Terlahir sebagai wanita yang memiliki kulit eksotis kadang bisa membuat orang tersebut minder dan pesimis. Tak semuanya juga bisa menerima warna kulit mereka. Merasa kurang cantik dan iri kepada yang berkulit putih atau kuning langsat. Tak heran banyak produk pemutih instan yang laris di pasaran.

Bahkan yang lebih mengerikan lagi, mereka berani menjalani prosedur medis macam suntik putih, mandi putih, dermabrasi, mikrodermabrasi, cryotheraphy, laser skin resurfacing serta chemical peeling.

Mindset 'cantik' yang ada di masyarakat kita itu terpaku pada yang kulitnya putih, dan badannya tinggi langsing. Padahal Lady Gaga pernah bilang, "You have to be unique, and different, and shine in your own way." See? Tidak perlu menjadi sama, kamu bisa kok bersinar dengan kulitmu yang eksotis. Pada dasarnya semua perempuan itu cantik.

Tidak peduli dengan warna kulit. Yang harus kamu lakukan adalah mencintainya sepenuh hati dengan cara merawatnya menggunakan cara dan produk yang tepat. Tidah usah berpikir yang telalu ribet, kamu bisa melakukan tips praktis berikut ini agar kamu terlihat manis dengan kulitmu yang eksotis.

1. Rutin cuci muka dan bersihkan make up sebelum tidur

Cuci muka dengan air yang bersih

Cuci muka dengan air yang bersih via http://www.firefly-path.net

Sebagai perempuan yang aktif di luar tentu saja cepat sekali membuat wajah terlihat kusam karena banyak debu menempel. Solusinya cukup mudah, kamu harus rutin cuci muka dan membersihkan sisa make up sebelum tidur. Biasanya mencuci muka dilakukan sebanyak 2 kali, ketika bangun tidur dan mandi sore.

Terlalu sering mencuci muka akan membuat wajah iritasi dan bisa memecah keasaman yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit. Efek buruk lainnya adalah wajah makin kering, bersisik dan bahkan jerawatan.

Advertisement

Agar kulit bebas jerawat kebersihan harus diperhatikan. Pastikan tangan bersih dan cuci handuk seminggu sekali. Hindari juga menggunakan sabun yang mengandung scrub terlalu sering karena bisa merusak jaringan kulit. Merawat kulit harus dengan cara yang lembut. Gunakan juga produk yang sesuai jenis kulit. Kamu bisa menggunakan urutan: cleanser – facial wash – toner atau hanya menggunakan micellar water sebelum tidur.

2. Mengoleskan tabir surya itu perlu

Tabir surya

Tabir surya via http://www.valro.com.br

Paparan sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Meskipun kulitmu eksotis jangan patah arang dan membiarkannya terkena sinar ultraviolet dengan dalih warnanya akan sama seperti sebelum ketika panas-panasan. Padahal selain membuat kulit berubah warna, sinar matahari bisa mampu memberikan efek terbakar pada kulit bahkan bisa menimbulkan kanker. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu perlu menggunakan tabir surya sesuai jenis kulitmu.

Gunakan tabir surya 20 menit sebelum beraktifitas di luar ruangan. Jika ingin menggunakan make up, tunggulah 10 – 20 menit sebelum menggunakan pelembab dan aplikasikan bedak 20 menit kemudian. Menggunakan tabir surya terlalu sedikit tidak akan memberikan efek apapun jadi oleskan secara menyeluruh dan berulang setiap 80 menit sekali.

Advertisement

Yang paling penting, gunakan tabir surya di luar dan di dalam ruangan atau mobil karena tidak ada yang bisa menjamin kamu tidak terkena sinar matahari meski di dalam ruangan sekalipun.

3. Gunakan make up dengan warna yang sesuai

Memiliki kulit eksotis, tidak bisa sembarangan menggunakan warna make up kalau tidak mau dicap menor. Pakailah foundation dengan warna yang mirip dengan kulitmu, jangan lupa mengaplikasikan di bagian leher juga biar warnanya tidak belang. Untuk blush on, bisa juga memakai warna coffee atau pink jika kamu ingin terlihat sedikit cerah.

Pemilihan warna eyeshadow juga harus cermat, kamu bisa memilih warna cokelat tua, silver, atau bronze. Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan lainnya adalah warna lipstik. Pemilihan warna yang salah akan menghancurkan penampilan. Warna lipstik yang cocok untuk kulit sawo matang adalah warna nude, cokelat muda, cokelat kemerahan, merah anggur, peach dan soft pink. Jangan sampai menggunakan warna oranye cerah, karena warna ini malah membuat kulitmu terlihat semakin gelap.

4. Jangan malas melakukan perawatan rutin

Lakukan perawatan rutin

Lakukan perawatan rutin via http://style-berlin.blogspot.com

Kunci agar kulitmu tidak terlihat kusam adalah melakukan perawatan harian atau daily skin care secara rutin. Jangan pernah sekalipun men-skip barang seharipun. Perawatan yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan tabir surya minimal yang mengandung SPF 20, menggunakan produk skin care di antaranya pelembab, serum dan lotion yang mengandung vitamin C. S

elain itu, kamu bisa melakukan eksfoliating untuk membantu regenerasi kulit. Mengangkat kulit mati bisa membuat kulitmu terlihat cerah. Lakukan eksfoliating 3 kali seminggu supaya kulitmu tidak iritasi. Kamu bisa membeli produk face scrub atau membuatnya sendiri dengan bahan alami. Manfaatkan teh hijau dan kopi untuk membuat wajah cerah.

5. Penting untuk menjalani pola hidup sehat

Makan apel baik untuk kulitmu.

Makan apel baik untuk kulitmu. via http://www.wynwileyphotoblog.com

Pola hidup yang kamu jalani saat ini sangat mempengaruhi kesehatan kulitmu juga. Hindari pola hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Karena dua hal ini, tak hanya membuat kulitmu kusam tapi juga membuat kulitmu semakin menampakkan tanda-tanda penuaan. Jika ingin tampil dengan kulit yang segar, kamu bisa mulai dengan meminum air putih minimal 1,5 liter per hari, banyak makan buah dan sayur yang mengandung antioksidan serta vitamin.

Bisa ditambahkan makan makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon dan tuna karena makanan tersebut membantu mencerahkan kulitmu. Dan jangan lupa berolahraga juga. Selain membuat kulitmu segar, olahraga juga menghasilkan hormon endorfin, dipamin dan serotin sekaligus menurunkan kadar hormon stres di otak yaitu kortisol. Tentu saja hal tersebut membuatmu semakin bahagia. Suasana hati akan berpengaruh terhadap inner beauty yang terpancar. Nah, jika sudah bahagia tidak ada alasan yang membuatmu tak terlihat cantik, bukan?

6. Kebiasaan tidur tak bisa disepelekan

Selain beberapa tips praktis di atas, ada hal yang tak kalah pentingnya. Salah satunya adalah tidur. Agar kulit terjaga kesehatannya, kamu harus wajib mematuhi pola tidur yang benar selama minimal 8 jam sehari. Usahakan untuk tidak begadang. Hindari juga tidur sore di atas jam 3. Karena tidur sore bisa mengakibatkan hal-hal berbahaya di antaranya membuat daya ingat menurun, membuat badan lemas, otak terasa tegang dan gangguan suasana hati. Jika sudah seperti itu bagaimana bisa terlihat cantik? Bahkan kamu bisa terlihat tua jika pola tidurmu masih kacau.

Menjadi cantik merupakan kewajiban. Bukankah merawat dan mempercantik diri salah satu adalah wujud syukur kepada sang pencipta. Tak peduli kamu terlahir dengan kulit eksotis. Kamu bisa tampil manis kok. Ingat banyak bule yang ingin punya kulit seperti kamu. Maka tak sepantasanya kamu menyia-nyiakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Yakinlah kamu itu cantik karena unik. Kamu bisa bersinar dengan caramu sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya