Jangan mau jadi anak muda yang dicap cuma haha hihi di Instagram dan sosial media lainnya. Kamu yang punya hobi atau passion di dunia digital bisa mengembangkannya lo.

Bekerja di era digital memberikan banyak kemudahan untuk siapa saja yang ingin mencobanya. Tidak butuh peralatan yang ‘ribet’, tidak juga membutuhkan biaya yang mahal. Bahkan beberapa profesi bermula dari hobi yang ditekuni dan mendapatkan kesempatan untuk dikembangkan menjadi sebuah pekerjaan professional.

Menjadi seorang creator di berbagai bidang pun kini sudah menjadi trending. Anak muda yang tidak bisa lepas dari gadget memiliki kesempatan besar untuk sukses berprofesi di dunia digital, bahkan menjadi seorang #Pahlawandigital di era yang akan terus semakin maju ini.

6 Profesi kece ini bisa menjadi pilihan kamu yang ingin sukses berkarir di dunia digital.

1. Desainer

Desainer

Desainer via http://unsplash.com

Era digital tidak akan lepas dari para desainer digital yang terus berkembang. Bukan lagi sekedar desain grafis, ada juga illustrator, animator, dan video creator. Saat kamu memiliki hobi atau bakat di dunia desain, berbagai macam profesi desain bisa kamu geluti. Bahkan kini sudah banyak platform yang menyediakan tempat bagi hasil desain para desainer grafis dan lainnya. Tidak perlu takut tidak bisa mendapatkan uang dari profesi ini. Kini banyak perusahaan atau bisnis yang mencari jasa desainer untuk mendesain logo, website sampai dengan berbagai souvenir kit untuk sebuah brand. Nah, profesi ini bisa kamu coba tekuni agar bisa menjadi #Pahlawandigital.

2. Music creator

Music creator

Music creator via http://unsplash.com

Advertisement

Jika kamu adalah seorang penggemar video blogger di Youtube. Maka kamu juga tidak asing dengan berbagai konten cover music dari vlogger yang ada. Mereka mendaur ulang atau meremake lagu yang sudah dibuat dan menjadi tranding sebelumnya. Tidak jarang pula, anak muda kece ini membuat dan menciptakan musik dengan selera dan genre lagu mereka sendiri. Semakin canggih teknologi, semakin mudah kamu yang suka dengan dunia music semakin mudah untuk kamu menciptakan karyamu sendiri.

3. Food Blogger

Food Blogger

Food Blogger via https://unsplash.com

Jika bicara tentang profesi di dunia digital dan saat kamu ingin menjadi seorang #Pahlawandigital, maka blogger adalah salah satu profesi yang bisa menjadi pilihan. Selain waktu dan tempat kerja yang sangat fleksibel, seorang blogger juga bisa meneksplore banyak hal untuk ditulis di blog mereka. Salah satu contohnya adalah Food Blogger. Saat menjelajahi banyak tempat di berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara, kamu bisa mencoba berbagai macam makanan khas daerah, sekaligus menulis ulasannya di dalam blogmu. Jangan salah selain bisa menikmati berbagai jenis makanan, kamu juga bisa mendapatkan uang dari profesi sebagai seorang food blogger ini.

4. Travel Blogger

Travel Blogger

Travel Blogger via http://unsplash.com

Sama-sama blogger dan jalan-jalan, bukan hanya mengulas makanan kamu juga bisa mengulas dengan gamblang tempat yang kamu datangi. Seperti apa saja yang ada di tempat tersebut, fasilitas sampai dengan biaya yang harus dikeluarkan saat berkunjung. Travel blogger juga membantu Indonesia dalam mempromosikan berbagai tempat wisata di Indonesia kepada dunia. Banyak yang awalnya tidak tahu ada tempat indah, namun karena jasa travel blogger, wisatawan asing pun berduyun-duyun datang berkunjung.

5. Beauty Blogger

Beauty Blogger

Beauty Blogger via http://unsplash.com

Advertisement

Siapa yang bilang wanita tidak bisa menjadi seorang #Pahlawandigital? Blogger identic dengan seorang wanita. Namun konten yang disajikan kini semakin beragam. Banyak wanita Indonesia yang suka menulis bukan hanya menyalurkan hobi di blog mereka. Mereka membuat beauty blog, dimana mereka akan banyak share konten seputar dunia kecantikan, make up, fashion dan dunia wanita yang lainnya. Tidak jarang para beauty blogger ini merambah ke dunia yang lebih visual yaitu video blogger. Membuat tutorial sampai dengan mengajak kolaborasi blogger lainnya. Beberapa malah mendapatkan banyak tawaran pekerjaan dari blog yang mereka miliki.

6. Programmer

Programmer

Programmer via http://unsplash.com

Selain desainer ada pula profesi yang memang sudah ada sejak lama, namun baru disadari jika profesi ini sangat sukses membuat pemuda Indonesia berkembang di era digital. Menjadi seorang programmer memberikan kesempatan yang besar bagi banyak anak muda untuk membangun bisnisnya sendiri. Salah satu contohnya dengan mendirikan sebuah startup digital. Berbekal kemampuan membuat aplikasi yang dicari masyarakat, dan kolaborasi dengan teman yang pandai berbisnis, maka startup kamu bisa mudah dijalankan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya