah lagian kan asal penemuannya dari kampung Inggris toh :)

3. Michael Faraday

bapak jenius

bapak jenius via https://WIKIPEDIA.com

Coba kamu bayangkan gimana sih rasanya kamu hidup tanpa listrik, pasti kamu susah berkomunikasi dengan si doi. Dan kamu kesepian deh dan ditambah lagi kamu pasti merasa kembali ke zaman primitif. Penemuan Faraday pada tahun 1821 membuat dia mendapat julukan sebagai bapak listrik, karena berkat temuannya listrik menjadi teknologi modern yang memiliki banyak manfaat.

4. Richard Arkwright dan John Kay

Advertisement

Si anak bertanya “Lagi mikiran apa pak?”. Terus bapaknya jawab “Lagi mikirin cara buat pakaian kamu biar mudah dan cepat,” dan jadilah penemuan baru. Richard Arkwright dan John Kay menemukan mesin tenun otomatis pada tahun 1768.

Penemuan kedua tokoh ini mempermudah kita mendapatkan sebuah baju yang indah. Coba kamu bayangkan guys jika penemuan mereka tidak ada, mungkin harga baju kaus mu akan mahal, karena prosesnya yang rumit. Jadi kaloauanak Medan ngomong “Bilang terimakasih lah kelen sama kedua bapak ini!”

5. Adalah Kamu

Masih banyak lagi tokoh-tokoh Inggris yang jenius dan semoga disaat kamu membaca tulisan ini kamu terinspirasi dan menjadi orang jenius yang bermanfaat bagi orang banyak serta memotivasi kamu untuk berangkat ke UK dan membuat Indonesia bangga akan prestasimu. Semangat belajar dan berjuang. Terimakasih :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya